Beranda blog

5 Cara Bentengi Diri dari Serangan Penyakit Selama Musim Hujan

cara tetap sehat di musim hujan

Saat musim hujan tiba, anda dan keluarga wajib melakukan beberapa penyesuaian agar tetap sehat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Bukan tanpa alasan kenapa musim hujan kita lebih rawan terserang penyakit. Itu karena kuman dan virus lebih mudah berkembang biak di musim penghujan. Daya tahan tubuh adalah benteng pertama dan terpenting agar tubuh tidak mudah terserang penyakit, terlebih di musim hujan.

Mencegah Penyakit di Musim Hujan

Bentengi diri dan keluarga Anda agar tetap sehat di musim hujan

Beberapa penyakit seperti influenza (flu), diare, tipes, demam berdarah dan malaria adalah yang paling umum melanda di musim hujan. Untuk itu anda sekeluarga harus waspada terhadap penyebaran penyakit-penyakit tersebut.

Ada beragam cara yang bisa lakukan untuk meminimalisir resiko penyebaran berbagai penyakit di musim hujan, antara lain:

Rajin cuci tangan

Bakteri dan virus penyebab penyakit jadi lebih rentan menyerang tubuh selama musim hujan. Jika Anda tidak waspada, maka akibatnya tubuh jadi mudah terinfeksi. Kontak dengan keduanya bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Bahkan seringkali kontak dengan bakteri dan virus terjadi tanpa Anda sadari, seperti saat menyentuh permukaan handle tangga ataupun gagang pintu. Karenanya untuk mencegah virus dan bakteri menginfeksi tubuh, rajinlah mencuci tangan.

Cucilah tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Kebiasaan sehat ini sangat penting untuk dilakukan. Apalagi jika Anda termasuk kategori orang yang suka secara tidak sengaja menyentuh bagian tubuh, seperti area wajah. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika Anda menyentuh area wajah dengan tangan yang penuh bakteri atau virus. Kedua pathogen tersebut bisa lebih leluasa masuk ke dalam tubuh dan memicu penyakit.

Salah satu penyakit yang bisa diderita akibat kebiasaan menyentuh area wajah tersebut adalah flu dan pilek. Kendati tergolong penyakit ringan, flu dan pilek tetap dapat mengurangi kenyamanan Anda beraktivitas. Karenanya akan lebih baik jika penyakit yang menyerang saluran pernapasan atas tersebut dicegah.

Salah satunya dengan rajin cuci tangan dan mengurangi kebiasaan menyentuh area wajah seperti, mata, mulut dan hidung dengan tangan telanjang. Namun jika memang diperlukan, gunakan sapu tangan bersih atau tisu guna mencegah bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh.

Jauhi genangan air

Genangan air jadi lebih mudah ditemui saat musim hujan. Ia bisa jadi sumber penyakit seperti demam berdarah, diare, kolera, infeksi kulit dan influenza. Agar tubuh tetap sehat semalam musim hujan, sebisa mungkin jauhi tempat tempat sering tergenang atau berpotensi tergenang air.

Mungkin ada beberapa dari Anda yang tidak bisa menghindar dari genangan air akibat tuntutan profesi. Jika kondisinya demikian, gunakan pelindung kaki agar kaki Anda terlindungi dari genangan air tersebut.

Selain pelindung kaki, kenakan juga mantel atau jaket saat melintasi genangan air. Hal ini dilakukan agar tubuh Anda terlindungi dari genangan air tersebut, terutama saat ada kendaraan bermotor yang melintasi area.

Namun jika tubuh tetap tidak bisa terhindar dari genangan air saat musim hujan, segeralah mandi dan keringkan tubuh, khususnya sela sela jari tangan dan kaki. Jika perlu, taburkan bedak guna menjaga tubuh tetap kering dan segar.

Jangan lupa ajari anak Anda untuk melakukan hal yang sama, mengingat anak anak biasanya suka bermain di genangan air. Dengan begitu, seluruh anggota keluarga bisa tetap sehat selama musim hujan.

Selain menghindari genangan air, Anda juga perlu melakukan pengawasan pada saluran air di sekitar tempat tinggal. Pastikan saluran air lancar. Hal ini guna mencegah munculnya genangan air di sekitar tempat tinggal. Jika perlu, lakukan kegiatan bersih bersih rumah dan halaman secara berkala sehingga rumah tetap bersih dan halaman bebas genangan air.

Hindari makanan yang dijual di pinggir jalan

Selama musim hujan, makanan yang dijual di pinggir jalan jadi beresiko menjadi media penularan penyakit. Karenanya sebisa mungkin hindari membeli makanan diluar agar keluarga tetap sehat. Hal ini tidak hanya berlaku untuk makanan siap konsumsi saja, tetapi juga untuk bahan makanan.

Sayuran hijau sebaiknya dicuci sampai bersih sebelum diolah, mengingat selama musim hujan ia berpotensi jadi sumber kuman. Sama halnya dengan sayuran hijau, sayuran yang dibeli dalam keadaan sudah dipotong sebelumnya juga berpotensi terkontaminasi kuman.

Hal ini juga berlaku untuk bahan makanan lain seperti daging. Masaklah daging sampai benar benar matang sebelum dikonsumsi agar infeksi bakteri dan virus bisa diminimalkan.

Lindungi tubuh dari gigitan nyamuk

Banyaknya genangan air selama musim hujan memicu nyamuk untuk berkembang biak. Untuk mencegah gigitan nyamuk tersebut, gunakan losion anti nyamuk. Anda juga bisa menempatkan kasa nyamuk pada ventilasi agar nyamuk tidak sampai masuk ke dalam rumah.

Penggunaan kasa juga bisa diaplikasikan pada tempat tidur, terutama untuk balita dan anak anak, sehingga mereka bisa terlindungi dari gigitan nyamuk. Jika perlu, lakukan pengasapan pada ruangan yang berpotensi jadi sarang nyamuk, seperti kamar mandi dan tempat cucian.

Mencegah gigitan nyamuk juga bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan rumah dan area di sekitar tempat tinggal Anda. Pastikan tidak ada air yang tergenang di selokan. Pot tanaman juga bisa jadi tempat genangan air. Karenanya lakukan pemeriksaan secara berkala guna mencegah hal tersebut terjadi.

Selain itu, bersihkan rumah dari perabotan bekas yang tidak digunakan, karena keberadaannya juga bisa jadi sarang nyamuk.

Perbanyak minum minuman hangat

Musim hujan adalah momen yang tepat bagi Anda untuk lebih sering minum minuman hangat, seperti teh dan susu. Selain bisa menjaga tubuh tetap hangat, minuman tersebut juga bisa menjadi pelega hidung dan tenggorokan ketika terserang flu. Bahkan jika diminum teratur, minuman hangat juga bisa membantu meredakan flu dan sakit tenggorokan.

Nah, itulah tadi kelima cara menjaga tubuh tetap sehat selama musim hujan yang bisa Anda coba terapkan. Semoga bisa membantu Anda dan keluarga tetap sehat dan ceria selama musim hujan.

Nutrisi dan Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

gingseng untuk kesehatan sperma pria

Seiring dengan pertumbuhan badan dan proses penuaan, tubuh para pria akan ikut mengalami perubahan. Fungsi tubuh juga tidak selamanya dalam kondisi prima, akibat pertambahan usia terjadi pelambatan fungsi tubuh, begitu halnya pada kesehatan dan produksi sperma. Jika Anda berencana untuk memulai keluarga baru atau memertahankan keharmonisan dengan pasangan Anda, kesehatan sperma adalah satu hal yang perlu diperhatikan.

Dalam sebuah penelitian dengan subjek pria sehat umur 22 sampai dengan 80 tahun, peneliti menemukan bahwa pria berusia 44 tahun ke atas yang banyak mengonsumsi vitamin C, vitamin E, zinc (seng) dan folat memiliki 20 persen lebih sedikit kerusakan DNA pada sperma terkait struktur kimia yang memengaruhi kesuburan.

Peneliti juga menemukan bahwa suplemen dengan kandungan seng dan asam folat dapat meningkatkan jumlah sperma baik pada pria subur maupun subfertil (kondisi penurunan kesuburan).

Penjelasan singkat mengenai zat yang dibutuhkan dalam kesehatan sperma sebagai berikut:

  1. Zinc membantu meningkatkan kualitas DNA sperma pada pria usia lanjut serta meningkatkan testoteron dan membantu terjadinya ereksi.
  2. Kekurangan folat dan asam folat (senyawa bentukan dari folat) dapat menyebabkan peningkatan sperma dengan kromosom yang abnormal.
  3. Vitamin C membantu melawan hormon stress yang memicu kegemukan, menghindari kerusakan pada DNA sperma, dan juga meningkatkan jumlah sperma.
  4. Vitamin E berfungsi untuk menjaga kualitas sperma serta meningkatkan testoteron dan libido, yang bertugas untuk meningkatkan gairah.

Untuk membantu meningkatkan kualitas dan jumlah sperma ternyata tidak sulit. Cukup konsumsi beberapa makanan yang memiliki kandungan zat dan nutrisi tersebut di atas.

Berikut ini adalah makanan yang sering kita jumpai sehari-hari dan ternyata dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.

Dark Chocolate

Coklat yang berwarna lebih gelap ini memiliki kandungan mineral dan nutrisi penting yang salah satu diantaranya adalah L-Arginine. Mineral ini merupakan sejenis asam folat yang membantu meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

Konsumsilah dark chocolate dalam jumlah sedikit yakni dua potong kecil per hari. Jangan konsumsi berlebihan karena dapat menyebabkan kegemukan dan menurunkan tingkat testoteron.

Selain itu dark chocolate kaya akan antioksidan penangkal polusi dan racun yang berakibat buruk pada kesuburan.

Bayam

Tingkatkan konsumsi bayam sebagai sayuran sehari-hari Anda. Sayuran yang digemari Popeye ini merupakan sumber asam folat tinggi dan kaya akan magnesium yang baik bagi tubuh.

Kurangnya asam folat dapat menyebabkan kerusakan sperma. Bentuk dan ukuran sperma dapat mengalami kecacatan, akibatnya sperma tidak memiliki kemampuan untuk membuahi sel telur atau anak dapat lahir dengan resiko cacat lahir.

Konsumsi bayam dapat mengurangi resiko cacat lahir secara signifikan. Sperma akan kembali pada bentuk dan ukuran normal serta memiliki kromosom yang layak sehingga dapat dengan mudah membuahi sel telur.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh, juga membantu mengatasi berbagai masalah tubuh dan mengembalikan fungsinya. Selain mengatasi masalah pada jantung dan melindungi tubuh dari bakteri penyebab infeksi, bawang putih dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Bawang putih mengandung allicin yang melancarkan aliran darah pada organ vital dan melindungi sperma dari kerusakan. Bawang putih juga mengandung selenium, sejenis antioksidan yang meningkatkan kemampuan gerak sperma. Konsumsi satu atau dua siung bawang putih setiap hari, dapat juga dicampur untuk menumis sayuran.

Wortel

Yang selama ini kita kenal adalah khasiat wortel untuk menjaga kesehatan mata. Ternyata wortel juga berkhasiat untuk mengatasi masalah tubuh yang lain. Wortel sangat kaya akan vitamin C yang berperan sebagai pemicu produksi kolagen. Kolagen berperan penting dalam elastisitas kulit.

Selain itu, kandungan vitamin A pada wortel juga berfungsi dalam menghilangkan radikal bebas, mencegah bintik-bintik, menjaga warna kulit, dan menstimulasi fibroblast, yakni sel yang berguna pada pembentukan jaringan agar kulit kencang dan sehat. Hal ini dapat membantu sperma untuk bergerak lebih baik dengan jumlah yang lebih banyak.

Tiram

Tiram adalah salah satu sumber zinc atau seng terbaik bagi pria, yang berguna untuk meningkatkan produksi sperma. Tiram dikenal sebagai makanan yang menambah gairah seksual, atau disebut aphrodisiac.

Mengonsumsi dua tiram mentah atau sekitar 50 gram sudah dapat mencukupi kebutuhan seng dalam sehari. Jika Anda merasa tiram terlalu susah dan mahal untuk didapatkan, Anda dapat menggantinya dengan daging kalkun, biji labu, lobster, atau kerang-kerangan.

Pisang

Buah yang sangat sering kita jumpai ini memiliki kandungan bromelain yang tinggi. Bromelain merupakan senyawa enzim yang meningkatkan libido pada pria dan memperbaiki kesehatan sperma.

Pisang juga dapat meningkatkan stamina dan memberi energi ekstra, serta dapat menambah jumlah dan kualitas sperma pada pria. Ini karena pisang mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin B1 yang membantu peningkatan produksi sperma.

Gingseng

Gingseng sudah dikenal turun temurun sebagai makanan penambah gairah seksual dan perananannya sebagai obat ketidaksuburan sudah dipercaya selama ratusan tahun. Akar gingseng meningkatkan testoteron dan memperlancar aliran darah ke organ vital.

Beberapa memercayai bahwa gingseng dapat mengatasi disfungsi ereksi. Akar gingseng dapat diproduksi dalam berbagai bentuk, dicampur bersama masakan, suplemen, dan juga dapat diminum bersama teh hangat.

Telur

Satu lagi makanan yang tidak sulit untuk dikonsumsi sehari-hari. Telur biasanya menjadi makanan kita pada saaat sarapan. Namun siapa sangka ternyata telur juga memiliki khasiat untuk membantu meningkatkan kesehatan sperma.

Telur memiliki kandungan protein dan vitamin E tinggi yang membantu produksi sperma dan meningkatkan kesehatan sperma secara keseluruhan. Telur juga membantu melawan bakteri yang dapat merusak sperma dan sekaligus melindungi sperma dari bakteri.

Nah, Itu dia beberapa jenis makanan yang dapat anda konsumsi demi kesehatan sperma anda. Jangan lupa untuk imbangi dengan pola hidup sehat melalui olahraga dan istirahat yang cukup.

Jaga Kesehatan Jangan Tunggu Sampai Tua

jaga kesehatan

Kita cenderung tidak terlalu memikirkan tentang kesehatan terutama tentang bagaimana cara menghadapi kondisi penuaan dengan sehat. Seiring dengan bertambahnya usia, sering kali banyak orang menyesali dan berharap mereka dapat lebih memperhatikan kesehatannya semasa muda.

Meski tak banyak memikirkan tentang kesehatan, semasa muda setidaknya kita harus secara bijaksana memperhatikan kebiasaan makan dan olahraga sebagai modal menghadapi kondisi penuaan dengan sehat.

Semakin lama kita melatih kebiasaan makan dengan sehat dan berolahraga dengan teratur, semakin besar kemungkinan kita akan mengalami fase penuaan dengan sehat. Makanan  adalah salah satu kebiasaan yang dapat kita latih secara rutin setiap hari.

Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan

makan buah sehat

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Setiap jenis makanan akan menyediakan kesempatan untuk memperkuat kebiasaan sehat sejak dini. Salah satunya dengan belajar menentukan porsi dan memilih jenis makanan bernutrisi padat. Setiap kali membuat pilihan makanan yang tepat, berarti telah lebih tegas pada diri sendiri guna membangun kebiasaan makan yang baik dan akan berguna seumur hidupmu.

Banyak pasien berusia lanjut selalu memiliki kebiasaan makan yang buruk dan secara mendadak memutuskan untuk mengubah pola hidup ke arah lebih sehat. Hal tersebut dipicu pertambahan usia atau bahkan kondisi kesehatan. Mereka juga mengatakan bahwa cukup sulit mengubah kebiasaan pola makan yang sudah dilakukan berpuluh tahun sebelumnya.

Dengan  mengambil langkah seperti perubahan gaya hidup lebih sehat akan membantu mereka dalam menghadapi masa penuaan yang sehat. Dengan sadar dan telah mengambil langkah positif dalam menghadapi penuaan.

Tidak pernah ada kata terlambat atau terlalu dini untuk memperhatikan kesehatan dengan menjaga pola makan dan memulai olahraga secara teratur guna mendapatkan fase menua dengan sehat. Tapi jika masih merasa muda, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini agar tetap sehat dan bugar di masa tua:

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang yang sehat dan kuat dibangun selama masa remaja karena kemampuan tubuh untuk menyimpan kalsium di tulang optimal pada sekitar usia 30. Setiap seseorang dapat memaksimalkan kepadatan tulang. Beberapa hal dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kalsium dalam makanan dan secara teratur berlatih beban.

Keduanya penting untuk membangun massa tulang, serta dapat dilakukan secara optimal ketika usia muda. Namun tidak berarti tidak dapat dilakukan oleh orang yang telah masuk usia lanjut. Aktivitas mengangkat beban dapat membantu menjaga tulang tetap kuat. Pastikan tubuh mengkonsumsi kalsium yang cukup setiap hari.

3. Menjaga Massa Otot dan Berat Badan

Membangun massa otot dapat dilakukan pada usia berapa pun. Ketika akan memulai kebiasaan yang baik di usia muda, termasuk mengonsumsi protein yang cukup dan terlibat dalam latihan ketahanan tubuh, akan cenderung melanjutkan kebiasaan tersebut sepanjang hidup.

Sebagian besar massa tubuh tanpa lemak menentukan tingkat metabolisme pada saat istirahat. Membangun massa otot adalah salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk melawan peningkatan obesitas, akibat peningkatan lemak dan berat badan seiring bertambahnya usia.

4. Menjaga Kesehatan Kulit Dengan Benar

Tak perlu cari krim pemutih wajah instan, coba sedikit bersabar dengan bahan alami seperti yogurt dan madu. Kulit wajah cerah alami dengan mengkonsumsi makanan sehat alami seperti yogurt dan madu.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh dan cara merawat kulit di masa muda, dapat berpengaruh terhadap penampilan kulit saat bertambah tua. Kondisi kulit bergantung pada protein untuk memproduksi dan mendukung strukturnya, serta kebutuhan cairan untuk membantu mencegah kekeringan.

Membiasakan diri membersihkan dan melembapkan kulit secara teratur menggunakan tabir surya ketika masih muda dapat membantu mempertahankan kulit yang sehat saat usia bertambah. Efek Kerusakan kulit yang terjadi saat muda mungkin baru akan muncul saat usia lanjut. Jadi pertahanan terbaikmu adalah membiasakan merawat kulit dengan baik mulai dari sekarang.

Selain beragam hal yang sudah dijelaskan di atas, hal dasar yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga pola hidup yang baik. Oleh karena itu kita pun dituntut untuk juga menerapkan hidup sehat secara keseluruhan. Dengan tidak merokok dan hindari mengonsumsi minuman beralkohol, dengan begitu kesehatan tubuh terjaga sampai usia senja.

Sama seperti kesehatan, memiliki asuransi juga tidak perlu menunggu tua. Justru dengan berasuransi sejak dini, akan lebih banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Salah satu manfaat memiliki asuransi sejak muda adalah besarnya premi asuransi yang lebih murah dibandingkan jika sudah tua kelak. Dengan risiko kesehatan yang bisa dibilang lebih sedikit, tentu saja masuk akal kenapa premi bagi pemilik asuransi berusia muda lebih murah daripada yang sudah berumur.

13 Tips Sederhana Mengurangi Stres

meredakan stres

Semua orang pasti pernah menghadapi situasi dimana dirinya merasa sangat stres dan tertekan karena dihadapkan dengan satu atau banyak masalah. Stres itu normal dan manusiawi. Namun kondisi tersebut dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan jiwa apabila tidak ditangani dengan baik.

Untuk menghadapi kondisi stres dan tertekan tersebut yang perlu Anda lakukan adalah belajar untuk mengelola stress itu sendiri dengan lebih baik supaya tidak mempengaruhi kehidupan normal Anda.

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi tingkat stress yang sedang Anda alami, dan berikut ini beberapa tips ringan untuk mengurangi stres yang bisa Anda coba:

1. Minum segelas jus jeruk

Selain dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C, ternyata buah jeruk diketahui dapat menurunkan hormon penyebab stres yang disebut kortisol.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman. Dalam penelitian tersebut 120 orang peserta diberi tugas untuk berbicara di depan umum dan menyelesaikan soal matematika. Sebagian peserta yang telah diminta untuk mengkonsumsi suplemen vitamin C sebelum tes menunjukan tingkat kortisol dan tekanan darah yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi suplemen vitamin C.

Hal ini menunjukan bahwa vitamin C memang dapat menurunkan tingkat stres seseorang dan buah jeruk atau jus jeruk yang notabene kaya akan vitamin C merupakan pilihan yang tepat untuk membantu menurunkan stres yang sedang Anda alami.

2. Bernapas dalam-dalam

Saat Anda sedang benar-benar stres dan tertekan, cobalah untuk mengambil waktu Anda sekitar 5 menit untuk beristirahat dan fokus dengan pernapasan Anda.

Duduk dengan tegak, tutup mata dan letakkan kedua telapak tangan menghadap ke bagian perut. Tarik napas perlahan-lahan lewat hidung, rasakan udara yang mulai masuk ke dalam perut. Kemudian keluarkan napas perlahan-lahan melalui mulut. Ulangi cara tersebut hingga Anda merasa tenang.

Bernapas dalam-dalam dapat melawan stress dengan cara menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

Baca juga: Relaksasi untuk meredakan stres

3. Meditasi

Cobalah untuk melakukan meditasi selama beberapa menit per hari untuk membantu meringankan rasa khawatir dan cemas di kepala Anda. Penelitian telah menunjukan bahwa meditasi dapat mengubah jalur saraf otak yang membuat Anda lebih tahan terhadap stres.

Caranya cukup mudah: duduklah dengan kedua kaki bersila diatas lantai. Tutuplah mata kemudian fokuskan perhatian Anda dengan melafalkan kata-kata positif seperti “saya mencintai diri saya sendiri” atau “saya merasa damai”. Letakkan tangan di perut Anda untuk menyesuaikan dengan napas Anda. Biarkan pikiran yang mengganggu melayang seperti awan.

4. Mendengarkan musik

Saat Anda sedang merasa sangat terbebani dengan situasi yang penuh dengan tekanan maka cobalah untuk beristirahat dan mendengarkan musik santai. Mendengarkan musik-musik yang menenangkan memberikan efek positif pada otak dan tubuh.

Selain itu, dapat menurunkan tekanan darah dan juga mengurangi kortisol yang berkaitan dengan hormon stres. Anda bisa mencoba mendengarkan musik klasik atau rekaman yang berisi suara alam atau suara laut. Cara ini dapat memberikan efek relaksasi terhadap tubuh dan pikiran Anda.

5. Tertawalah

Tertawa merupakan salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan hormon endorphin yang dapat meningkatkan mood dan menurunkan kadar hormon pendukung stres seperti kortisol dan adrenalin.

Tertawa merupakan trik tercepat untuk membuat Anda merasa bahagia. Anda bisa mencoba menyaksikan acara-acara televisi yang berisi sitcom atau film-film bergenre komedi untuk melupakan sejenak tekanan-tekanan yang sedang Anda hadapi.

6. Teriak

Percaya atau tidak, mengumpat dengan nyaring merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan stres yang Anda alami. Tindakan sederhana yang dapat melatih pita suara ini juga terbukti dapat mengurangi stres.

Berteriaklah, keluarkan semua sampai Anda benar-benar merasa lega dan lupa dengan masalah-masalah yang sedang Anda hadapi.

Tapi, pastikan untuk melakukannya ditempat-tempat yang jauh dari keramaian agar tidak mengganggu orang lain. Apabila Anda tidak terbiasa dengan umpatan Anda bisa mencoba untuk berteriak, ataupun berbicara dan bernyanyi secara keras.

7. Meniup sebuah balon

Meniup sebuah balon merupakan salah satu cara yang bagus untuk menurunkan stres yang sedang Anda alami.

Saat meniup balon, Anda melakukan aktivitas menghirup dan menghembuskan napas secara perlahan dimana hal tersebut secara tidak langsung membuat Anda menggunakan otot diafragma yang juga melibatkan sistem saraf parasimpatis secara alami yang dapat menekan perasaan stres dan kecemasan yang sedang Anda hadapi.

8. Mewarnai

Jangan kira kegiatan mewarnai hanya dilakukan untuk anak-anak saja. Saat ini kegiatan mewarnai dengan buku gambar dewasa ini merupakan salah satu trik terbaru yang sedang populer di kalangan orang dewasa karena dapat membantu mengurangi level stres dan tekanan sehari-hari.

Saat Anda sedang fokus memberikan warna ditiap sudut-sudut gambar yang sudah disediakan, tanpa sadar Anda akan melupakan sejenak masalah yang sedang Anda hadapi.

9. Pijat telinga Anda

Telinga mengandung titik tekanan yang bisa membantu mengatur emosi saat dirangsang dengan benar. Saat Anda sedang merasa stres atau cemas, cobalah usap-usap bagian dalam telinga secara perlahan selama 3 sampai 5 menit kemudian dilanjutkan ke bagian tulang rawan luar telinga.

Ulangi cara yang sama terhada telinga yang satu lagi. Lakukan hingga Anda mulai merasa rileks dan nyaman.

10. Minum teh hijau

Jika Anda terbiasa mengkonsumsi kopi saat sedang merasa stres maka Anda harus meninggalkan kebiasaan tersebut dan menggantinya dengan teh hijau.

Kopi mengandung kafein dalam jumlah yang cukup tinggi, sementara dosis besar kafein dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah jangka pendek. Hal ini juga dapat menyebabkan sumbu hipotalamus hipofisis-adrenal mengalami tekanan.

Dibandingkan minum kopi atau minuman berenergi lainnya, lebih baik menggantinya dengan teh hijau yang memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dan mengandung antioksidan, theanine dan asam amino yang memiliki efek menenangkan sistem saraf.

11. Olahraga

Lakukan olahraga ringan meskipun hanya beberapa menit. Olahraga tidak harus selalu melakukan aktivitas fisik berat yang membutuhkan banyak tenaga seperti mengangkat beban di gym atau lari marathon.

Cukup dengan berjalan kaki atau melakukan pemanasan ringan di sekitar tempat kerja juga dapat menurunkan stres yang sedang Anda alami. Membuat darah Anda bergerak dapat mengeluarkan hormon endorphin yang dapat meningkatkan mood Anda secara cepat.

12. Tidur dngan baik

Kita tahu bahwa stres dapat membuat seseorang menjadi sulit tidur. Sayangnya, kurang tidur justru menjadi salah satu penyebab stres itu sendiri. Siklus ini dapat menyebabkan otak dan tubuh menjadi rusak dan semakin memburuk seiring berjalannya waktu.

Redupkan lampu, matikan TV, minum susu hangat dan jauhkan tubuh dari alat-alat elektronik seperti smartphone, tab dan komputer. Kualitas tidur yang baik dapat membantu Anda meredakan tingkat stres.

Baca juga: Tips meningkatkan kualitas tidur

13. Selalu bersyukur

Membiasakan diri untuk selalu bersyukur atas segala hal yang terjadi dalam hidup dapat menjadi obat mujarab untuk menghilangkan pikiran-pikiran dan kekhawatiran yang membuat Anda merasa tertekan.

Cobalah untuk bersyukur saat melihat senyuman keluarga di rumah, saat merasakan cahaya matahari pagi dan saat dikaruniai kesehatan yang baik. Jangan lupa untuk mengapresiasi diri sendiri saat berhasil meraih suatu hal.

Saat kamu mulai merasa stres, habiskan beberapa menit untuk melihat keadaan disekitar Anda kemudian kembalilah untuk bersyukur dan yakinkan diri Anda bahwa masalah Anda masih belum ada apa-apanya dibandingkan beban orang-orang diluar sana.

Semoga cara tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda dan meringankan beban Anda.

Migrain (Sakit Kepala Sebelah)

sakit kepala sebelah - migrain

Migrain (migraine headaches) adalah serangan sakit kepala parah, yang sering disertai dengan mual, muntah dan juga menjadi sangat sensitif/peka terhadap cahaya dan suara. Pada banyak orang, serangan migrain dirasakan hanya pada setengah bagian kepala, sehingga migrain sering juga disebut dengan istilah sakit kepala sebelah.

Migrain merupakan sakit kepala kambuhan/berulang. Rasa sakitnya bisa diperburuk oleh aktivitas fisik dan lingkungan di sekelilingnya, seperti suara dan cahaya.

Pada beberapa kasus, penderita migrain akan mendapatkan semacam peringatan/pertanda, disebut aura, sebelum serangan sakit kepala/migrain yang sesungguhnya datang.

Aura tersebut bisa berupa satu atau lebih pertanda seperti gangguan penglihatan, sistem sensorik dan motorik, keseimbangan, dan lainnya.

Berdasarkan penelitian, terdapat beberapa fakta mengenai migrain, yaitu:

  • Wanita lebih banyak menderita migrain dibandingkan pria.
  • Migrain muncul antara satu hingga empat kali dalam sebulan.
  • Setiap serangan migrain bisa berlangsung dari 2 – 72 jam.

Gejala dan Pertanda Migrain

Migrain terkenal dengan gejalanya, yang biasanya berupa sakit kepala parah dan kadang tidak tertahankan. Sakitnya sering terasa parah di satu sisi kepala saja. Sakit kepala yang muncul bisa diserta dengan kesemutan, cahaya silau pada mata, atau suara-suara aneh.

Terdapat beragam gejala migrain, dan bisa berbeda-beda untuk setiap orangnya. Beberapa gejala migrain yang umum antara lain:

  • sakit kepala parah, berdenyut, dan sering terjadi hanya di sebelah bagian kepala
  • mual dan muntah
  • sakitnya bisa meningkat jika melakukan aktivitas fisik atau saat tegang
  • gangguan penglihatan sementara
  • sangat sensitif terhadap cahaya dan suara, dan dapat memperparah rasa sakit kepala
  • kelelahan
  • sebagian kecil orang mendapatkan ‘aura’ atau ‘peringaran’ sebelum serangan sakit kepala datang
  • dan lain sebagainya

Berdasarkan waktu terjadinya, gejala migrain bisa dibagi menjadi 4 fase, yaitu:

Prodrome

Satu atau dua hari sebelum serangan migrain, anda mungkin akan merasakan:

  • Konstipasi
  • Perubahaan mood, dari depresi menjadi euphoria, atau sebaliknya
  • Leher tegang
  • Sering menguap
  • Ngidam makanan tertentu
  • Lebih sering haus dan frekuensi kencing meningkat

Aura

Fase ini terjadi sesaat sebelum atau ketika serangan migrain terjadi. Gejalanya mulai dari ringan dan meningkat perlahan. Fase ini bisa terjadi selama 20 – 60 menit. Anda mungkin akan merasakan:

  • Gangguan penglihatan, seperti silau, melihat titik yang sangat terang, visual garis zig-zag, atau garis melengkung. Gejala ini sering muncul beberapa saat sebelum sakit kepala terjadi.
  • Kehilangan penglihatan
  • Sensasi tusukan tajam di tangan atau kaki
  • Merasa lemah dan kesemutan di satu sisi badan
  • Kesulitan berbicara
  • Gerakan tubuh yang sulit dikontrol

Serangan sakit kepala

Ini adalah fase inti, yaitu saat serangan sakit kepala migrain terjadi. Bisa berlangsung antara 2 hingga 72 jam jika tidak ditangani. Gejalanya sering berupa:

  • Sakit kepala yang mennusuk dan berdenyut.
  • Terjadi hanya pada sebelah sisi kepala, atauapun keduanya.
  • Sangat sensitif terhadap cahaya, sehingga anda memilih berada di ruangan yang gelap agar rasa sakitnya tidak meningkat.
  • Sensitif terhadap suara dan sentuhan. Suara dan sentuhan bisa meningkatkan rasa sakit kepala.
  • Merasa sangat mual hingga muntah.
  • Lemah dan kepala terasa ringan.
  • Pandangan menjadi sangat kabur.

Post-drome

Ini adalah fase terakhir, dan bisa berlangsung hingga 24 jam setelah serangan sakit kepala terjadi. Gejala yang mungkin dirasakan antara lain:

  • Merasa lelah, kepayahan dan terkuras
  • Pusing
  • Perasa lega hingga gembira, karena serangan sakit kepala yang berhenti
  • Masih agak sensitif terhadap cahaya dan suara
  • Gerakan kepala yang tiba-tiba bisa menyebabkan serangan sakit kepala singkat

Penyebab Migrain

Hingga saat ini, penyebab utama migrain masih belum diketahui dengan pasti. Para peneliti beranggapan bahwa migrain disebabkan oleh reaksi abnormal pada sel-sel saraf tertentu terhadap hal-hal/substansi yang menjadi pemicu migrain.

Gangguan tersebut lebih sering bersifat genetik atau bawaan dari lahir. Seseorang dengan migrain akan mewariskan risiko migrain pada keturunannya. Seseorang yang memiliki migrain dapat menurunkan kecenderungan otak untuk bereaksi abnormal terhadap pemicu-pemicu migrain seperti kelelahan, cahaya yang sangat terang, stres, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, banyak ahli menyimpulkan bahwa migrain disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu genetik dan lingkungan.

Penyebab migrain masih belum sepenuhnya dipahami. Dalam waktu yang lama, para ahli meyakini bahwa migrain disebabkan oleh masalah jaringan pembuluh darah ke kepala dan otak. Akan tetapi saat ini, berdasarkan penelitian panjang, para ahli menyebutkan bahwa migrain disebabkan oleh aktivitas abnormal genetik/bawaan pada sel-sel saraf tertentu di otak.

Terdapat semacam ‘pusat pengendali’ migrain di otak. Migrain dimulai saat sistem saraf tertentu secara hiperaktif memompa pembuluh darah dan menyebabkan mereka menyempit atau menegang, diikuti dengan reaksi abnormal lain pada sistem saraf di area tersebut yang menyebabkan denyutan terasa sangat sakit.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa migrain disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Faktor genetik merupakan faktor utama sedangkan faktor lingkungan lebih diartikan sebagai hal-hal yang dapat memicu datangnya gejala atau serangan sakit kepala migrain.

Faktor Pemicu Migrain

Umumnya migrain dapat dipicu oleh faktor-faktor eksternal dari lingkungan sekitar. Hal-hal yang sering menjadi pemicu migrain antara lain:

  • Stres dan depresi. Ini adalah pemicu migrain yang paling umum. Sakit kepala yang parah akibat migrain sangat mudah datang pada saat-saat stres. Pada kondisi stres, sel-sel tertentu di otak akan bereaksi secara hiperaktif untuk melawan kondisi tersebut dan mempengaruhi sistem pembuluh darah di otak yang dapat menyebabkan migrain.
    Bawaan lain akibat stres dan depresi seperti rasa was-was, khawatir, kelelahan emosional, dan lain-lain juga dapat memicu migrain atau dapat memperparah rasa sakit berdenyut saat serangan migrain terjadi.
  • Makanan atau zat kimia tertentu. Beberapa jenis makanan dan kandungan yang terdapat pada makanan dapat memicu migrain, seperti alkohol, coklat, keju tua, daging olahan, dan kandungan monosodium glutamate (MSG).
  • Kafein. Mengkonsumsi kafein secara berlebihan kemudian berhenti dapat memicu migrain. Migrain tersebut muncul saat level kafein secara tiba-tiba menurun. Itulah mengapa kafein sering digunakan untuk membantu mengatasi serangan migrain yang parah.
  • Perubahan hormonal pada wanita, baik itu karena menstruasi, kehamilan, konsumsi pil KB, dan lain sebagainya.
  • Kelelahan fisik
  • Cahaya terang. Misalnya cahaya matahari langsung tanpa kacamata, atau juga cahaya terang yang berasal dari layar televisi.
  • Suara nyaring. Misalnya suara yang berasal dari pekerjaan konstruksi atau konser.
  • Perubahan atau gangguan pola tidur
  • Melewatkan/terlambat makan
  • Merokok atau paparan asap rokok

Menangani Migrain

Saat serangan migrain terjadi, penderitanya akan menjadi sangat sensitif dengan cahaya dan suara, dan kedua hal tersebut dapat memperburuk sakit kepala yang dialami.

Dua komponen utama dalam menangani migrain adalah:

  1. mengobati/mengurangi sakit saat serangan migrain terjadi, dan
  2. mencegah agar serangan migrain berkurang atau tidak muncul kembali.

Mengobati Migrain

Saat serangan sakit kepala migrain terjadi, hal terpenting adalah menghentikan atau mengurangi sakit dan gejala yang berlangsung.

Obat-obatan

Terdapat tiga macam obat-obatan yang biasa digunakan untuk penderita migrain saat sakit kepala berlangsung:

Analgesik
Untuk sakit kepala yang ringan hingga menengah, direkomendasikan untuk menggunakan obat analgesik dan non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs). Obat-obatan analgesik mampu menghentikan migrain ringan pada sebagian besar orang. Misalnya saja Aspirin, Paracetamol, atau obat pereda sakit lainnya.

Triptan
Obat-obatan ini mampu mengatasi sakit kepala plus mual. Pada banyak kasus, migrain sering diikuti dengan gejala-gejala lainnya seperti mual atau muntah. Triptan direkomendasikan pada migrain yang intensitas sakitnya menengah hingga parah, atau jika obat-obatan analgesik biasa tidak mempan.

Ergotamine
Ergotamine direkomendasikan untuk serangan migrain yang parah. Obat-obatan ini dianggap sangat efektif untuk mengehentikan sakit kepala migrain yang parah dengan cepat.

Berikan kompres, baik panas atau dingin, pada dahi atau leher penderita migrain saat serangan sakit kepala terjadi. Hal ini akan mengurangi rasa sakit kepala.

Tempat gelap dan tenang

Saat migrain berlangsung, cobalah duduk atau berbaring di tempat yang gelap dan tenang. Penderita migrain akan sangat sensitif terhadap cahaya dan suara, di mana kedua hal tersebut dapat memperparah rasa sakit kepala yang terjadi. Dengan berada pada tempat gelap dan tenang diharapkan sakit kepala bisa cukup tertahankan.

Mencegah migrain

Tindakan pencegahan migrain meliputi tiga hal: menghindari pemicu migrain, merubah pola hidup, dan mengkonsumsi obat-obatan pencegah migrain.

Menghindari pemicu migrain

Cara terbaik untuk mencegah migrain adalah dengan mengenal pemicu khusus migrain tersebut dan kemudian menghindarinya. Sebaiknya kenali hal-hal khusus yang memicu migrain Anda.

Beberapa faktor pemicu migrain yang umum antara lain:

  • stres dan depresi
  • makanan atau zat kimia tertentu pada makanan
  • perubahan hormonal pada wanita
  • kelelahan fisik dan aktivitas yang berat
  • cahaya yang terang
  • suara yang nyaring
  • telat atau melewatkan jam makan
  • gangguan pola tidur atau kurang tidur
  • paparan asap rokok

Mencegah migrain dengan pola hidup sehat

Kebiasaan dan pola hidup sangat berpengaruh dalam pencegahan migrain. Terlebih lagi jika anda merasa bahwa migrain muncul akibat kebiasaan anda sehari-hari.

Berikut ini adalah pola hidup yang harus diperhatikan:

Tidur
Pengaturan pola tidur yang konsisten sangat membantu mencegah migrain. Biasakan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Pola tidur yang tidak teratur bisa menyebabkan sakit kepala.

Baca: Tips meningkatkan kualitas tidur

Pola Makan
Melewatkan waktu makan, atau level gula darah yang rendah bisa menyebabkan migrain. Termasuk di dalamnya minum air yang cukup setiap harinya.

Olahraga
Sediakan waktu untuk berolahraga secara teratur. Namun hindari olahraga yang terlalu berat karena bisa jadi kelelahan merupakan pemicu migrain anda. Walaupun begitu, olahraga yang teratur bisa membantu mencegah migrain, termasuk menghindari stres, yang mana juga dapat memicu sakit kepala muncul.

Managemen Stres
Bagi penderita migrain, stres adalah musuh utama dan termasuk pemicu migrain yang paling umum. Sediakan waktu untuk relaksasi dan menenangkan diri setiap harinya, misalnya dengan mendengarkan musik slow, pijatan ringan, atau terapi relaksasi lainnya.

Baca juga: Relaksasi efektif dengan latihan pernapasan.

Selalu konsultasikan mengenai masalah migrain Anda dengan dokter, serta berbagai metode yang paling tepat untuk mengobati dan mencegah sakit kepala migrain Anda.

Kedelai – Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kesehatan

kacang kedelai

Kedelai, atau kacang kedelai, adalah makanan yang sangat tinggi protein. Sayuran jenis polong-polongan ini sangat populer di Asia, dan menjadi bahan dasar untuk pembuatan kecap, tahu, dan tempe.

Kacang kedelai memiliki banyak kegunaan, antara lain sebagai makanan, suplemen, hingga kebutuhan industri. Tak heran, karena kacang kedelai tersusun mayoritas atas protein (40%) dan minyak (20%).

kacang kedelai

Kedelai mengandung substansi mirip hormon, yang disebut phytoestrogens, yang fungsinya mirip seperti hormon estrogen, sehingga memberi banyak manfaat bagi kesehatan wanita.

Kedelai juga mengandung antioksidan dan phyto-nutrisi yang memberi banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan.

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai kandungan nutrisi dan manfaat kacang kedelai.

Kandungan Nutrisi

kandungan nutrisi kedelai
Kandungan kedelai per 100 gram. Klik untuk memperbesar.

Kedelai merupakan protein lengkap. Yang artinya, kedelai mengandung semua 9 jenis asam amino esensial, sama dengan yang kita dapati pada daging. Selain itu, kacang kedelai juga sumber yang baik untuk karbohidrat dan lemak.

Dalam 100 gram kacang kedelai yang telah direbus, terkandung:

  • Kalori: 173 kilo-kalori
  • Protein: 17 gram
  • Karbohidrat: 9,9 gram
  • Serat fiber: 6 gram
  • Gula: 3 gram
  • Lemak total: 9 gram
  • Lemak jenuh: 1,3 gram
  • Potasium: 515 miligram
  • Zat besi, magnesium, kalsium, vitamin B-6, dan vitamin C

Dapat disimpulkan bahwa kacang kedelai itu:

  • tinggi akan serat fiber
  • sangat tinggi protein
  • lemak jenuh rendah
  • bebas kolesterol
  • sumber baik bagi asam lemak omega-3
  • tinggi zat besi dan magnesium
  • tinggi vitamin B-6,
  • sumber antioksidan dan phytoestrogen yang bagus

Manfaat Kesehatan

Berdasarkan kandungannya, kedelai bisa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, yang bisa anda temukan di bawah ini.

Meringankan gejala menopause

Menopause adalah periode ketika siklus menstruasi wanita berhenti, yang umumnya memiliki gejala yang tidak nyaman seperti keringat, hot flush, dan mood swing.

Karena kandungan phytoestrogennya, kedelai dianggap mampu meringankan gejala-gejala menopause. Hal ini berdasarkan fakta bahwa wanita Asia mengalami gejala menopause yang jauh lebih ringan dibandingkan wanita di Eropa dan negara barat lainnya.

Kebiasaan dan pola makan adalah penyebabnya, karena wanita di Asia cenderung terbiasa mengkonsumsi kedelai sebagai makanan sehari-hari, baik dalam bentuk susu, ataupun produk makanan seperti tahu dan tempe.

Kedelai sangat baik untuk kesehatan tulang

Kedelai kaya akan besi dan magnesium, serta berbagai nutrisi mikro lainnya, yang sangat berhubungan dengan kesehatan tulang. Di samping itu, konsumsi kedelai mampu mengurangi resiko osteoporosis.

Osteoporosis dicirikan dengan berkurangnya kepadatan tulang dan meningkatnya resiko tulang keropos, khususnya pada wanita usia lanjut.

Mengurangi resiko kanker

Kanker adalah penyebab tertinggi kematian di zaman ini.

Beberapa studi observasi mengindikasikan bahwa konsumsi kedelai mampu mengurangi resiko kanker payudara. Berbagai studi juga menunjukkan bahwa kedelai memiliki efek perlindungan terhadap kanker prostat bagi pria.

Sejumlah kandungan dalam kedelai, termasuk isoflavone dan lunasin, dianggap mampi memberikan efek protektif terhadap kanker.

Perlu dicatat bahwa pernyataan ini membutuhkan penelitian lebih lanjut, karena terbatasnya bukti dari studi dan observasi yang dilakukan.

Kedelai bermanfaat bagi jantung

Efek paling konsisten dalam studi adalah bahwa kandungan kedelai dalam lemak darah mampu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Beberapa studi lain menunjukkan bahwa efek positif lain, yaitu kedelai dapat menurunkan triglesirida dan kolesterol total, serta meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam darah.

 

Penelitian tentang ini masih memiliki hasil yang beragam, dimana beberapa studi menunjukkan bahwa kedelai tidak memberikan efek apapun bagi kesehatan jantung, dan studi lain menunjukkan bahwa kedelai sangat baik bagi jantung. Hal ini disebabkan karena perbedaan responden, khususnya ras Asia vs Barat.

Akan tetapi semua sepakat bahwa kedelai tidak memiliki efek buruk bagi lemak dalam darah dan bebas kolesterol, yang berarti sangat baik kesehatan jantung.

Fakta kesehatan lain tentang kedelai

Selain kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan, berikut adalah hal-hal lainnya yang baik anda ketahui tentang kedelai.

Alergi kedelai

Alergi makanan adalah kondisi yang disebabkan oleh reaksi abnormal imun tubuh terhadap komponen khusus dalam suatu makanan.

Alergi terhadap kedelai dipicu oleh protein, khususnya glycinin dan conglycinin, yang terdapat pada hampir semua produk kedelai.

Walaupun cukup banyak orang yang alergi terhadap kedelai, namun jenis alergi ini jarang ditemui pada anak-anak.

Kedelai bisa menyebabkan kembung dan diare

Seperti jenis kacang-kacangan lain, kedelai mengandung serat tidak larut, yang bisa menyebabkan kembung dan bahkan diare pada orang yang sensitif.

Ini bukan berarti bahwa kedelai bukan makanan sehat, akan tetapi merupakan efek samping yang bisa timbul pada beberapa orang atau ketika mengkonsumsi terlalu banyak kedelai.

Bentuk terbaik kedelai untuk dikonsumsi

Kedelai yang paling baik adalah yang paling sedikit mengalami pengolahan atau paling mendekati dari kondisi murninya.

Contohnya seperti susu kedelai, tahu, tempe, dan kacang kedelai goreng/rebus.

Itulah tadi berbagai informasi tentang kedelai yang berhubungan dengan kesehatan. Silahkan konsultasikan dengan dokter anda mengenai konsumsi kedelai bagi diet anda.

ADHD

penyakit adhd, gejala dan penyebabnya

Apa itu ADHD?

ADHD adalah singkatan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder, yaitu sebuah gangguan perkembangan otak yang ditandai dengan perilaku hiperaktif, impulsif (bertindak tanpa memikirkan konsukensinya), dan susah memusatkan perhatian. ADHD bisa terdapat pada anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa.

ADHD berkembang ketika otak dan sistem syaraf pusat mengalami gangguan yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan otak. Seseorang yang memiliki ADHD akan–dengan variasi tingkat yang beragam–menunjukkan tiga perilaku berikut: hiperaktif, impulsif, dan susah memusatkan perhatian.

ADHD merupakan penyakit atau gangguan mental yang paling umum didiagnosa pada anak-anak. Diperkirakan terdapat 3-5 persen anak-anak atau anak usia sekolah yang mengalami kondisi ini.

Anak yang memiliki ADHD akan menunjukkan ketiga perilaku khusus yang kita sebutkan di atas. Biasanya kondisi ini mulai disadari oleh orang tua di usia awal sekolah anak-anak, dimana sang anak mulai menunjukkan gejala sulit memusatkan perhatian dan mendengarkan arahan. Perilaku ADHD akan sangat mempengaruhi kehidupan sekolah anak-anak.

Lain halnya dengan ADHD pada orang dewasa, dimana mereka akan kesulitan dalam mengatur waktu, mengorganisasikan sesuatu, menetapkan tujuan, menjalin hubungan, gangguan kepercayaan diri, hingga mempertahankan pekerjaan.

Tanpa penanganan yang tepat, ADHD dapat menimbulkan konsekuensi yang serius seperti mal-prestasi (under-achievement), kegagalan di sekolah atau pekerjaan, susah menjalin hubungan atau interaksi sosial, rasa tidak percaya diri yang parah, dan juga depresi kronis.

Gejala ADHD

Gejala ADHD bisa berbeda-beda pada setiap orang, dan setiap orang dengan ADHD akan menunjukkan salah satu gejala yang dominan dari ketiga gejala utama ADHD. Gejalanya biasanya akan tampak pada masa kanak-kanak dan bisa berlanjut hingga dewasa.

Berikut ini adalah tiga gejala umum ADHD yang biasanya tampak pada anak-anak:

Hiperaktif

Tampak seperti kelebihan energi, selalu aktif, dan tidak bisa diam. Tanda-tanda hiperaktif yang sering ditunjukkan antara lain:

  • Tidak bisa duduk dengan tenang
  • Selalu menggeliat, gelisah, dan melompat berdiri kembali saat duduk
  • Tidak bisa bermain dengan tenang
  • Selalu bergerak, misalnya berlari dan memanjat pada sesuatu
  • Berbicara tanpa henti

Impulsif

Impulsif adalah perilaku suka bertindak spontan, tanpa berpikir panjang atau tanpa memikirkan akibatnya. Tanda-tanda impulsif pada anak-anak bisa berupa:

  • Kesulitan untuk menunggu giliran
  • Menjawab pertanyaan sebelum pertanyaan selesai atau sebelum diberi kesempatan menjawab
  • Sering menginterupsi orang lain
  • Bertindak spontan tanpa berpikir, seperti berlarian di tengah acara formal, mengejar sesuatu yang berbahaya, dan lain-lain.

Kesulitan dalam memusatkan perhatian

Berupa gangguan dalam berkonsentrasi dan memperhatikan sesuatu. Tanda-tanda yang bisa ditemukan pada anak-anak antara lain:

  • Perhatiannya sangat mudah teralihkan
  • Tampak tidak mendengarkan ketika orang lain berbicara
  • Susah untuk fokus atau memusatkan perhatian
  • Sering membuat kesalahan akibat tidak hati-hati atau karena kurang memperhatikan
  • Susah dalam mendengarkan arahan dan menyelesaikan tugas
  • Sering melupakan atau menghilangkan sesuatu
  • Sering melamun
  • Memiliki kecenderungan mengigau saat tidur

Selain ketiga gejala di atas, terdapat juga beberapa gejala lain yang bisa terjadi pada anak dengan ADHD, antara lain:

  • Menunjukkan sikap menentang atau melanggar peraturan
  • Susah untuk bersosialisasi dengan orang lain
  • Kurangnya rasa percaya diri
  • Kemampuan mengorganisasi yang buruk
  • Cepat bosan dan gelisah
  • Sering terburu-buru dalam mengambil keputusan

Gejala ADHD pada orang dewasa

Gejala ADHD bisa saja berubah seiring dengan pertambahan usia. Tanda-tanda ADHD yang biasanya tampak pada orang dewasa bisa berupa:

  • Rasa percaya diri yang rendah
  • Kecemasan berlebih
  • Sering terlambat dan pelupa
  • Sering bermasalah di tempat kerja
  • Sangat mudah frustasi
  • Tidak terorganisasi
  • Perilaku impulsif dan bertindak tanpa pikir panjang
  • Kesulitan mengontrol amarah
  • Suka menunda-nunda sesuatu misalnya tugas atau pekerjaan
  • Kesulitan dalam menjalin hubungan
  • Depresi

Penyebab ADHD

Penyebab ADHD belum diketahui dengan pasti, namun para peneliti memusatkan objek penelitiannya pada kinerja dan perkembangan otak.

Selain itu, para peneliti meyakini bahwa faktor genetik (keturunan) menunjukkan hubungan yang kuat terhadap ADHD. Tidak jarang ditemukan bahwa orang yang memiliki ADHD juga memiliki kerabat atau keluarga dekat yang juga memiliki gangguan ADHD.

Faktor-faktor berikut dianggap dapat menyebabkan ADHD, yaitu:

  • Genetik – Sebagian besar penderita ADHD mendapatkan kondisi ini dari orang tuanya. ADHD cenderung terjadi dalam keluarga/keturunan.
  • Keseimbangan kimia otak – Peneliti mendapati bahwa terdapat ketidakseimbangan kimia pada otak penderita ADHD
  • Cidera otak atau gangguan perkembangan otak – Kerusakan pada bagian depan otak, disebut frontal lobe, dapat menyebabkan gangguan pada kontrol impulsi dan emosi seseorang
  • Nutrisi buruk dan paparan zat berbahaya saat kehamilan – Nutrisi yang buruk, merokok, konsumsi alkohol berlebihan, hingga keracunan kimia berbahaya (misalnya timah) saat kehamilan dapat mempengaruhi perkembangan otak janin.
  • Lahir prematur
  • Lahir dengan berat badan rendah

Para peneliti membantah mitos yang berkembang di masyarakat bahwa ADHD bisa disebabkan karena anak mengkonsumsi banyak gula, terlalu sering menonton televisi, salah asuh (parenting), ataupun faktor lingkungan sosial seperti kemiskinan dan masalah rumah tangga.

Diagnosa ADHD

Bagaimana cara mendeteksi ADHD?

ADHD umumnya dideteksi pada masa kanak-kanak, dan gejalanya akan berlanjut ke masa remaja dan dewasa. Tingkat keparahannya bisa berbeda pada setiap orang, atau pada satu situasi dengan situasi yang lainnya. Gejalanya bisa berkurang ataupun meningkat seiring dengan waktu.

Untuk menentukan apakah seorang anak menderita ADHD dibutuhkan banyak proses. ADHD tidak dapat didiagnosa menggunakan tes tunggal, karena banyak gangguan mental lain yang memiliki gejala yang mirip ADHD, seperti kecemasan, depresi, gangguan tidur, ataupun beberapa jenis gangguan belajar pada anak.

Pendiagnosaan ADHD bisa membutuhkan banyak proses, serta melibatkan banyak pihak. Awalnya, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan medis untuk memisahkan antara kemungkinan ADHD dengan kondisi lainnya.

Proses selanjutnya adalah dengan mencocokkan gejala-gejala ADHD dengan perilaku yang ditunjukkan oleh anak, ditambah dengan wawancara dengan orang tua, guru, keluarga, dan jika memungkinkan, dengan sang anak itu sendiri.

Jika dokter mencurigai adanya ADHD, mereka mungkin akan merujuk ke spesialis kesehatan mental seperti neurologis ataupun ahli psikiatri untuk melakukan tes lanjutan.

Kendati demikian, tidak semua anak yang tampak hiperaktif dan sulit memusatkan perhatian berarti menderita ADHD. Anak-anak yang sehat juga banyak yang menunjukkan perilaku sangat aktif dan lincah.

Menangani ADHD

ADHD tidak bisa disembuhkan. Kendati demikian, terdapat beberapa tindakan penanganan yang bagi penderita ADHD. Penanganan di sini berarti tindakan atau strategi untuk membantu mengontrol gejala-gejala ADHD.

Penanganan terhadap ADHD umumnya meliputi:

  • Obat-obatan: Digunakan untuk merangsang otak dalam meningkatkan perhatian, bersikap lebih tenang, dan kemampuan kontrol diri.
  • Terapi perilaku: Terapis dapat membantu penderita ADHD untuk mengembangnakn kemampuan sosial, emosional, dan kemampuan untuk merencanakan sesuatu, yang biasanya kurang dimiliki penderita ADHD.
  • Pelatihan bagi orang tua: Melalui pelatihan, orang tua dan keluarga akan diajarkan cara terbaik dalam merespon dan menghadapi perilaku anak dan penderita ADHD.
  • Dukungan dari lingkungan: Peran lingkungan, khususnya sekolah, sangat penting bagi penanganan ADHD, agar penderita dapat menikmati sekolah dengan lebih baik.

Tujuannya adalah untuk meringankan gejala ADHD, membantu penderitanya meningkatkan kemampuan dalam belajar dan bekerja, meningkatkan rasa percaya diri, dan menjaga penderitanya dari tingkah laku yang dapat membahayakan diri sendiri.

Banyak gejala ADHD yang bisa ditangani melalui obat-obatan dan terapi. Obat-obatan yang sering diberikan oleh dokter biasanya berupa stimulan, yang digunakan untuk membantu mengontrol sikap hiperaktif dan impulsif pada anak, serta membantu meningkatkan fokus atau perhatian.

Terapi pada penderita ADHD berfokus pada perubahan perilaku. Jenis-jenis terapi yang umum diterapkan antara lain:

  • Pendidikan khusus dapat membantu anak belajar di sekolah. Rutinitas normal sangat membantu bagi anak dengan ADHD.
  • Modifikasi perilaku mengajarkan penderita ADHD untuk mengganti perilaku buruk dengan perilaku yang lebih baik
  • Psikoterapi (konseling) dapat membantu penderita ADHD untuk menghadapi emosi dan frustasi dalam diri mereka. Juga sangat membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri. 
  • Pelatihan kemampuan sosial juga berguna untuk mengajarkan perilaku yang baik dalam interaksi sosial.

Jika ADHD tidak ditangani dengan baik, sulit bagi penderita ADHD untuk sukses dalam hidup. Hal ini dapat menyebabkan rendahnya kepercayaan diri, depresi, kegagalan dalam sekolah, perilaku negatif dan berbahaya, konflik keluarga, dan lain sebagainya.

Anemia

anemia atau kurang darah

Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin untuk mengedarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Jika anemia terjadi, tubuh akan terasa letih dan lemah karena sel-sel dalam tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup untuk berfungsi secara optimal.

Apa itu hemoglobin?
Hemoglobin adalah bagian penting dalam sel darah merah yang mengikat dan mendistribusikan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hemoglobin juga berfungsi untuk membawa karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh saat kita membuang napas. Hemoglobin merupakan protein yang mengandung zat besi tinggi (metaloprotein).

Terdapat banyak jenis anemia, tentu dengan penyebab dan penanganan yang berbeda pula. Jenis anemia yang paling umum adalah yang terjadi karena kekurangan zat besi, yang biasanya ringan dan mudah ditangani, yaitu dengan mengubah pola makan ataupun dengan asupan suplemen zat besi.

Gejala Anemia

Gejala utama anemia adalah kelelahan. Kondisi anemia dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan otak, jantung, dan organ lain dalam tubuh. Anemia yang parah bahkan dapat menyebabkan kematian.

Tanda dan gejala anemia antara lain:

  • Tubuh mudah lelah
  • Kehilangan energi
  • Kulit pucat
  • Napas pendek atau sesak napas, khususnya ketika berolahraga
  • Kepala terasa pusing dan berputar
  • Sakit kepala
  • Dada terasa nyeri
  • Tangan dan kaki menjadi dingin
  • Kaki sering kram
  • Insomnia

Gejala anemia bisa saja sangat ringan sehingga sering tidak disadari oleh penderita. Gejalanya akan semakin parah ketika kondisi anemia semakin memburuk.

Penyebab Anemia

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat yang mengandung hemoglobin. Terdapat tiga penyebab utama yang bisa menyebabkan kondisi anemia, antara lain:

  • Anemia karena kehilangan darah
  • Anemia karena tubuh tidak menghasilkan sel darah merah yang cukup
  • Anemia karena kelainan, dimana tubuh menghancurkan sel darah merah

Berbagai jenis anemia dan penyebabnya antara lain:

  • Anemia akibat kekurangan zat besi
    Ini adalah jenis anemia yang paling umum, yang terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Sumsum tulang membutuhkan zat besi untuk menghasilkan hemoglobin, sehingga tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak bisa mengproduksi jumlah hemoglobin yang cukup bagi sel darah merah.
    Kondisi ini sering terjadi pada wanita hamil dan manyusui yang tidak mengkonsumsi suplemen zat besi. Bisa juga terjadi karena tubuh yang kehilangan darah, misalnya akibat menstruasi, donasi darah, pendarahan akibat luka, kanker, dan penggunaan obat pereda nyeri seperti aspirin.
    Anemia akibat kurang zat besi umumnya memiliki gejala yang ringan dan mudah ditangani, yaitu dengan memperbaiki pola makan dengan cara mengkonsumsi makanan kaya zat besi, dan tambahan asupan zat besi melalui suplemen.
  • Anemia akibat kekurangan vitamin
    Selain zat besi, tubuh juga membutuhkan asam folat dan vitamin B-12 untuk memproduksi hemoglobin dan sel darah merah yang sehat.
    Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh pola makan yang buruk dan rendah nutrisi, khususnya asam folat dan vitamin B-12. Juga bisa terjadi karena tubuh yang tidak mampu menyerap nutrisi dan vitamin dengan baik.
    Anemia jenis ini juga sering terjadi pada wanita hamil, karena itu wanita hamil sebaiknya disarankan untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi, asam folat dan vitamin B-12.
    Kurang mengkonsumsi daging juga bisa menyebabkan tubuh kekurangan vitamin B-12, sedangkan kurangnya konsumsi sayuran dapat menyebabkan tubuh kekurangan asam folat.
  • Anemia aplastik
    Ini adalah jenis anemia yang dapat mengancam nyawa, akan tetapi kasusnya jarang terjadi. Anemia aplastik adalah suatu kelainan sumsum tulang dimana sumsum tulang berhenti menghasilkan darah (sel darah merah, sel darah putih, dan platelet).
    Penyebabnya antara lain karena infeksi, penyakit autoimun, paparan terhadap kimia berbahaya, ataupun karena beberapa jenis pengobatan tertentu.
  • Anemia akibat penyakit kronis
    Beberapa jenis penyakit dapat menghambat proses produksi sel darah merah, seperti kanker, HIV/AIDS, penyakit ginjal, rheumatoid arthritis, penyakit Crohn, dan penyakit peradangan kronis.
  • Anemia yang berhubungan dengan penyakit sumsum tulang
    Sejumlah penyakit, seperti leukimia dan myelofibrosis, dapat menyebabkan anemia karena menghakbat produksi darah di sumsum tulang. Efek yang ditimbulkan dari kondisi ini bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga berbahaya.
  • Anemia hemolitik (hemolytic anemia)
    Kondisi ini terjadi ketika sel darah merah dihancurkan lebih cepat oleh tubuh dibandingkan produksi darah oleh sumsum tulang. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan darah dapat meningkatkan proses penghancuran sel darah merah dalam tubuh. Anemia hemolitik dapat diturunkan secara genetik dan bisa juga didapat setelah lahir.
  • Anemia sel sabit (sickle cell anemia)
    Ini adalah salah satu jenis hemolitik anemia yang diturunkan secara genetik. Anemia ini terjadi karena bentuk hemoglobin yang tidak normal–berbentuk bulan sabit,– menyebabkan sel darah menjadi kaku dan menyumbat sirkulasi darah, karena mereka tidak dapat mengalir melewati pembuluh darah kecil.
  • Anemia karena penyakit lain
    Selain karena sebab-sebab di atas, anemia juga bisa disebabkan oleh berbagai penyakit lain, seperti thalassemia, penyakit ginjal, malaria, dan lain sebagainya.

Apa saja faktor yang meningkatkan risiko anemia?

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko anemia, antara lain:

  • Pola makan yang buruk, khususnya diet yang rendah zat besi, vitamin B-12, dan asam folat.
  • Menstruasi, khususnya bagi wanita yang mengalami pendarahan hebat saat mensturasi.
  • Kehamilan.
  • Penyakit kronis, seperti rheumatoid arthritis, penyakit ginjal, dan radang pencernaan kronis.
  • Riwayat amnesia di keluarga.
  • Usia. Semakin tua seseorang semakin tinggi pula risiko terkena anemia.

Tanda dan gejala anemia bisa dengan mudah diabaikan oleh seseorang. Faktanya, banyak orang yang tidak menyadari sedang terkena anemia hingga mereka melakukan pemeriksaan darah.

Diagnosa Anemia

Untuk mengetahui diagnosa anemia, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan darah. Dokter juga akan menanyakan tentang riwayat kesehatan pasien.

Ini dibutuhkan untuk mengetahui apakah pasien mengalami anemia, dan jika ya, dokter akan mencari tahu apa penyebab utama anemia pasien.

Dengan mengetahui riwayat kesehatan pasien dan keluarga, pengobatan yang sedang dijalani, kondisi fisik tubuh, dan gejala-gejala anemia yang dialami, maka dokter mungkin bisa menyimpulkan jenis dan penyebab anemia yang sedang dialami pasien.

Pemeriksaan darah lengkap juga mungkin dibutuhkan untuk mengkonfirmasi diagnosa anemia pasien. Ini juga dapat membantu mengetahui secara pasti penyebab pasti anemia pasien.

Informasi mengenai jumlah, bentuk, dan ukuran sel darah, hingga kandungan hemoglobin dalam sel darah merah bisa diketahui melalui tes darah. Di samping itu, tes ini juga dapat menampilkan informasi mengenai kandungan zat besi, level vitamin B-12 dan juga asam folat pasien.

Pemeriksaan darah lanjutan juga mungkin dibutuhkan untuk mendeteksi kasus langka anemia, misalnya anemia yang diakibatkan oleh kelainan auto-imun ataupun karena penyakit kronis lain.

Pengobatan Anemia

Pengobatan anemia bervariasi, berdasarkan jenis dan penyebab anemia yang dialami pasien. Dokter mungkin tidak akan menangani anemia pasien hingga dia mengetahui pasti penyebab anemia pasien.

Penanganan pada satu jenis anemia mungkin tidak cocok atau justru berbahaya untuk jenis anemia lainnya.

Anemia akibat kekurangan nutrisi seperti zat besi, vitamin B-12, atau asam folat, biasanya dapat diatasi dengan mengubah diet dan pola makan. Konsumsi suplemen multivitamin mungkin diperlukan untuk mengatasi anemia karena kekurangan nutrisi.

Untuk anemia yang disebabkan oleh penyakit kronis dan kelainan auto-imun, pengobatan difokuskan pada penanganan penyakit itu sendiri.

Jika berhubungan dengan kelainan pada sumsum tulang, maka dokter kemungkinan akan memberikan injeksi hormon yang berfungsi untuk merangsang produksi sel darah merah oleh sumsum tulang.

Apakah Anemia Bisa Dicegah?

Sebagian besar jenis anemia bisa dicegah, khususnya yang berhubungan dengan kekurangan zat besi dan vitamin, dengan cara menerapkan diet yang mengandung banyak nutrisi berikut ini:

  • Zat besi. Tingkatkan konsumsi makanan seperti daging, kacang-kacangan, cereal yang diperkaya zat besi, sayuran berdaun hijau gelap, dan buah-buahan kering.
  • Asam folat. Nutrisi ini bisa ditemukan pada buah-buahan, sayuran berdaun hijau gelap, kacang-kacangan, gandum, cereal, dan nasi.
  • Vitamin B-12. Makanan yang kaya akan vitamin B-12 seperti daging, susu dan produk-produk turunan susu, kacang atau susu kedelai, dan cereal yang diperkaya dengan citamin B-12.
  • Vitamin C. Vitamin C membantu penyerapan zat besi dan nutrisi penting lain oleh tubuh. Makanan yang kaya vitamin C antara lain jus buah, melon, stroberi, brokoli, tomat, dan banyak lainnya.

Konsumsi multivitamin secara rutin juga dapat membantu mencegah kondisi anemia. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi multivitamin, khususnya jika Anda sedang menjalani pengobatan lain.

7 Makanan Terbaik untuk Menghilangkan Bau Badan

makanan hilangkan bau badan

Setiap orang pasti ingin memiliki aroma tubuh yang harum dan segar. Sayangnya, beberapa orang harus merasa tidak nyaman karena memiliki masalah dengan aroma tubuhnya yang kurang sedap.

Berbagai macam cara digunakan untuk dapat mengatasi masalah ini salah satunya dengan menyemprotkan parfum, menggunakan sabun mahal dan sebagainya.

Tapi tahukah Anda selain menggunakan parfum, skin care serta barang-barang pendukung lainnya, ternyata merawat tubuh agar tidak mengeluarkan aroma tidak sedap juga dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu.

Makanan untuk Menghilangkan Bau Badan

makanan hilangkan bau badan

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah dengan bau badan tidak sedap sekarang tidak perlu lagi menghabiskan uang untuk membeli berbagai merk sabun mahal. Anda dapat menggunakan bahan makanan yang sering kita temui sehari-hari untuk mengatasai berbagai masalah bau badan yang tidak sedap.

Lalu, apa saja yang harus kita konsumsi dan hindari? Berikut kami hadirkan ulasannya untuk Anda.

1. Lemon

Lemon adalah salah satu buah yang memiliki sejuta manfaat, buah ini dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Hal itu dikarenakan kandungan asam yang terdapat pada Lemon dapat membunuh bakteri yang berasal dari keringat.

2. Daun Petersli (daun sop)

Disamping penggunaannya sebagai bahan sup dan penghilang bau amis pada daging, petersli atau dalam bahasa Inggris disebut parsley juga cukup ampuh digunakan sebagai penghilang bau mulut dan bau badan. Cukup campurkan satu sendok makan petersli ke dalam air panas,  saring, tunggu beberapa saat kemudian segera minum. Anda juga dapat menggunakan campuran petersli dan air dingin sebagai obat kumur.

3. Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang terkenal karena kaya dengan antioksidan yang ampuh untuk mengatasi bau yang berasal dari mulut, badan, maupun kaki. Untuk mengkonsumsinya, yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan teh hijau dan madu ke dalam air panas. Diamkan beberapa saat, saring, dan minum selagi hangat. Anda bisa rutin meminumnya 3-4 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Tomat

Satu lagi buah yang sangat mudah didapatkan disekitar Anda, tomat ternyata memiliki kandungan yang  dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Cara penggunaanya pun mudah, cuci tomat hingga bersih kemudian Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung. Ada baiknya sebelum mandi, Anda dapat menggunakan parutan tomat sebagai lulur. Oleskan pada seluruh badan, tunggu hingga kering dan segera basuh dengan air.

5. Yogurt

Mengkonsumsi yogurt  secara rutin dapat membantu Anda menghilangkan bau badan yang membandel. Hal itu disebabkan karena kandungan mikroorganisme  dalam yogurt membabat habis racun dalam perut, sekaligus bakteri yang menyebabkan bau pada tubuh Anda.

6. Teh Melati

Selain teh hijau, ternyata teh melati juga memiliki kandungan yang baik untuk menghilangkan bau tak sedap pada tubuh. Minumlah secangkir teh melati setiap pagi atau sebelum tidur. Maka tubuh anda akan terasa lebih rileks dan beraroma lebih segar dari biasanya.

7. Wortel

Selain kaya akan vitamin A yang baik untuk mata, meminum jus wortel dapat mencegah bau tubuh tidak sedap. Selain jus, Anda mencampurnya pada sup dan masakan lainnya.

Makanan yang Dapat Menyebabkan Bau Badan Tidak Sedap

Selain mengkonsumsi makanan-makanan diatas, ada baiknya apabila Anda juga menghindari beberapa makanan yang berpotensi membuat tubuh Anda berbau tidak sedap. Berikut  adalah makanan yang harus Anda kurangi dan hindari ;

Daging

Apakah Anda pecinta makanan berbahan dasar daging segar? Sepertinya Anda perlu membatasi diri untuk mengkonsumsi daging dan Alangkah baiknya jika  mengkonsumsi daging tidak dalam jumlah yang banyak. Sebuah studi pada tahun 2006 meneliti bahwa pria yang puasa makan daging selama dua minggu memiliki bau tubuh yang lebih segar daripada biasanya. Disamping mencegah bau tubuh yang tidak sedap, mengurangi makan daging juga menjauhkan Anda dari resiko diabetes.

Kubis

Salah satu sayuran yang akrab sebagai lalapan ini juga tidak direkomendasikan. Hal ini disebabkan karena kubis mengandung sulfur yang tinggi.

Kopi

Apakah Anda termasuk pecandu kopi? Segera kurangi karena kafein yang terkandung dalam kopi membuat mulut semakin kering dan menyebabkan bau mulut. Anda bisa mengganti kopi dengan teh herbal yang beraroma wangi.

Alkohol

Satu lagi minuman yang harus Anda hindari, Alkohol. Minuman jenis ini memiliki bau yang menyengat, tidak hanya berpengaruh terhadap tubuh namun juga mulut Anda. Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan bau mulut.

Junkfood

Junkfood memang murah dan enak. Untuk itulah sebagian orang memilih junkfood sebagai hidangan makan mereka. Namun, Anda harus tahu bahwa mengkonsumsi junkfood memiliki beberapa dampak buruk, salah satunya adalah dapat menyebabkan bau tubuh tidak sedap.

Asparagus

Satu lagi sayuran yang perlu Anda hindari, asparagus merupakan salah satu sayuran yang dapat mempengaruhi bau pada urin Anda. Meskipun tidak berpengaruh langsung terhadap bau tubuh, alangkah baiknya untuk tidak mengkonsumsi asparagus dalam jumlah banyak.

Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun begitu, ternyata ada pula sebagian orang yang memiliki bau tubuh tidak sedap setelah mengkonsumsi ikan. Hal tersebut dapat terjadi pada orang yang memiliki metabolisme tubuh yang unik. Sesekali coba Anda perhatikan setelah mengkonsumsi ikan, jika bau tubuh Anda mulai tidak sedap, ada baiknya Anda mengurangi mengkonsumsi makanan ini.

Nah, beberapa hal di atas adalah makan-makanan yang sebaiknya Anda konsumsi dan tidak untuk menghindari bau tubuh yang tidak sedap. Tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk membeli parfum, Anda bisa memanfaatkan hal-hal di atas dan mengkonsumsinya secara rutin.

Namun, perlu lagi diingat, pola Anda dalam menjaga kebersihan tubuh juga harus diperhatikan. Jika sudah memperhatikan keduanya, maka Anda akan terhindar dari bau tubuh yang tidak sedap.

Free Newsletter

Tetap sehat bersama Web Kesehatan. Ayo berlangganan Newsletter bulanan kami, gratis di email Anda.

Terima kasih telah berlangganan newsletter kami.

Something went wrong.

Free Newsletter

Tetap sehat bersama Web Kesehatan. Ayo berlangganan Newsletter bulanan kami, gratis di email Anda.

Terima kasih telah berlangganan newsletter kami.

Something went wrong.

Saya tidak mau info sehat...

Send this to a friend