Aneka Vitamin dan Manfaatnya untuk Kulitmu

0

Nutrisi memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan dan keindahan kulit. Kurangnya nutrisi bahkan dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Maka tak heran, banyak vitamin dan mineral disertakan dalam produk-produk perawatan kecantikan. Konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan nutrisi pun dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan kulit indah secara alami dari dalam tubuh.

Vitamin Esensial untuk Kulit

Masing-masing individu memiliki tingkat kebutuhan nutrisi yang berbeda sesuai jenis dengan kulitnya. Namun secara umum, ada lima vitamin yang paling penting bagi kulit. Vitamin-vitamin ini memiliki manfaatnya sendiri, seperti tercantum di bawah ini:

Vitamin A

Vitamin A mampu mempercepat regenerasi sel kulit sehingga diperlukan dalam menjaga dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Tanpa vitamin A, kulit dapat terlihat kering, bersisik, dan kasar. Retinol, salah satu bentuk vitamin A, kerap digunakan dalam bahan kosmetik dan obat untuk mengobati eksim, luka gores, luka bakar, atau ichtyosis.

Retinoid sintesis pun telah digunakan dalam perawatan jerawat dan psoriasis sejak tahun 1980-an. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology juga menunjukkan bahwa lotion yang mengandung vitamin A dapat membantu mengatasi jerawat serta mengurangi garis halus di wajah.

Vitamin B Kompleks

Manfaat tak kalah penting juga bisa Anda dapatkan dari vitamin B kompleks. Terutama vitamin B7 atau biotin yang diperlukan sebagai kofaktor enzim yang mengatur metabolisme asam lemak untuk membentuk sel kulit, kuku, dan rambut. Defisiensi biotin dapat menyebabakan dermatitis dan kerontokan rambut, walaupun jarang terjadi karena biotin bisa didapatkan dengan mudah lewat nasi, telur, atau pisang.

Vitamin B kompleks lain pun banyak digunakan dalam krim topikal. Misalnya vitamin B1 yang dapat meningkatkan sirkulasi dalam tubuh dan membuat kulit bercahaya. Sementara itu, Niacin dalam B3 membantu menyediakan oksigen bagi kulit, mencegah perkembangan jerawat, mencerahkan kulit, dan mempertahankan kelembabannya. Niacin juga memiliki senyawa anti inflamasi sehingga dapat digunakan untuk merawat kulit teriritasi.

Vitamin C

Vitamin C sangat penting bagi kulit karena dapat menstimulasi produksi kolagen. Seperti banyak diketahui, kolagen diperlukan untuk menjaga elastisitas dan stabilitas kulit. Vitamin ini juga membantu mengurangi kerutan di wajah dan memperbaiki tekstur kulit. Vitamin C pun termasuk antioksidan efektif yang dapat mencegah penuaan kulit dan menghindarkannya dari kerusakan akibat sinar UV.

Konsumsi vitamin C dapat mempercepat regenerasi jaringan kulit yang rusak. Studi observasi juga memperlihatkan bahwa diet tinggi vitamin C terkait dengan tampilan kulit yang lebih baik dan berkurangnya kerutan. Sebaliknya, defisiensi vitamin C dapat menyebabkan kulit kering dan kasar. Kekurangan vitamin ini juga diduga berkaitan dengan timbulnya hiperkeratosis pillaris, yaitu kerusakan folikel saat formasi kolagen terganggu.

Vitamin E

Sama seperti vitamin C, vitamin E merupakan antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Hal ini diungkap oleh “The Journal of Investigative Dermatology” tahun 2005 yang mengatakan jika konsumsi vitamin C dan E dalam jangka waktu lama dapat mengurangi risiko kulit terbakar oleh radiasi UVB.

Penggunaan vitamin E dapat mengurangi tampilan kulit yang kering dan kasar. Tak hanya mempertahankan kekenyalan dan kelembutan kulit, vitamin E pun dapat menguatkan rambut. Anda juga dapat mengoleskan minyak vitamin E untuk menyamarkan bekas luka yang membandel.

Vitamin K

Vitamin K mungkin tidak terlalu membantu menjaga keindahan kulit dari dalam. Namun penelitian dari University of Miami School of Medicine 2002 lalu menunjukkan bahwa krim vitamin K topikal dapat mengurangi lingkar hitam di sekitar mata dengan baik.

Hal ini diduga karena vitamin K dapat mengatur pembekuan darah. Meski kantung mata dapat disebabkan oleh berbagai faktor, umumnya “mata panda” ini terlihat jelas karena ada pembuluh darah kecil yang bocor, meradang, atau bengkak. Kulit di sekitar mata sendiri sangat tipis sehingga pembuluh darah yang bengkak dapat dengan mudah terlihat.

Krim vitamin K pun banyak digunakan untuk mengurangi memar usai menjalani operasi laser. Penelitian lain dari Nippon Medical School juga mengungkap bahwa gel yang mengandung turunan vitamin K, A, C, dan E, efektif untuk menghilangkan kantung mata dan mengurangi keriput.

Melengkapi daftar di atas, baca juga aneka mineral dan manfaatnya untuk kesehatan kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here