8 Tips Agar Pori-Pori Wajah Terlihat Lebih Kecil

Pori-pori besar merupakan salah satu masalah yang sering dialami pemilik wajah berminyak dan kombinasi. Kelenjar minyak mereka menghasilkan lebih banyak sebum untuk mencegah kulit kering. Namun kelebihan minyak ini dapat menyumbat pori dan berkumpul bersama sel kulit mati dan kotoran lain sehingga membuat pori tampak membesar. Kondisi tersebut bisa saja diperparah oleh kondisi cuaca dan usia.

Meski cukup mengganggu penampilan, pori-pori sebenarnya tidak dapat dihilangkan atau dikecilkan secara permanen. Pori-pori justru sangat diperlukan sebagai saluran untuk mengeluarkan minyak dan kotoran dari dalam tubuh.

Namun jangan khawatir, karena Anda masih bisa melakukan perawatan dan tips berikut ini untuk membuatnya tampak lebih kecil:

#1 Memilih produk perawatan wajah yang tepat

Cermati kandungan apa saja yang terdapat pada produk perawatan wajah Anda. Pilihlah produk dengan seng dan magnesium yang dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak wajah dan membersihkan pori-pori. Produk dengan bahan lembut seperti rosemary dan lavender juga meredakan iritasi dan mencegah pori tampak melebar.

mengecilkan pori-pori wajahAnda pun dapat memilih produk dengan asam salisilat yang membantu menghaluskan tekstur kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Begitu pula dengan retinol yang dapat membersihkan pori. Jangan lupa memastikan bahwa produk-produk tersebut bersifat noncomedogenic yang berarti tidak akan menyumbat pori.

#2 Membersihkan wajah dan exfoliating

Membersihkan wajah dapat menghilangkan sisa-sisa kotoran dan sebum yang menyumbat pori-pori. Gunakan pembersih berbahan lembut dua kali sehari dan setelah berolahraga. Tidak perlu membersihkan wajah terlalu sering karena dapat membuat kulit kering dan memicu kelenjar minyak untuk lebih aktif berproduksi. Lakukan juga exfoliating dua sampai tiga kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

#3 Memakai toner

Menggunakan toner membantu membersihkan kulit dan menghilangkan sisa-sisa kotoran dengan lebih sempurna. Pilih toner yang mengandung asam laktat dan glikolat yang dapat mengembalikan kesegaran kulit dan menjaganya tetap prima. Gunakan toner setelah membersihkan wajah, namun sebelum memakai pelembab. Jika kulit Anda termasuk sensitif, hanya gunakan toner sekitar 2 kali semingu untuk mencegah kulit terlalu kering.

#4 Menggunakan tabir surya

Terkena sinar matahari terlalu sering dapat menyebabkan kulit iritasi dan menebal. Sel-sel kulit mati kemudian cenderung menumpuk di sekitar pori dan membuatnya tampak lebih besar. Untuk meminimalisirnya, gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau 30 setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan. Pakai juga topi atau payung untuk menghindari paparan ultra violet berlebih.

#5 Memakai masker clay

Masker clay dapat menghilangkan kelebihan minyak dan air dari kulit dan membuat pori tampak lebih kecil. Namun masker ini dapat membuat kulit kering jika digunakan terlalu sering. Oleh karena itu, cukup gunakan masker clay satu atau dua kali seminggu. Anda juga dapat menggunakan masker ini di area wajah yang berminyak dan berpori-pori besar saja, terutama di daerah dahi, hidung, juga pipi.

#6 Menggunakan kolagen

Sel-sel kulit semakin kehilangan elastisitasnya saat usia bertambah sehingga tidak bisa menunjang pori-pori dan membuatnya terlihat besar. Gunakan kolagen untuk menjaga keremajaan dan kekencangan kulit. Pakai juga vitamin C yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin.

#7 Hindari makanan berminyak

Makanan yang mengandung minyak tak sehat dan lemak dapat membuat kulit iritasi dan memicu penyumbatan pori. Kurangi konsumsi makanan tersebut dan pilihlah buah dan sayur sebagai gantinya. Makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral akan membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam dan membuatnya dapat bekerja secara optimal.

#8 Membersihkan make up sebelum tidur

Make up yang dibiarkan menempel di wajah saat tidur dapat menyumbat pori-pori. Apalagi jika make up tersebut sudah bercampur dengan keringat dan kotoran setelah Anda beraktivitas seharian. Biarkan pori-pori Anda beristirahat dan bernafas agar dapat mengeluarkan kotoran secara alami.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here