Apa Itu Flu (Influenza)?

Apakah Anda atau anak Anda terkena flu? Kenali gejala dan penyebab influenza (flu), serta cara penyebaran virus flu.

Flu, atau dalam dunia ilmu pengetahuan lebih dikenal sebagai influenza, adalah penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus influenza. Flu merupakan penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan, dimana gejalanya bisa berintensitas ringan hingga berat.

Virus Flu

sakit flu dan gejala flu

Virus influenza biasanya masuk ke dalam tubuh melalui membran di mulut, hidung atau mata. Ketika seorang penderita flu batuk atau bersin, virus influenza akan terbawa melalui udara dan dapat terhirup oleh orang di sekitar.

Anda juga bisa terjangkit flu jika menyentuh benda yang telah terkontaminasi virus influenza (seperti gagang pintu atau telepon) dan kemudian menyentuh hidung, mata atau mulut.

Resiko penularan flu tentu lebih tinggi di tempat yang ramai, seperti di dalam kelas atau sekolahan, asrama, bus, tempat kerja dan lain-lain. Gejala flu akan mulai berkembang mulai dari satu hingga empat hari setelah terinfeksi virus.

Penularan Flu

Virus flu menyebar melalui pernapasan dan biasanya akan menjangkiti banyak orang sekaligus. Flu menyebar ketika Anda menghirup udara udara yang mengandung virus flu, berbagi minum dan peralatan makan dengan orang yang terkena flu.

Flu juga dapat menular ketika Anda menyentuh benda yang telah terkontaminasi oleh pengidap flu, yaitu ketika tangan Anda yang mengandung virus flu menyentuh mata, hidung, ataupun mulut.

Itulah mengapa mencuci tangan secara rutin dapat mencegah penularan penyakit flu secara signifikan.

Gejala flu berkembang antara satu hingga empat hari setelah Anda tertular virus flu.

Gejala Flu

Gejala flu dan pilek terkadang agak susah untuk dibedakan. Namun biasanya, serangan gejala flu datang secara tiba-tiba. Gejala flu sering dimulai dengan demam, disertai dengan rasa tidak enak badan, lelah, dan sakit kepala.

Gejala flu biasanya berkembang beberapa hari setelah Anda tertular virus flu. Gejala sering muncul antara lain:

  • Demam (biasanya tinggi)
  • Rasa sakit/nyeri yang parah di daerah sendi dan otot, serta di daerah sekitar mata
  • Lemah atau lesu di sekujur tubuh
  • Batuk kering
  • Radang atau sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Hidung berair

Apa perbedaan antara pilek dan flu?

Pilek biasa dan flu, keduanya merupakan penyakit pada saluran pernapasan dan sangat mudah menular. Akan tetapi, walaupun gejalanya bisa sama, namun flu jauh lebih buruk. Serangan pilek mungkin cukup mengganggu dan membuat kondisi tubuh agak menurun, namun tidak akan terlalu menghalangi aktivitas.

Berbeda dengan flu, karena serangan penyakit flu bisa membuat kondisi tubuh benar-benar buruk, hingga tidak mampu bangkit dari tempat tidur. Demam dan rasa nyeri di sekujur tubuh yang biasanya menyertai flu akan menghalangi penderitanya dari aktivitas dan mengharuskannya istirahat penuh.

Lebih jauh, baca: Perbedaan pilek dan flu