Bau Mulut (Halitosis) – Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Sponsored Links

Bau mulut adalah permasalahan yang sangat umum dan dapat terjadi pada siapapun. Bau tidak sedap yang keluar dari mulut saat menghembuskan napas bisa mengganggu kehidupan sosial orang yang mengalaminya, misalnya menjadi malu dan tidak percaya diri.

Istilah medis untuk bau mulut adalah halitosis.

Apa yang menyebabkan bau mulut?

Bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, namun yang paling umum disebabkan oleh kebersihan oral (mulut) yang buruk. Jika bakteri menumpuk di mulut, maka akan menyebabkan bau mulut. Selain itu, bau mulut yang persisten bisa jadi disebabkan oleh penyakit gusi.

Bau mulut juga bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi seseorang, misalnya saja makanan yang beraroma tajam seperti bawang putih. Rokok dan alkohol juga menyebabkan aroma tidak sedap pada mulut. Namun bau mulut yang disebabkan oleh makanan dan minuman bersifat sementara dan dapat dihindari dengan mudah.

Orang yang memiliki infeksi atau penyakit tertentu juga bisa mengalami gejala bau mulut, termasuk juga orang yang sedang menjalani pengobatan medis dapat mengalami efek samping berupa bau mulut.

Selengkapnya, baca artikel: penyebab bau mulut.

Mengobati dan mencegah bau mulut

Bau mulut biasanya dapat ditangani cukup dengan meningkatkan kebersihan mulut, karena mulut yang tidak higienis merupakan penyebab umum bau mulut. Memelihara kebersihan mulut dapat dilakukan dengan cara:

  • Menyikat gigi secara rutin, minimal 2 kali sehari
  • Menggunakan cairan kumur pembersih mulut, untuk membantu melawan dan mencegah pertumbuhan bakteri
  • Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Lebih jauh lagi, silahkan baca: cara mencegah bau mulut.

Terkadang tidak mudah untuk mengetahui bahwa anda memiliki bau mulut. Biasanya orang lainlah yang akan menyadarinya dan mereka tidak enak untuk memberitahukan kepada anda.

Cara yang sederhana untuk mengetahui apakah anda mengalami bau mulut adalah dengan menjilat pergelangan bagian dalam, kemudian tunggulah beberapa saat hingga air liur mengering. Jika anda mencium bau tidak sedap di pergelangan tangan anda maka kemungkinan napas atau mulut anda juga berbau tidak sedap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here