Tips Mengatasi Ketombe dan Memilih Sampo Anti-Ketombe

Jika ditanya, hal sederhana apa yang mampu membuat seorang berparas menarik merasa malu dengan penampilannya, maka salah satu jawabnya adalah ketombe. Ya, tak peduli bagaimanapun menariknya tampang seseorang, kalau ia berketombe, maka itu akan merusak image-nya secara keseluruhan.

Penyebab munculnya ketombe

Sebagian orang berpendapat ketombe berasal dari sel kulit mati yang tertimbun di kulit kepala. Pihak lain mengasosiasikan ketombe dengan rasa gatal dan lapisan kulit yang mengeras di kepala.

Faktanya, tak semua serpihan di kulit kepala adalah ketombe. Kondisi kulit kepala yang kering, timbunan residu produk penataan rambut seperti hairspray atau gel, efek pengobatan, semua ini bisa menimbulkan serpihan yang seringkali disalahartikan sebagai ketombe.

Yang pasti, hasil riset selama beberapa tahun terakhir mendapati bahwa jamur bernama Malassezia-lah yang menjadi tersangka utama munculnya ketombe.

Entah bagaimana, jamur ini bisa hidup secara alami di kulit kepala kebanyakan orang, namun jumlahnya didapati lebih banyak pada mereka yang berketombe. Jadi untuk menemukan solusinya, paling tidak Anda perlu tahu dulu penyebab munculnya serpihan tersebut.

Ketombe atau bukan?

mengatasi ketombe
Ketombe di kulit kepala dan rambut. [kredit: AllDayChemist]
Lantas, bagaimana mengetahui bahwa serpihan tersebut benar ketombe atau bukan?

Benar ketombe
Jika serpihan itu adalah ketombe, maka biasanya itu akan berwarna putih dengan tekstur tebal dan berat. Jika terasa gatalpun, maka akan dirasakan pada keseluruhan kulit kepala, bukan sebagian saja. Biasanya ketombe tak hanya dapat ditemukan di kulit kepala saja, namun helaian rambut juga.

Kulit kepala kering
Anda bisa menguji apakah itu benar ketombe atau hanyalah serpihan karena kulit kepala yang kering dengan cara berikut: sehari sebelum keramas, aplikasikan pelembab ke area kulit kepala yang kering lalu pijat perlahan.

Keesokan harinya saat keramas, pastikan untuk membilasnya sampai bersih, lalu aplikasikan kondisioner. Jika munculnya serpihan dikarenakan kulit kering, maka cara ini seharusnya sudah bisa memberikan solusi/ kesembuhan. Namun kalau serpihan tidak hilang juga, maka besar kemungkinan itu adalah ketombe.

Residu produk penataan rambut
Untuk serpihan akibat timbunan residu produk penataan rambut, maka warnanya biasanya transparan dan hanya terdapat di helaian rambut, bukan di kulit kepala. Rasa gatal mungkin juga akan terasa di sekujur kulit kepala apalagi kalau produk yang dipakai sarat dengan wewangian.

Efek obat atau salep tertentu
Yang terakhir, serpihan akibat efek obat biasanya hanya muncul di area dimana obat tersebut diaplikasikan, begitu pula dengan rasa gatalnya (bila ada).

Bahan sampo yang ampuh untuk atasi ketombe

memilih sampo anti-ketombe
Pilih sampo dengan kandungan bahan ampuh untuk atasi ketombe

Sekarang Anda sudah paham dan bisa membedakan apakah serpihan tersebut benar-benar ketombe atau bukan. Bila (sayangnya) ternyata serpihan yang muncul itu adalah ketombe, maka carilah sampo yang memuat paling tidak 1 dari deretan bahan berikut:

  1. Ketoconazole
    Karena jamur merupakan tersangka utama seperti yang disebutkan sebelumnya, maka tentu saja Anda harus memeranginya dengan zat yang sifatnya anti-jamur. Salah satu bahan seperti ketoconazole bisa membantu.
  2. Zinc pyrithione
    Bahan ini merupakan agen anti-jamur sekaligus anti-bakteri yang umumnya bisa didapatkan dari beberapa merk sampo anti-ketombe ternama.
  3. Coal tar
    Coal tar menangkis ketombe dengan cara memperlambat kematian sel kulit kepala. Meski aromanya kurang enak, namun coal tar sangat ampuh membasmi ketombe yang membandel.
  4. Selenium sulfide
    Fungsinya hampir sama dengan coal tar, namun selenium sulfide memiliki aroma yang lebih baik.
  5. Asam salisilat (Salicylic acid)
    Bahan sampo yang ampuh untuk atas ketombe berikutnya adalah asam salisilat, atau yang juga dikenal dengan BHA (Beta Hydroxy Acid). Cara kerja BHA dalam mengusir ketombe adalah dengan membantu pengelupasan sel kulit agar tidak sampai tertimbun di kepala. Sifat BHA yang anti-radang dan anti-mikroba membuatnya ampuh untuk mengatasi berbagai masalah penyebab ketombe.

Jika Anda lebih tertarik mencoba beberapa cara alami atasi ketombe, baca: Cara Alami Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Rumahan (Home Remedies).

Carilah metode pengobatan ketombe yang terbaik untuk Anda

Uniknya, beberapa orang mendapati ketombe mereka hilang setelah memakai beberapa jenis sampo. Kalau Anda sudah mencoba sebuah sampo, namun ketombe tetap muncul, pertimbangkan untuk menggunakan beberapa merk sampo dan pakailah secara bergantian.

Ujilah hasilnya, apakah ada perubahan atau tidak. Namun tak sedikit orang yang cukup menggunakan 1 merk sampo saja untuk melenyapkan ketombenya. Yang jelas, carilah metode mana yang terbaik untuk Anda.

Cara keramas pun perlu diperhatikan

Menemukan sampo yang tepat saja ternyata tidak cukup kalau ingin ketombe segera lenyap. Anda juga perlu memerhatikan bagaimana cara Anda membersihkan rambut.

Saat keramas, gunakan gerakan melingkar/ berputar saat memijat ringan kulit kepala agar sel kulit mati terangkat ke permukaan. Diamkan sampo selama 2-3 menit agar kandungan anti-ketombenya bekerja, lalu bilas hingga bersih menggunakan air hangat atau dingin.

Jangan pernah menggaruk karena bila kulit kepala sampai lecet maka itu memberi tempat bagi jamur untuk tumbuh lebih leluasa. Dan karena sampo anti-ketombe biasanya bersifat kering, maka pakailah bergantian dengan sampo lain yang bisa melembabkan. Hindari pula mengeringkan rambut dengan hair dryer karena hanya akan membuat kulit kepala semakin kering.

Bila tak ada perubahan yang berarti setelah beberapa minggu, maka segera temui dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Hal lain yang perlu dicermati

Jika rambut berketombe, hindari penggunaan kondisioner yang kandungannya terlalu keras atau berminyak. Minyak berlebih di kulit kepala bisa meningkatkan jumlah jamur yang memicu ketombe.

Anda juga perlu menghentikan pemakaian suatu produk kalau rambut jadi ketombean setelah memakainya. Kalaupun harus menggunakan produk penataan rambut, maka minimkan penggunaannya. Pilih produk yang tepat, dan segera cuci rambut setelahnya agar residu produk tak tertimbun di kulit kepala.

Hal terakhir adalah Anda harus sabar karena biasanya dibutuhkan waktu lebih kurang 3-4 minggu agar ketombe benar-benar hilang total.

1 KOMENTAR

  1. Saya sudah mencoba berbagai merk sampho anti ketome tetapi hasinya tidak memuaskan, semoga dengan saya mengunjungi blog ini dan membaca artikelnya saya lebih bisa mengatasi ketombe yang saya alami, terima kasih banyak atas informasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here