10 Khasiat Minyak Kelapa untuk Perawatan Tubuh dan Kecantikan

Kebanyakan orang menganggap minyak kelapa merupakan bahan dapur yang fungsinya hanya sekedar untuk keperluan memasak. Tapi tahukah Anda ternyata minyak kelapa juga memiliki banyak khasiat lain dalam dunia kecantikan?

Berikut ini adalah daftar 10 khasiat minyak kelapa yang perlu Anda ketahui:

Masker rambut

Minyak kelapa berbentuk krim padat saat berada dalam suhu ruang dan mencair bila dipanaskan pada suhu 76°F. Pada saat minyak kelapa ini berbentuk krim Anda bisa mencoba untuk melelehkan minyak kelapa tersebut menggunakan air hangat kemudian menerapkannya pada rambut seusai keramas. Pastikan meratakan minyak kelapa ke seluruh bagian rambut. Beri pijatan ringan kemudian diamkan hingga kurang lebih lima menit sebelum di bilas. Fungsi dari masker rambut dari minyak kelapa ini adalah untuk menambah kelembaban dan membuat rambut tetap bersinar dan halus.

Lulur

Jika Anda memiliki masalah kulit kering atau kasar maka minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan baku membuat lulur. Anda hanya perlu membuat campuran gula dan minyak kelapa untuk membuat scrub gula. Caranya adalah dengan mencampur setengah cangkir garam laut atau gula dengan jumlah yang sama dengan minyak kelapa cair, kemudian gunakan tangan Anda untuk menggosok-gosok seluruh bagian kulit yang kasar. Scrub gula membantu menghilangkan kulit mati dan minyak kelapa membantu mempertahankan kelembaban kulit Anda. Anda juga bisa menambahkan garam untuk scrub jenis ini.

Mencukur bulu

Dibanding menggunakan krim cukur yang mahal dan menggandung banyak bahan kimia yang tidak kita ketahui, minyak kelapa tentu saja menjadi pilihan yang lebih baik. Minyak kelapa dipercaya membantu menghilangkan rambut di kaki ataupun di ketiak. Selain bebas dari bahan kimia, minyak kelapa ini memiliki aroma yang harum dan dapat membuat kulit Anda terlihat lebih mulus.

Lotion

Krim minyak kelapa memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat cocok digunakan untuk melembabkan kulit. Terapkan minyak kelapa secukupnya pada kulit Anda tepat setelah Anda mandi sehingga dapat segera meresap ke dalam kulit. Anda juga bisa menambahkan beberaoa tetes peppermint atau minyak lavender untuk bahan campuran pijat. Cara ini sangat bagus untuk mereka yang memiliki kaki kering dan pecah-pecah khususnya pada musim panas.

Krim malam

Minyak kelapa merupakan pelembab intensif yang sangat baik untuk wajah Anda di malah hari, terutama bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering. Namun perlu diingat, sebelum menerapkannya pada wajah Anda bisa mengujinya pada area tertentu terlebih dahulu karena sebagian orang merasa minyak kelapa terlalu berminyak untuk kulit mereka dan bisa menyumbat pori-pori. Anda bisa mencoba menggunakan Olive oil.

Membersihkan make up

Menghapus maskara atau eyeliner waterproof memang cukup merepotkan, namun dengan minyak kelapa masalah tersebut akan segera teratasi. Yang perlu kamu lakukan hanya menuangkan sedikit minyak kelapa pada kapas kemudian sapu bagian mata Anda untuk menghapus semua jejak riasan di wajah Anda.

Sebagai krim bawah mata

Jika Anda tidak menggunakan minyak kelapa untuk menghapus riasan maka Anda tetap bisa menerapkannya pada bagian bawah mata untuk meminimalkan efek garis halus dan lingkar hitam yang ada di bawah mata Anda. Anda hanya perlu sejumput minyak kelapa kemudian oleskan dengan lembut disekitar bawah mata.

Pelembab bibir

Bibir pecah-pecah tentu saja akan sangat menggangu penampilan. Untuk itu Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pelembab bibir. Caranya mudah, cukup simpan minyak kelapa dalam wadah berukuran kecil yang bisa disimpan di dalam tas, dompet atau saku sehingga saat dibutuhkan dapat dengan mudah mengambilnya dan mengoleskannya pada bibir Anda.

Conditioner

Musim panas memang cukup ampuh membuat rambut menjadi kering dan kusam. Namun jangan khawatir, Anda bisa menggunakan minyakan kelapa sebagai pengganti conditioner atau pelembab. Caranya adalah dengan melakukan sejumlah pijatan kecil pada bagian kulit kepala menggunakan minyak kelapa saat rambut Anda masih dalam kondisi kering. Biarkan selama beberapa menit dan Anda bisa melanjutkan rutinitas mandi Anda seperti biasa.

Obat kumur

Meskipun minyak kelapa tidak selalu menyegarkan nafas atau menghilangkan plak di gigi Anda, namun minyak kelapa sangat bermanfaat bagi kesehatan gusi Anda. Caranya, siapkan sekitar setengah sendok makan minyak kelapa kemudian berkumurlah selama sekitar 10 menit. Proses tersebut berfungsi untuk menarik keluar rancun yang ada pada gusi Anda dan membantu menjaga warna gigi Anda tetap putih bersinar dan tidak menguning.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here