Biang Keringat – Cara Mencegah dan Mengobati Biang Keringat

Apakah anda pernah mengalami gatal-gatal dengan ciri-ciri berupa bintik atau ruam merah pada dada, leher dan bagian dalam siku? Kondisi tersebut lebih sering kita kenal dengan istilah biang keringat. Kondisi ini tidaklah berbahaya, namun mengganggu karena rasanya sangat gatal.

Apa itu biang keringat?

Biang keringat (miliria rubra) merupakan ruam atau bintik-bintik kemerahan yang sangat gatal dan perih (kemungkinan akibat digaruk dan lecet), dan biasanya terpusat pada beberapa bagian di tubuh.

mengobati biang keringat
Cuaca panas dan lembab mendukung terbentuknya biang keringat.

Biang keringat adalah gangguan pada kulit yang disebabkan karena tersumbatnya saluran keringat (pori-pori) di kulit. Bakteri bernama staphylococcus epidermidis merupakan penyebab utama kondisi ini. Bakteri ini tidak terlalu berbahaya, namun berperan penting dalam menyumbat keringat.

Keringat yang tidak keluar dan menumpuk akhirnya menyebabkan terjadinya biang keringat. Cuaca yang panas dan lembab juga turut mendukung terbentuknya biang keringat.

Bayi dan anak-anak biasanya rentan terkena biang keringat. Anak bayi umumnya terkena biang keringat karena kelenjar keringat belum terbentuk secara sempurna, sedangkan pada anak-anak yang berusia lebih tua disebabkan oleh aktivitas bermain mereka yang tinggi dan sering berkeringat.

Daerah yang paling sering diserang oleh biang keringat adalah dada bagian atas, leher, punggung, lipatan lengan, paha, dan lipatan kaki bagian dalam. Hal tersebut tampaknya lazim, karena bagian-bagian tersebut merupakan tempat yang lembab, keringat yang terakumulasi, dan tempat favorit berkembangnya bakteri.

Cara mencegah biang keringat

Biang keringat sangatlah mudah untuk dicegah. Beberapa tindakan yang bisa anda lakukan untuk mencegah biang keringat antara lain:

  • Hindari menggunakan pakaian yang tebal dan berlapis saat cuaca panas. Alih-alih, kenakan pakaian yang longgar dan nyaman.
  • Hindari cuaca yang lembab dan panas.
  • Gunakan topi/payung saat keluar di cuaca yang panas.
  • Gunakan AC untuk mendinginkan ruangan yang panas.
  • Jangan biarkan keringat menumpuk lama di tubuh. Mandi dan bersihkan tubuh setelah aktivitas yang mengeluarkan keringat.

Cara mengobati biang keringat

Bagaimana jika anda terserang biang keringat? Tidak perlu panik, karena biang keringat mudah untuk disembuhkan. Sebagian besar kasus, biang keringat akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari, khususnya jika anda memperhatikan cara-cara mencegah biang keringat di atas.

Namun ada juga yang membutuhkan pengobatan ringan yang dilakukan sendiri di rumah, tanpa harus ke dokter. Beberapa tindakan yang bisa anda lakukan untuk mengobati biang keringat antara lain:

  • Gunakan sabun anti-bakteri atau sabun anti-septik saat mandi.
  • Anda juga bisa memberikan lotion ataupun bedak anti gatal (krim/bedak yang mengandung calamine) pada bagian tubuh yang terkena biang keringat. Mudah ditemukan di apotek.
  • Pastikan untuk menjaga kebersihan kulit anda, dengan mandi secara teratur dengan air dingin.

Selama pengobatan, usahakan untuk menghindari aktivitas yang mengeluarkan keringat selama beberapa waktu hingga biang keringat anda telah hilang.

1 KOMENTAR

  1. Dengan melimpahnya produksi minyak, membuat bau badan tidak sedap. sehingga sering kali saya mencari parfum badan yang cocok, tapi malah semakin membuat badan saya semakin bau tidak sedap. tips dari admin sangat memantu untuk mengurangi keringat dalam tubuh, akan saya coba terapkan. terima kasih,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here