Anak Dengan Memori yang Baik Cenderung Baik Juga Dalam Berbohong

0

Apakah Anda pernah berpikir bahwa anak Anda pandai menyembunyikan kebohongan? Tampaknya ini tidak terlalu buruk, karena penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of sheffield di Inggris menemukan fakta bahwa anak-anak yang memiliki memori yang baik jauh lebih baik saat menutupi kebohongan.

Sebuah studi baru yang dipublikasikan di Journal of Experimental Child Psychology menemukan bahwa anak-anak yang dikenal sebagai “pembohong yang baik” ternyata juga memiliki memori kerja yang lebih baik, terutama lisan.

anak pintar
Anak dengan fungsi memori yang baik cenderung ‘lebih pintar’ berbohong. (gambar ilustrasi)

Temuan ini merupakan sebuah hasil dari sebuah penelitian yang menyelidiki peran memori kerja terhadap kebohongan lisan yang dilakukan anak-anak.

Penelitian tersebut melibatkan 137 anak berusia 6 sampai 7 tahun. Mereka diminta untuk bermain sebuah game sederhana, dan diberitahu jika jawaban berada di belakang kartu dengan warna dan gambar yang berbeda. Namun mereka juga diinstruksikan agar tidak mengintip jawaban tersebut.

Para peneliti juga memasang kamera tersembunyi untuk melihat siapa saja yang ‘curang’. Mereka yang mengintip tentu saja menjawab dengan benar. Tetapi ketika peneliti mencoba memergoki dengan menanyakan jawaban apa yang ada di balik kartu, mereka sengaja menjawab warna atau gambar yang salah untuk menutupi bahwa mereka mengintip jawaban.

Selama percobaan peneliti mengukur dua elemen yaitu memori kerja verbal dan visual-spasial pada anak-anak. Memori kerja verbal adalah jumlah kata yang dapat diingat dalam satu waktu. Sementara, memori kerja visual-spasial adalah jumlah gambar yang dapat diingat dalam satu waktu.

Hasilnya, pembohong yang baik lebih baik dalam tes memori kerja verbal, dimana mereka baik dalam pengolahan dan daya ingat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pandai berbohong.

Dikuti dari Forbes, Dr Elenea Hoicka dari University of Sheffield’s Department of Psychology menambahkan, “ketika kebanyakan orangtua bisanya tidak suka ketika anak mereka berbohong, tapi setidaknya mereka bisa sedikit bersenang hati setelah menemukan fakta bahwa jika anak-anak mereka baik dalam berbohong, itu berarti mereka lebih baik dalam berpikir dan memiliki kemampuan memori yang baik.”

Moral dari penelitian ini adalah kebohongan merupakan sesuatu yang alami terutama pada anak-anak, bahkan kebohongan ini bisa menjadi pertanda bahwa anak Anda memiliki kemampuan memori kerja yang sangat baik.

Jadi, meskipun Anda harus meluruskan kepada mereka bahwa berbohong merupakan suatu tindakan yang salah, tapi setidaknya Anda bisa berpikir “Yah, setidaknya berarti mereka pintar.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here