5 Cara Bentengi Diri dari Serangan Penyakit Selama Musim Hujan

Saat musim hujan tiba, anda dan keluarga wajib melakukan beberapa penyesuaian agar tetap sehat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Bukan tanpa alasan kenapa musim hujan kita lebih rawan terserang penyakit. Itu karena kuman dan virus lebih mudah berkembang biak di musim penghujan. Daya tahan tubuh adalah benteng pertama dan terpenting agar tubuh tidak mudah terserang penyakit, terlebih di musim hujan.

Mencegah Penyakit di Musim Hujan

Bentengi diri dan keluarga Anda agar tetap sehat di musim hujan

Beberapa penyakit seperti influenza (flu), diare, tipes, demam berdarah dan malaria adalah yang paling umum melanda di musim hujan. Untuk itu anda sekeluarga harus waspada terhadap penyebaran penyakit-penyakit tersebut.

Ada beragam cara yang bisa lakukan untuk meminimalisir resiko penyebaran berbagai penyakit di musim hujan, antara lain:

Rajin cuci tangan

Bakteri dan virus penyebab penyakit jadi lebih rentan menyerang tubuh selama musim hujan. Jika Anda tidak waspada, maka akibatnya tubuh jadi mudah terinfeksi. Kontak dengan keduanya bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Bahkan seringkali kontak dengan bakteri dan virus terjadi tanpa Anda sadari, seperti saat menyentuh permukaan handle tangga ataupun gagang pintu. Karenanya untuk mencegah virus dan bakteri menginfeksi tubuh, rajinlah mencuci tangan.

Cucilah tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Kebiasaan sehat ini sangat penting untuk dilakukan. Apalagi jika Anda termasuk kategori orang yang suka secara tidak sengaja menyentuh bagian tubuh, seperti area wajah. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika Anda menyentuh area wajah dengan tangan yang penuh bakteri atau virus. Kedua pathogen tersebut bisa lebih leluasa masuk ke dalam tubuh dan memicu penyakit.

Salah satu penyakit yang bisa diderita akibat kebiasaan menyentuh area wajah tersebut adalah flu dan pilek. Kendati tergolong penyakit ringan, flu dan pilek tetap dapat mengurangi kenyamanan Anda beraktivitas. Karenanya akan lebih baik jika penyakit yang menyerang saluran pernapasan atas tersebut dicegah.

Salah satunya dengan rajin cuci tangan dan mengurangi kebiasaan menyentuh area wajah seperti, mata, mulut dan hidung dengan tangan telanjang. Namun jika memang diperlukan, gunakan sapu tangan bersih atau tisu guna mencegah bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh.

Jauhi genangan air

Genangan air jadi lebih mudah ditemui saat musim hujan. Ia bisa jadi sumber penyakit seperti demam berdarah, diare, kolera, infeksi kulit dan influenza. Agar tubuh tetap sehat semalam musim hujan, sebisa mungkin jauhi tempat tempat sering tergenang atau berpotensi tergenang air.

Mungkin ada beberapa dari Anda yang tidak bisa menghindar dari genangan air akibat tuntutan profesi. Jika kondisinya demikian, gunakan pelindung kaki agar kaki Anda terlindungi dari genangan air tersebut.

Selain pelindung kaki, kenakan juga mantel atau jaket saat melintasi genangan air. Hal ini dilakukan agar tubuh Anda terlindungi dari genangan air tersebut, terutama saat ada kendaraan bermotor yang melintasi area.

Namun jika tubuh tetap tidak bisa terhindar dari genangan air saat musim hujan, segeralah mandi dan keringkan tubuh, khususnya sela sela jari tangan dan kaki. Jika perlu, taburkan bedak guna menjaga tubuh tetap kering dan segar.

Jangan lupa ajari anak Anda untuk melakukan hal yang sama, mengingat anak anak biasanya suka bermain di genangan air. Dengan begitu, seluruh anggota keluarga bisa tetap sehat selama musim hujan.

Selain menghindari genangan air, Anda juga perlu melakukan pengawasan pada saluran air di sekitar tempat tinggal. Pastikan saluran air lancar. Hal ini guna mencegah munculnya genangan air di sekitar tempat tinggal. Jika perlu, lakukan kegiatan bersih bersih rumah dan halaman secara berkala sehingga rumah tetap bersih dan halaman bebas genangan air.

Hindari makanan yang dijual di pinggir jalan

Selama musim hujan, makanan yang dijual di pinggir jalan jadi beresiko menjadi media penularan penyakit. Karenanya sebisa mungkin hindari membeli makanan diluar agar keluarga tetap sehat. Hal ini tidak hanya berlaku untuk makanan siap konsumsi saja, tetapi juga untuk bahan makanan.

Sayuran hijau sebaiknya dicuci sampai bersih sebelum diolah, mengingat selama musim hujan ia berpotensi jadi sumber kuman. Sama halnya dengan sayuran hijau, sayuran yang dibeli dalam keadaan sudah dipotong sebelumnya juga berpotensi terkontaminasi kuman.

Hal ini juga berlaku untuk bahan makanan lain seperti daging. Masaklah daging sampai benar benar matang sebelum dikonsumsi agar infeksi bakteri dan virus bisa diminimalkan.

Lindungi tubuh dari gigitan nyamuk

Banyaknya genangan air selama musim hujan memicu nyamuk untuk berkembang biak. Untuk mencegah gigitan nyamuk tersebut, gunakan losion anti nyamuk. Anda juga bisa menempatkan kasa nyamuk pada ventilasi agar nyamuk tidak sampai masuk ke dalam rumah.

Penggunaan kasa juga bisa diaplikasikan pada tempat tidur, terutama untuk balita dan anak anak, sehingga mereka bisa terlindungi dari gigitan nyamuk. Jika perlu, lakukan pengasapan pada ruangan yang berpotensi jadi sarang nyamuk, seperti kamar mandi dan tempat cucian.

Mencegah gigitan nyamuk juga bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan rumah dan area di sekitar tempat tinggal Anda. Pastikan tidak ada air yang tergenang di selokan. Pot tanaman juga bisa jadi tempat genangan air. Karenanya lakukan pemeriksaan secara berkala guna mencegah hal tersebut terjadi.

Selain itu, bersihkan rumah dari perabotan bekas yang tidak digunakan, karena keberadaannya juga bisa jadi sarang nyamuk.

Perbanyak minum minuman hangat

Musim hujan adalah momen yang tepat bagi Anda untuk lebih sering minum minuman hangat, seperti teh dan susu. Selain bisa menjaga tubuh tetap hangat, minuman tersebut juga bisa menjadi pelega hidung dan tenggorokan ketika terserang flu. Bahkan jika diminum teratur, minuman hangat juga bisa membantu meredakan flu dan sakit tenggorokan.

Nah, itulah tadi kelima cara menjaga tubuh tetap sehat selama musim hujan yang bisa Anda coba terapkan. Semoga bisa membantu Anda dan keluarga tetap sehat dan ceria selama musim hujan.

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.