10 Manfaat Minum Air Lemon Hangat

Ingin mengawali hari dengan tubuh yang sehat dan bugar? Minum segelas air lemon hangat di pagi bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang ingin tampil sehat dan bugar.

Buah berwarna kuning ini sudah dikemas lengkap dengan berbagai macam nutrisi termasuk vitamin C, vitamin B-kompleks, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, serat dan lain-lain.

Meskipun begitu, perlu diwaspadai lemon cukup berpengaruh terhadap pengikisan enamel gigi Anda sehingga dianjurkan untuk mencampurkannya dengan air terlebih dahulu sebelum meminumnya.

Manfaat minum air lemon hangat

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari lemon maka disarankan untuk mencampurnya menggunakan air hangat dan meminumnya 15 sampai 30 menit sebelum sarapan.

air jus lemon hangat
Segelas air lemon hangat baik sangat baik untuk tubuh.

Berikut ini adalah 10 manfaat dari air lemon yang perlu Anda ketahui:

1. Menurunkan berat badan

Lemon dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Perlu diketahui, air memang baik untuk menghidrasi tubuh, tapi lemon memiliki cara yang berbeda. Kandungan serat pektin dalam lemon membantu mengurangi rasa lapar. Oleh sebab itu, segelas air lemon dapat memberikan sensasi kenyang lebih lama ketika Anda sedang merasa lapar. Sehingga Anda tidak perlu makan banyak saat sarapan. Alhasil, Anda akan kehilangan beberapa kilogram dari berat badan tanpa Anda sadari.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Minum segelas air lemon hangat di pagi hari merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam upaya  menghindari infeksi virus seperti flu, batuk dan sakit tenggorokan. Mengapa demikian? karena kandungan nutrisi seperti Vitamin C dan Besi yang terkandung di dalamnya sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dimana secara tidak langsung mereka akan membantu melawan serangan infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Selain itu, kandungan saponin yang terdapat di dalam lemon juga memiliki sifat anti mikroba yang dapat membantu menjaga tubuh Anda dari flu. Lemon juga membantu mengurangi jumlah dahak yang di produksi oleh tubuh.

3. Mengurangi peradangan

Asam askorbat (vitamin C) yang ditemukan di dalam lemon juga memberikan efek anti-inflamasi atau anti peradangan. Jika Anda minum air lemon secara teratur maka mereka akan menurunkan keasaman dalam tubuh Anda. Sehingga cara ini akan menghilangkan asam urat dalam sendi yang merupakan salah satu penyebab utama peradangan.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Air lemon dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda dengan cara mengeluarkan racun  atau benda-benda yang tidak diinginkan dari saluran pencernaan. Mereka juga membantu meringankan gejala gangguan pencernaan seperti maag, mulas, bersendawa dan kembung. Bahkan American Cancer Society merekomendasikan air lemon hangat untuk penderita kanker untuk membantu merangsang buang air besar.

5. Membersihkan racun dalam tubuh

Air lemon membantu mengeluarkan material yang tidak diinginkan dari dalam tubuh karena lemon bersifat diuretic, alias dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Racun yang dikeluarkan dengan lebih cepat akan membantu menjaga kesehatan saluran kemih Anda.

Selain itu, kandungan asam sitrat yang terkandung di dalam lemon juga membantu memaksimalkan fungsi enzim yang merangsang hati dan membantu dalam proses detoksifikasi.

6. Mencegah dehidrasi

Menjaga tubuh untuk terhindar dari dehidrasi merupakan sebuah kewajiban, terutama jika Anda berencana untuk melakukan aktivitas secara maksimal. Saat tubuh Anda mengalami dehidrasi maka Anda akan mudah merasa grogi, tegang, lelah, lesu dan tidak fokus. Oleh sebab itu, minum air lemon hangat dapat membantu Anda menjaga kandungan air dalam tubuh sepanjang hari dengan mengganti cairan yang hilang dari tubuh Anda.

7. Meningkatkan energi dan mood

Lemon merupakan salah satu buah yang istimewa karena buah ini merupakan satu dari sedikit buah yang memiliki kandungan ion bermuatan negatif. Dimana ion bermuatan negatif ini berfungsi untuk memberikan lebih banyak energi saat memasuki saluran pencernaan. Selain itu, aroma menyegarkan yang dihasilkan buah lemon juga dapat membantu membangkitkan mood, mencerahkan suasana hati, membersihkan pikiran serta membantu mengurangi efek kecemasan dan depresi.

8. Menyegarkan nafas

Selain membuat nafas segar, lemon juga dikenal dapat membantu meringankan sakit gigi dan radang gusi. Namun asam nitrat yang ada di dalam lemon juga harus diwaspadai karena dapat mengikis enamel gigi. Cara terbaik adalah dengan menyikat gigi sebelum minum air lemon atau menunggu beberapa saat setelah minum air lemon sebelum menyikat gigi Anda. Anda juga bisa ‘membilas’ mulut Anda dengan air putih setelah minum air lemon.

9. Membersihkan kulit

Komponen vitamin C serta antioksidan lain yang terkandung di dalam lemon  membantu meremajakan kulit Anda dari dalam, yakni dengan menyamarkan keriput dan noda di wajah serta membantu dalam memerangi kerusakan sel kulit yang berasal dari radikal bebas.

Vitamin C juga sangat baik untuk mencerahkan wajah sehingga terlihat lebih bersinar. Kandungan alkali di dalam lemon juga diketahui dapat membunuh beberapa jenis bakteri penyebaba jerawat. Selain itu, lemon juga bisa diterapkan secara langsung pada kulit wajah untuk memudarkan noda bekas jeawat atau bintik-bintik pada wajah.

10. Mempercepat penyembuhan

Asam askrobat atau yang biasa disebut sebagai vitamin C merupakan salah satu nutrisi utama yang terkandung di dalam lemon yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.  Asam akrobat ini juga memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan sehingga menjadi sangat baik untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, asam akrobat juga baik dalam pemeliharaan kesehatan jaringan ikat, tulang rawan dan kesehatan tulang secara menyerluruh.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here