8 Makanan Sehat yang Berbahaya Bila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Banyak orang beranggapan mengkonsumsi makanan sehat merupakan suatu hal wajib yang harus selalu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun tahukah Anda ternyata makanan sehat tersebut apabila dikonsumsi secara berlebihan malah dapat membahayakan kesehatan Anda?

Elisa Zied, seorang ahli gizi dan penulis buku Younger Next Week mengatakan, “makanan bergizi dapat menambah kalori bila dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan. Jika mengkonsumsi satu jenis makanan secara berlebihan, maka Anda tidak memberikan ruang untuk makanan bergizi lainnya yang mengandung nutrisi yang berbeda untuk masuk ke dalam tubuh Anda.”

Berikut adalah 8 makanan sehat yang dapat membahayakan apabila dikonsumsi secara berlebihan:

Omega-3 dan Minyak Ikan

Asam lemak Omega-3 penting bagi kesehatan kita karena dapat melawan peradangan dalam tubuh, membantu dalam perkembangan otak, dan mengurangi resiko penyakit jantung. Namun, terlalu banyak Omega-3 dapat membahayakan. Dosis yang dianjurkan adalah 1-6 gram per hari, bila dikonsumsi sebanyak 13-14 gram per hari memiliki efek pengencer darah bagi orang normal.

Begitu juga dengan minyak ikan, yang kaya akan Vitamin A. Namun, mengkonsumsi minyak ikan secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan Vitamin A. Khususnya untuk anak-anak dan wanita hamil.

Tuna

Tuna merupakan sumber Omega-3 dan protein yang tinggi. Namun, tuna juga mengandung polutan lingkungan tingkat tinggi yang disebut methylmercury. Methylmercury adalah racun saraf yang meyebabkan banyak efek merugikan bagi kesehatan. Misalnya, keterlambatan perkembangan pada anak-anak, masalah penglihatan, gangguan pendengaran, dan gangguan bicara.

Wanita hamil dan anak-anak disarankan membatasi asupan makanan laut yang mengandung merkuri tidak lebih dari dua kali per minggu.

Kedelai

Kedelai dapat mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan terhambatnya penyerapan zat besi, dan berpotensi menyebabkan anemia.

Kedelai mengandung senyawa mirip estrogen, yang apabila dikonsumsi jangka panjang dapat menyebabkan kanker rahim.

Bayam

Bayam adalah sumber protein, serat, dan berbagai vitamin serta mineral. Bayam juga mengandung lutein, yang baik untuk mencegah kebutaan.

Namun, bayam juga tinggi akan oksalat, senyawa yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Sehingga pasien dengan batu ginjal sebaiknya menghindari mengkonsumsi sayuran ini secara berlebihan.

Tomat dan Jeruk

Anda harus berhati-hati untuk tidak mengkonsumsi buah yang mengandung Vitamin A dan C ini secara berlebihan, karena asupan asam dapat meningkat dan menyebabkan asam lambung naik dan kembung. Konsumsi tidak lebih dari 2 buah tomat atau jeruk per hari.

Kayu Manis

Kayu manis biasanya dijadikan bumbu karena sangat lezat dan memiliki manfaat sebagai obat. Kayu manis juga tinggi akan antioksidan dan telah terbukti melawan peradangan dan menurunkan kadar gula darah. Mengkonsumsi kayu manis juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Rekomendasi: Manfaat kayu manis.

Namun, kayu manis juga mengandung senyawa coumarin yang dapat berbahaya dalam dosis besar. Jumlah coumarin yang dianjurkan adalah 0,1 mg per kg berat badan, apabila dikonsumsi lebih dari jumlah tersebut dapat menyebabkan keracunan hati dan kanker.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat baik bagi kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengurangi kolesterol darah, resiko penyakit hantung, dan stroke. Kacang-kacangan juga mengandung lemak tak jenuh ganda yang cocok untuk diet.

Namun, kacang-kacangan juga mengandung banyak kalori dalam porsi kecil. Sebaiknya, konsumsi 30 gram kacang per hari, campur dengan berbagai jenis kacang yang lain.

Hati

Hati merupakan bagian paling bergizi dari hewan karena sangat kaya akan nutrisi penting, seperti zat besi, B12, Vitamin A, dan tembaga. Namun, 100 gram hati sapi mengandung lebih dari enam kali asupan vitamin A yang disarankan, dan tujuh kali tembaga.

Kelebihan Vitamin A dapat menyebabkan gejala keracunan Vitamin A. Gejala-gejala lain yang mungkin terjadi seperti masalah penglihatan, nyeri tulang dan peningkatan resiko patah tulang, mual dan muntah. Mengkonsumsi terlalu banyak tembaga dapat menyebabkan stres oksidatif dan dapat meningkatkan resiko penyakit Alzheimer. Sebaiknya, konsumsi hati sekali dalam seminggu.


Makanan-makanan di atas tentu sangat bergizi. Namun, meskipun makanan tersebut bergizi, bukan berarti jika dikonsumsi lebih banyak dapat lebih menyehatkan Anda. Dalam hal nutrisi, lebih banyak tidak selalu lebih baik.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here