Tips Merawat dan Memerahkan Bibir Hitam

Bibir merupakan salah satu bagian paling atraktif dari wajah, terutama pada wanita. Salah satu studi dari Manchester University 2010 lalu bahkan menunjukkan bahwa pria menghabiskan lebih dari lima detik untuk memandangi bibir wanita yang pertama kali ditemuinya, lebih lama dari mata dan rambut.

Sayangnya, bibir juga menjadi salah satu bagian wajah yang rentan mengalami masalah. Mulai dari bibir kering, pecah-pecah, hingga kehilangan rona alaminya dan menggelap/menghitam karena berbagai faktor.

Tak perlu terlalu khawatir, karena ada beberapa tips merawat dan memerahkan bibir hitam yang bisa Anda coba praktekkan di rumah. Namun, jangan lupa untuk menghindari bahan-bahan yang sekiranya dapat menimbulkan reaksi alergi dari bibir dan kulit Anda.

Buat scrub untuk eksfoliasi
Langkah pertama untuk mengatasi bibir hitam adalah menghilangkan lapisan kulit mati di atasnya. Buatlah scrub alami dari gula halus yang dicampur dengan madu, lidah buaya, atau minyak kelapa alami. Usap halus dengan gerakan melingkar kecil pada bibir sekitar 30 detik dan bersihkan.

Anda juga dapat melakukan eksfoliasi dengan menggunakan kain atau sikat gigi telah dibasahi. Namun, pilih kain dan sikat gigi dengan bahan yang sangat lembut agar tidak melukai bibir, seperti sikat gigi bayi. Exfoliasi membantu menstimulasi produksi kolagen baru dan mengembalikan keremajaan bibir.

Lakukan pijatan kecil
Warna alami bibir dipengaruhi oleh pembuluh darah yang mengalir di bawahnya. Cobalah lakukan pijatan kecil untuk meningkatkan aliran darah. Gosokkan es batu selama satu atau dua menit, tepuk-tepuk pelan dengan handuk bersih, dan oleskan pelembab. Cara ini juga membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada bibir.

Jaga kelembaban
Bibir tidak memiliki kelenjar minyak untuk mempertahankan kelembabannya. Ditambah lagi, lapisan kulit bibir sangat tipis dibandingkan kulit wajah sehingga rentan mengalami kekeringan. Padahal, bibir kering merupakan salah satu penyebab umum bibir menghitam.

Gunakan selalu lip balm terutama saat cuaca berangin dan udara kering. Jika Anda lebih suka menggunakan pelembab alami, cobalah gunakan madu, cocoa butter, minyak kelapa, atau minyak zaitun. Biarkan pelembab meresap ke dalam bibir sebelum menggunakan lipstik.

Jaga tubuh tetap terhidrasi
Selain dari luar, kelembaban bibir juga perlu dipertahankan dari dalam. Caranya adalah dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Minum cukup air, kurangi kopi dan garam yang dapat mempercepat pengeluaran cairan dari tubuh. Perbanyak asupan buah yang mengandung banyak cairan seperti tomat, semangka, dan mentimun.

Hentikan kebiasaan menjilat bibir
Saat bibir kering, orang cenderung menjilat dan membasahinya dengan air liur. Padahal, alih-alih memberikan kelembaban, menjilat bibir justru bisa membuatnya semakin kering. Hentikan kebiasaan Anda dan gunakan lip balm sebagai alternatif. Tahan juga keinginan untuk menjilat lip balm yang seringkali beraroma buah-buahan atau madu di bibir Anda.

merawat bibir hitam
Menggunakan lip-balm yang tepat untuk bibir. Image by: beautylish.tumblr.com

Pilih lip balm dengan sunscreen
Banyak orang mengira sunscreen atau tabir surya tidak diperlukan oleh bibir. Padahal, konsentrasi melanin yang berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari pada bibir sangat sedikit. Bibir pun termasuk salah satu titik di bagian wajah yang rentan terkena kanker kulit. Sinar matahari juga bisa menyebabkan diskolorasi akibat lentigo dan melasma. Oleh karena itu, gunakan lip balm dengan SPF 15 atau 30 untuk melindunginya.

Pilih lipstik dan lip balm berkualitas baik
Jangan sembarangan menggunakan lisptik, lip balm, produk bibir lain hanya karena tertarik dengan warna atau bentuk mereka. Pastikan lipstik tersebut berkualitas baik dan menggunakan bahan yang tidak menimbulkan alergi. Hindari kosmetik berbahan parabens dan fragnance karena dapat menimbulkan iritasi. Sebaliknya, pilih kosmetik dan produk perawatan bibir dengan vitamin yang bisa membantu mengembalikan warna alaminya.

Hapus kosmetik sebelum tidur
Meninggalkan lipstik di bibir semalaman dapat membuatnya kering dan menggelap. Pastikan untuk selalu menghapus lipstik dan lip liner sebelum tidur. Jika Anda kehabisan make up remover, Anda bisa menggunakan sedikit minyak zaitun atau minyak almond untuk membersihkannya.

Berhenti merokok
Perokok kronis umumnya memiliki bibir hitam karena pembuluh darahnya terganggu oleh nikotin. Cara paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan berhenti merokok. Hindari juga kebiasaan buruk lain seperti mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.

Jaga asupan nutrisi
Beberapa nutrisi dapat membantu meningkatkan kemampuan kulit untuk memperbaiki diri dan menjaga kelembabannya. Vitamin B berfungsi melindungi kulit dari berbagai penyakit, termasuk bibir kering dan kerusakan akibat sinar UV. Vitamin C bisa mempercepat produksi kolagen dan membantu memerahkan bibir hitam, sedangkan vitamin A dan E baik untuk menjaga kesehatan kulit secara umum. Perbanyak juga konsumsi asam lemak omega 3 yang dapat mencegah dehidrasi pada kulit.

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.