Aronia Berry (Chokeberry) – Buah Tersehat di Dunia

Banyak yang belum mengetahui buah aronia berry, karena buah ini memang berasal dari Amerika Utara dan masih asing keberadaannya di Indonesia. Walaupun terdengar asing, tetapi buah ini ternyata memiliki kandungan yang sangat bermanfaat. Kandungan dalam buah aronia berry ini tidak diragukan lagi manfaatnya.

Kandungan Nutrisi Buah Aronia Berry

Berikut adalah tabel yang menunjukkan kandungan buah aronia berry dalam sajian 100 gram.

Kandungan Buah Aronia Berry per 100gr
KandunnganTakaranKandunganTakaran
Kalori52 kkalVitamin B60,06 mg
Air80,5 gVitamin B91,7 mg
Protein1,5 gVitamin C15 mg
Lemak0,1 gVitamin E1,5 mg
Karbohidrat13,6 gVitamin K0,8 mg
Serat1,7 gKalium158 mg
Pektin0,7 gKalsium28 mg
Asam Organik1,3 gMagnesium14 mg
Vitamin A1,2 mgSodium4 mg
Vitamin B10,01 mgFosfor55 mg
Vitamin B20,02 mgBesi1,2 mg
Vitamin B30,3 mgYodium5-8 mg
Vitamin B50,5 mgMangan0,5 g

Berbagai kandungan gizi yang terkandung di dalamnya membuat aronia berry layak dimasukkan kedalam salah satu buah tersehat di dunia. Berbagai vitamin yang ada di dalam buah aronia berry akan membuat tubuh semakin sehat.

Vitamin A akan menjaga kesehatan mata dan ginjal, vitamin C meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin B1 meningkatkan kepekaan saraf, vitamin B6 mencegah mual, dan lain-lain. Aronia berry bahkan mengandung vitamin E yang biasanya ditemukan pada kacang-kacangan. Ini menunjukkan bahwa aronia berry memiliki vitamin lebih kompleks dari buah lain.

aronia berry - chokeberry
Buah Aronia Berry
Kandungan protein akan meregenerasi sel, serta kandungan serat akan membantu melancarkan pencernaan dan menghambat penyerapan kolesterol usus halus sehingga turut mencegah penyakit jantung dan obesitas. Aronia berry juga mengandung berbagai mineral yang diperlukan tubuh mulai dari kalsium, zat besi, sampai mangan. Berbagai mineral ini kita perlukan dalam jumlah mikro (sedikit), artinya kandungan mineral aronia berry yang terkesan sedikit ini sebenarnya sudah sangat membantu kebutuhan mineral kita.

Yodium biasanya ditemukan dalam garam, dan jarang ditemukan pada buah. Yodium dalam aronia berry ini akan meningkatkan kecerdasan otak, sedangkan zat besi digunakan untuk meningkatkan hemoglobin darah, kalium menjaga kestabilan cairan tubuh, dan lain-lain. Mineral kompleks dalam chokeberry ini jarang ditemui pada buah lain.

Selain kandungan gizi di atas, aronia berry juga mengandung flavonoid yang membentuk warna ungu gelap. Adanya flavonoid konsentrasi tinggi ini mengindikasikan adanya antioksidan yang kuat. Antioksidan akan menangkal radikal bebas perusak DNA tubuh, sehingga kita terjaga dari berbagai jenis kanker.

Buah ini selain dapat dimakan langsung, juga dapat diolah menjadi wine, sirup, mentega, teh, dan jus. Masyarakat yang sudah mengetahui manfaat dari buah yang berbentuk kecil ini mulai mengonsumsinya ataupun mengolahnya untuk meningkatkan nilai jualnya. Buah ini sedang dalam perkembangannya untuk dapat dikenal dan diterima di Indonesia. Untuk anda yang ingin mencicipinya, buah ini sudah tersedia di toko buah besar.

We are what we eat, dan dinilai dari zat gizi yang terkandung didalamnya, buah ini sangat layak untuk dikonsumsi. Sayangilah tubuh kita dengan mulai mengonsumsi makanan dalam bentuk alaminya. Sekarang ini banyak sekali bahan makan yang kurang menyehatkan seperti junk food. Bagaimanapun, tubuh kita tidak diciptakan untuk menyerap dan memanfaatkan zat sintetis buatan manusia, tetapi diciptakan untuk mencerna makanan buatan alam.

Makanan yang paling baik bagi kita adalah makanan yang berasal dari bahan alami dengan cara pengolahan yang baik pula. Semakin baik pola makanan yang kita konsumsi, maka tubuh juga semakin sehat. Jadi, selamat mencicipi dan mendapatkan manfaat dari buah ini.

Artikel ditulis oleh Rininta Khairunnisa, mahasiswa Universitas Padjadjaran, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Jurusan Teknologi Pangan. Sumber gambar: Chokeberries, from Wikimedia Common. credit.