6 Tips Efektif Meringankan Gejala PMS

Cara cerdas untuk para wanita berdamai dengan PMS...

Sindrom pra menstruasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan PMS (pre menstrual syndrome) merupakan momok yang menakutkan bagi wanita. Hal ini terjadi karena PMS bisa mempengaruhi emosi wanita sampai memicu rasa sakit di beberapa bagian tubuh, seperti payudara dan perut bagian bawah. Nah jika sudah demikian tentunya kenyamanan dalam beraktifitas bisa terganggu.

Agar PMS tak lagi mengganggu aktifitas harian Anda, yuk coba berdamai dengan PMS melalui beberapa tips berikut:

#1 Tetap aktif bergerak

Saat gejala PMS atau sindrom pra menstruasi mulai Anda rasakan, cobalah untuk menjaga tubuh tetap aktif kendati Anda tengah malas bergerak. Lakukan senam ringan, atau Anda juga bisa memilih senam aerobik guna menjaga tubuh tetap aktif. Gerakan senam aerobik yang Anda lakukan nantinya akan membantu meningkatkan produksi senyawa endorfin di dalam tubuh. Senyawa inilah yang bisa mempengaruhi mood seseorang. Semakin banyak jumlahnya, maka akan semakin baik mood yang tercipta.

#2 Usahakan tetap rileks

Tetaplah rileks kendati gejala PMS tengah Anda rasakan. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menangkan tubuh dan pikiran, mulai dari mendengarkan musik hingga melakukan teknik pernapasan.

Salah satunya adalah dengan melakukan beberapa gerakan yoga. Selain bisa membantu Anda tetap rileks, gerakan yoga juga bisa membantu meminimalkan rasa nyeri akibat PMS.

#3 Atur kembali diet/pola makan Anda

Diet yang salah bisa jadi justru memperburuk PMS. Nah agar hal tersebut tidak terjadi, cobalah atur kembali diet Anda. Caranya dengan mengurangi asupan karbohidrat sederhana seperti nasi dan mie. Gantilah dengan jenis karbohidrat kompleks yang kaya serat seperti gandum.

Perbanyak juga konsumsi makanan sumber vitamin B6 seperti pisang, oatmeal dan dada ayam. Asupan vitamin B6 dalam jumlah yang cukup diyakini mampu meminimalisir gejala PMS yang timbul.

Selain makanan sumber vitamin B6, pertimbangkan juga konsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau indeks glikemiknya rendah, sehingga bisa membantu menjaga kadar gula darah di level stabil. Efeknya mood juga jadi stabil.

Makanan lainnya yang juga layak Anda masukkan dalam diet Anda adalah kerang, daging sapi, dan daging ayam yang kaya akan zat besi. Asupan zat besi dalam jumlah yang cukup beberapa hari menjelang menstruasi terbukti mampu mengurangi nyeri haid.

#4 Istirahat yang cukup

Saat sedang haid, cobalah luangkan waktu untuk beristirahat. Selain berfungsi menjaga tubuh tetap fit, istirahat cukup bisa membantu Anda mengurangi nyeri haid yang timbul. Istirahat cukup juga berfungsi menjaga mood tetap stabil selama menstruasi.

#5 Batasi asupan kafein

Anda suka minum kopi atau makan coklat saat menstruasi? Jika ya, maka kali ini mulailah untuk membatasi konsumsi keduanya. Kopi dan coklat kaya akan kafein. Konsumsi keduanya hanya akan memperburuk gejala PMS.

#6 Batasi konsumsi makanan ringan

Beberapa dari Anda mungkin akan merasa cepat lapar saat menstruasi, sehingga Anda jadi tergoda untuk ngemil. Hal ini memang wajar terjadi akibat peran hormon selama menstruasi. Namun ketahuilah bahwa dampaknya tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika yang dikonsumsi adalah makanan yang tidak sehat. Gula darah jadi tidak stabil sehingga memicu perubahan mood yang cukup drastis.

PMS memang tidak bisa dihindari. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mengatasi gejala yang timbul. Beberapa tips di atas diharapkan bisa memberikan solusi bagi Anda ketika tanda tanda PMS muncul. Dengan begitu, Anda bisa tetap merasa nyaman beraktifitas tanpa harus merasa terganggu akibat nyeri haid atau perubahan mood yang tiba tiba.

Semoga membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here