10 Buah Ini Akan Menghidrasi Tubuh Anda Selama Berpuasa

Puasa di bulan Ramadan merupakan suatu aktivitas yang dimaksudkan untuk menyegarkan jiwa dan raga manusia. Sayangnya, ada banyak kebiasaan-kebiasaan buruk yang tidak seharusnya dilakukan saat berpuasa yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda, salah satunya adalah tidak mengoptimalkan makan sahur.

Sponsored Links
obat kolesterol alami

Masih banyak orang yang memilih untuk melewatkan sahur atau melakukan sahur dengan cara tergesa-gesa tanpa memperhatikan kecukupan gizi yang harus dipenuhi untuk menunjang ketahanannya selama berpuasa.

Alhasil, tubuh menjadi lebih cepat kehilangan nutrisi dan cairan yang menjadi penyebab Anda merasa lebih cepat haus. Apalagi ditambah dengan kondisi cuaca selama bulan Ramadan yang sangat panas dan menyengat, tubuh Anda akan menjadi sangat rawan terserang dehidrasi.

Penting bagi Anda mengetahui makanan-makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur dan setelah berbuka puasa, agar tubuh tetap sehat dan terpenuhi kebutuhan cairannya selama menjalankan ibadah puasa. Dan buah-buahan menjadi salah makanan wajib yang harus Anda konsumsi jika ingin terjaga kesehatannya dan terhidar dari serangan dehidrasi.

Berikut ini adalah 10 buah-buahan yang akan membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda selama menjalankan ibadah puasa:

  1. Semangka

Semangka merupakan sumber makanan yang dapat menghidrasi tubuh Anda dengan sangat baik karena buah ini terdiri dari 92% air yang dibutuhkan tubuh, terlebih saat berpuasa. Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa kombinasi vitamin alami, mineral gula dan garam yang terkandung di dalam semangka benar-benar lebih efektif untuk menghidrasi tubuh jika dibandingkan dengan air.

buah untuk puasa ramadhan
Buah semangka merupakan hidangan andalan untuk berbuka puasa.

Selain itu, buah ajaib ini juga kaya akan antioksidan sehingga akan membuat Anda merasa tetap segar seharian. Buah ini cocok dijadikan hidangan penutup saat sahur atau berbuka.

  1. Kurma

Kurma merupakan buah yang identik dan tidak dapat dipisahkan dengan bulan Ramadhan. Buah ini merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin, mineral, energi, gula dan serat yang sangat dibutuhkan tubuh agar tetap kuat selama  berpuasa. Kurma baik dikonsumsi pada saat sahur maupun berbuka.

Saat berbuka buah ini dapat dengan cepat mengembalikan energi dan cairan yang hilang setelah seharian berpuasa. Sementara saat sahur, meskipun kecil kurma dapat memberikan tambahan cadangan energi yang cukup disimpan tubuh untuk menunjang aktivitas Anda seharian.

Diantara banyaknya varietas kurma, kurma ajwa yang disebut-sebut sebagai buah dari surga memiliki manfaat sebagai perlindungan terhadap penyakit jantung. Sunnah makan kurma saat berbuka adalah memakannya dalam jumlah ganjil.

  1. Mentimun

Mentimun atau ketimun memiliki kadar air tertinggi dari jenis buah-buahan lainnya. Buah ini mengandung 96% air yang diperlukan tubuh Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Anda bisa mencampurkan irisan mentimun ke dalam minuman berbuka yang sudah Anda buat. Buah ini pun sangat cocok disandingkan dalam makanan. Buah yang sangat menyegarkan ini akan mengembalikan cairan-cairan yang hilang selama berpuasa dengan cepat.

  1. Air Kelapa

Air kelapa segar yang biasa terdapat dalam buah kelapa hijau muda ini memiliki kadar hidrasi sekitar 89%. Dengan kadar natrium dan karbohidrat yang relative rendah serta rasanya yang menyegarkan air kelapa ini cocok dijadikan minuman berbuka puasa yang dapat melepaskan dahaga Anda setelah seharian berpuasa.

Sponsored Links
  1. Stroberi

Stroberi menempai urutan ke-4 sebagai buah dengan antioksidan terkuat yang terdiri dari 92% air. Buah-buahan beri yang sejenis seperti raspberry dan blueberry juga memiliki kandungan yang sama.

Buah yang kaya akan vitamin C ini selain dapat menghidrasi tubuh juga dapat membersihkan arteri, mengatur gula darah pun rasanya enak dan menyegarkan. Jadikan buah beri ini sebagai topping atau campuran pada makanan atau minuman berbuka Anda untuk merasakan manfaat besar yang dikandungnya.

  1. Anggur

Buah yang satu ini juga mengandung cukup banyak air sehingga cocok dikonsumsi selama bulan Ramadhan ini. Selain itu, buah yang terkenal dengan kandungan Resveratrol yang tinggi ini kaya akan antioksidan dan ramah terhadap jantung.

Berbagai jenis anggur seperti anggur merah, anggur hijau ataupun anggur ungu semuanya baik untuk tubuh Anda.

  1. Apel

    buah tinggi kandungan air untuk puasa ramadhan
    Buah apel, ataupun jus apel, baik untuk hidrasi tubuh selama puasa.

Siapa yang tidak suka dengan jus apel? Selain nikmat dan menyegarkan buah ini memang baik dikonsumsi saat sahur ataupun berbuka karena buah ini mengandung air sebanyak 84% yang dapat mencukupi kebutuhan air tubuh selama berpuasa.

  1. Jeruk bali

Grapefruit atau jeruk bali memiliki kandungan air sebanyak 90% sehingga sangat bagus menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi saat berpuasa. Buah ini mengandung 30 kalori dan limonoid detoksifikasi yang menurut penelitian dapat menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.

Kalorinya yang rendah juga sangat cocok dengan Anda yang ingin menurunkan berat badan selama puasa.

  1. Nanas

Nanas sangat bagus untuk membantu pencernaan selama bulan Ramadhan. Dengan kandungan air sekitar 85% nanas menjadi salah satu buah yang perlu Anda konsumsi supaya tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa.

Selain itu, buah ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena meningkatkan asupan antioksidan dalam tubuh Anda.

  1. Papaya

Sebenarnya semua jenis buah-buahan bagus dikonsumsi selama bulan Ramadhan tapi ada beberapa buah yang perlu mendapatkan perhatian khusus, dan salah satunya adalah papaya.

Rasanya yang manis, harganya yang murah, kandungan gizi yang melimpah, kandungan gula yang sedikit, kaya serat dan rendah kalori ini sangat cocok dikonsumsi sepanjang bulan Ramadhan. Ditambah lagi buah ini akan membantu sistem pencernaan Anda.

Pemilihan makanan dan minuman yang kurang tepat selama berpuasa dapat menyebabkan gangguan pencernaan hingga sembelit. Tentu saja papaya menjadi buah yang dapat Anda andalkan untuk mengatasi masalah tersebut. Anda bisa memotong-motong papaya menjadi bentuk dadu kemudian disimpan di dalam lemari pendingin.

Jadikan buah papaya ini sebagai makanan ringan diwaktu sahur dan setelah berbuka untuk memenuhi kebutuhan gizi yang Anda perlukan selama bulan Ramadan.


Buah apa yang menjadi andalan Anda dan keluarga untuk menemani santap sahur dan berbuka puasa? Bagikan kepada pembaca yang lain melalui komentar di bawah.

Simak juga berbagai artikel terkait bulan puasa lainnya di sini: Puasa Ramadhan Sehat 2017.

Sponsored Links

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here