4 Alasan Mengapa Anda Perlu Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat semakin populer dijalankan seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dan semakin terbukanya akses informasi. Tingginya tingkat polusi di kota-kota besar juga menuntut warganya untuk bisa merawat diri lebih baik lagi.

Sayangnya, masih banyak orang yang malas menerapkan pola hidup sehat karena dianggap terlalu merepotkan. Apalagi bagi mereka yang sibuk dan tidak sempat berolahraga serta mengatur pola makan. Padahal, ada banyak manfaat jangka panjang yang akan Anda dapatkan jika Anda mau sedikit berkomitmen. Mulai dari menjaga kesehatan fisik hingga mental, simak empat alasan utamanya berikut ini:

1. Menjaga kesehatan mental

Fungsi kognitif dan suasana hati memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas hidup Anda. Produktivitas dan hubungan interpersonal Anda pun seringkali dipengaruhi kedua hal ini. Namun, tahukah Anda jika komposisi makanan yang Anda makan sehari-hari ternyata berkaitan dengan suasana hati Anda?

American Journal of Psychiatry melaporkan bahwa diet ala Barat yang tinggi lemak jenuh, karbohidrat olahan, dan alkohol berkaitan dengan tingginya tingkat depresi dan kecemasan pada wanita. Hasil sebaliknya didapatkan pada diet yang kaya buah, sayur, dan serealia utuh.

Diet seimbang yang menyertakan kombinasi karbohidrat kompleks, protein rendah lemak, dan lemak sehat diperkirakan dapat menjadi cara efektif untuk menjaga kesehatan mental, meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

2. Mencegah serangan penyakit

Penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker banyak menyerang masyarakat dewasa ini. Faktor risiko seperti riwayat penyakit dalam keluarga memang sulit dikontrol, namun Anda dapat meminimalisirnya dengan menjalankan pola hidup sehat seperti diet sehat, olahraga, dan menghindari kebiasaan buruk.

alasan menerapkan hidup sehat
Sebuah cara hidup sehat. Image by: Dr. Abdullah Naser

Mayo Clinic menyatakan bahwa kombinasi diet rendah lemak, berolahraga selama 30 menit setiap hari, dan menghindari rokok dapat mengurangi risiko penyakit jantung, salah satu penyakit kronis paling tinggi di Amerika Serikat dan Indonesia.

American Cancer Society mengungkap bahwa diet bernutrisi dan olahraga secara teratur juga dapat mencegah perkembangan kanker pada orang-orang yang berisiko genetik tinggi menderita penyakit ini.

Bagi Anda yang masih malas hidup sehat, lebih baik sedikit repot saat saat ini daripada merepotkan orang lain di sekitar Anda nantinya bukan?

3. Meningkatkan energi dan stamina

Badan sehat tak hanya melindungi Anda dari serangan penyakit. Badan yang sehat juga akan memberikan Anda stamina dan energi yang tinggi, kekuatan, serta umur panjang. Nikmat yang tak dapat tergantikan oleh uang ini bisa Anda dapatkan dengan berolahraga secara teratur.

Menurut Science Daily, olahraga dengan intensitas rendah dapat menurunkan tingkat kelelahan hingga 65 persen dan menaikkan tingkat energi hingga 20 persen. Orang dewasa yang sehat sebaiknya menjalani latihan aerobik dengan intensitas sedang selama 30 menit setiap hari untuk mencapai kondisi fisik yang optimal.

Jika Anda terlalu sibuk, Anda dapat mengakalinya dengan memanfaatkan aktivitas sehari-hari. Di antaranya seperti memarkir kendaraan lebih jauh dari pintu masuk atau memilih naik tangga dibandingkan lift.

4. Menjaga penampilan

Menerapkan pola hidup sehat sangat penting untuk menjaga penampilan agar terlihat awet muda dan menarik. Misalnya saja dengan rajin mengkonsumsi vitamin A yang dapat menyehatkan kuku, kulit, dan rambut.

Antioksidan seperti vitamin C dan selenium juga membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang terkait dengan proses penuaan.

Tidak hanya itu, memilih gaya hidup sehat seperti makan diet seimbang dan berolahraga secara teratur dapat mencegah obesitas. Menghindari paparan sinar matahari berlebih, rokok, dan kebiasaan buruk lainnya dapat mencegah penuaan pada kulit dan memberi Anda penampilan yang lebih muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here