15 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh

38364

Mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi yang dapat meningkatkan imun tubuh adalah hal penting yang harus Anda perhatikan, karena itu sangat efektif untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh secara alami.

Banyak penyakit yang keberadaannya dapat dihindari apabila sistem imun kita kuat. Sistem imun bekerja dengan melawan benda asing yang memasuki tubuh kita untuk menimbulkan kerusakan. Pembersihan radikal bebas dan regulasi hormon dapat dilakukan secara alami apabila sistem imun tubuh kita kuat.

Sebagai catatan, imunitas atau daya tahan tubuh manusia hanya bisa ditingkatkan secara alami. Berbicara tentang cara alami, hanya ada dua cara untuk meningkatkan imunitas:

  • Yang pertama adalah dengan latihan atau olahraga, dan
  • yang kedua adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi yang dapat memperkuat imun atau daya tahan tubuh secara alami.

Pada pembahasan kali ini, kita akan berfokus pada makanan apa saja yang dapat meningkatkan imun tubuh kita.

makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Memperkuat daya tahan tubuh melalui makanan (ilustrasi).

Makanan Penguat Sistem Kekebalan Tubuh (Imun)

Makan makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan merupakan cara yang sederhana–namun efektif–untuk tetap sehat dan jauh dari penyakit.

Berbagai makanan berikut ini dapat meningkatkan dan memperkuat sistem imun tubuh kita:

1. Buah-buahan citrus

Kebanyakan orang akan beralih ke vitamin C ketika terkena flu atau saat merasa tidak enak badan. Itu karena vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Vitamin C penting bagi tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan senjata tubuh untuk melawan infeksi.

Kandungan vitamin C tinggi dan alami bisa kita dapatkan dari buah-buahan citrus, seperti:

Buah-buahan di atas sangat kaya akan vitamin C, dan dapat membantu tubuh dalam melawan serangan penyakit, khususnya bakteri dan virus pilek dan flu.

Karena tubuh tidak dapat memproduksi dan menyimpan vitamin C, maka tubuh Anda membutuhkan asupan harian vitamin C untuk menjaga tubuh tetap sehat. Hampir semua buah citrus mengandung vitamin C yang tinggi alami.

2. Bawang putih

Bawang putih sangat berguna untuk menjaga kesehatan kita dengan cara meregulasi hormon, menurunkan tekanan darah serta memperlancar aliran darah, dan banyak lainnya.

Bawang putih mampu memperkuat imun tubuh karena adanya senyawa yang mengandung konsentrasi sulfur tinggi, yaitu allicin, yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi dalam tubuh secara alami.

3. Brokoli

Brokoli adalah salat satu makanan tersehat di dunia karena diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral penting bagi tubuh.

Brokoli mengandung vitamin A, C, dan E yang sangat tinggi dan juga diperkaya dengan banyak zat antioksidan dan serat.

Rekomendasi:  8 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Kunci untuk menjaga kekayaan kandungan nutrisi brokoli adalah dengan memasaknya seminimal mungkin, atau lebih baik lagi jika dikonsumsi langsung tanpa dimasak.

4. Daging unggas

Sekarang kita membahas salah satu makanan penting lainnya yang dapat meningkatkan kekebalan kita. Daging unggas, misalnya ayam dan kalkun, kaya akan zinc dan vitamin B-6.

Zinc adalah senyawa yang sangat penting bagi tubuh untuk membantu memproduksi dan memperbanyak sel darah putih. Dan seperti yang kita tahu, sel darah putih membantu kita untuk melawan penyakit.

Vitamin B-6 juga memegang peranan penting dalam berbagai reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh kita. Selain itu, vitamin B-6 juga penting dalam pembentukan sel darah merah baru.

Itulah mengapa umumnya orang yang sedang sakit atau dalam perawatan sering mengkonsumsi sup ayam atau bubur ayam. Hal tersebut karena dagingnya memiliki efek penyembuhan dan membantu meredakan gejala seperti flu dan penyakit lainnya.

5. Yogurt

Yogurt mengandung biakan aktif yaitu bakteri yang baik untuk kesehatan. Bakteri yang baik untuk kesehataan ini sangat esensial untuk menjaga sistem pencernaan, khususnya untuk usus. Sistem pencernaan yang sehat sangat penting untuk sistem kekebalan yang ampuh.

Yogurt juga bisa menjadi sumber asupan vitamin D yang baik. Vitamin D dapat membantu tubuh dalam produksi dan regulasi imun tubuh dan meningkatkan daya tahan alami tubuh terhadap penyakit.

6. Kunyit

Kunyit sangat populer sebagai bahan alami dalam berbagai pengobatan herbal. Bukan tanpa alasan, karena kunyit memiliki unsur pengobatan yang ampuh. Kandunga utamanya adalah curcumin, yang memiliki sifat anti-peradangan dan merupakan senyawa antioksidan yang sangat kuat.

7. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang baik untuk sistem imun. Telur mengandung beberapa vitamin, yang utama adalah vitamin D dan B-kompleks, yang berpotensi untuk membasmi penyakit, dan memperlancar aliran darah dalam tubuh.

8. Jamur

Jamur membantu dalam produksi sel darah putih, yang merupakan ‘tentara’ yang sangat aktif dan penting dalam sistem daya tahan tubuh manusia. Jamur juga kaya zink dan berbagai nutrisi lainnya yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

ubi jalar
Ubi jalar mengandung vitamin A, baik untuk daya tahan tubuh.

9. Ubi jalar

Jangan salah, walaupun sering dipandang sebelah mata, ubi jalar (ubi manis) ternyata mengandung beta-karoten tinggi dan kaya akan vitamin A.

Vitamin A adalah vitamin yang penting untuk memproduksi jaringan konektif yaitu jaringan yang menghubungkan antar jaringan dalam tubuh.

Ubi jalar mempunyai peran besar untuk kulit dalam mencegah bakteri dan kuman penyakit. Ingat, kulit Anda adalah bagian penting dalam sistem pertahanan tubuh Anda.

Rekomendasi:  50 Makanan Sumber Antioksidan Terbaik

10. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin B1, C, A, dan mineral-mineral lainnya, yang menjadikannya sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia. Buah ini membantu membersihkan usus secara natural.

Selain mengandung beta-carotene, alpukat juga mengandung glutation, sebuah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga imunitas tubuh tetap terjaga dan juga mengurangi resiko kanker.

11. Kelapa

Kelapa dan minyak kelapa memiliki keunggulan yang berlimpah untuk kesehatan. Mereka memiliki asam lauric yang berubah menjadi monolaurin. Jika Anda belum tahu tentang monolaurin, komponen ini ada pada air susu ibu dan secara alami menguatkan sistem imun bayi.

Baca juga: Manfaat ajaib minyak kelapa untuk kesehatan.

12. Buah-buahan beri

Belum cukup rasanya jika tidak memasukkan buah-buahan beri ke dalam daftar makanan yang sehat. Beri, khususnya blueberry dan raspberry, memiliki sifat antioksidan tinggi yang dapat menguatkan sistem imun tubuh secara alami.

Blueberry mempunyai kadar gula yang rendah dibandingkan dengan buah yang lain.

13. Kubis

Kubis kaya akan glutamin. Glutamin adalah salah satu asam amino esensial, yaitu asam amino yang tidak diproduksi dalam tubuh. Karenanya, kubis sangat penting sebagai ‘suplier’ glutamin bagi tubuh kita, yang tentu berperan dalam penguatan daya tahan tubuh.

14. Bayam

Bayam sangat baik untuk imun tubuh karena mengandung vitamin C tinggi. Bayam juga mengandung vitamin A dan B1.

Seperti halnya sayuran hijau lainnya, bayam mengandung beragam zat antioksidan dan beta karoten yang akan memperkuat sistem kekebalan tubuh secara alami.

Bayam akan sangat menyehatkan jika dimasak sesedikit mungkin agar ia dapat mempertahankan nutrisi dan vitamin di dalamnya.

15. Jahe

Jahe sering dikonsumsi oleh orang yang terkena pilek dan flu. Padahal, seperti halnya vitamin C, jahe sangat baik dalam mencegah pilek dan flu sebelum penyakit tersebut menyerang.

Jahe memiliki bahan antimikroba yang ampuh. Jahe juga kaya akan antioksidan dan mineral. Minuman jahe sangat nikmat dikonsumsi di musim hujan karena dapat menghangatkan tubuh, serta membantu mencegah serangan penyakit di musim hujan.

Setelah membaca uraian di atas kita jadi tahu makanan apa saja yang dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh kita. Anda bisa mengkonsumsi satu atau beberapa makanan dari daftar di atas dalam pola makan anda sehari-hari.

Ikuti kami di Facebook dan Twitter untuk mendapatkan berbagai update mengenai kesehatan di sosial media.