Buah Kaya Kalium untuk Melindungi Jantung

Tubuh kita membutuhkan kalium (potassium) dalam jumlah yang memadai untuk mengatur keseimbangan asam-basa dalam tubuh. Kalium sangat penting bagi sistem saraf dan konstraksi otot, serta sangat penting bagi sistem saraf otonom (SSO), yang merupakan sistem pengendali detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lainnya.

Kekurangan kalium akan mempengaruhi keseimbangan dalam tubuh, yang berarti dapat mengganggu kondisi tubuh secara keseluruhan. Kekurangan kalium dalam darah (hipokalemia) dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi jantung, tepatnya pada irama detak jantung.

buah kaya kalium
Buah-buahan kaya kalium (potassium).

Sebaliknya, semakin tinggi kadar kalium, risiko terkena serangan jantung dan stroke semakin rendah karena kalium mengimbangi peran sodium di dalam tubuh.

Buah-buahan tinggi kalium untuk jantung

Kondisi di atas tentu dapat dicegah dengan meningkatkan asupan kalium ke dalam tubuh. Kalium cukup mudah ditemukan melalui makanan sehari-hari, seperti daging, susu, kacang-kacangan. Dan sumber asupan kalium terbesar bisa kita dapatkan melalui buah-buahan.

Dari sekian banyak buah-buahan, pisang adalah sumber kalium yang paling tinggi. Terdapat sekitar 350 mg kalium dalam satu buah pisang berukuran sedang. Mengkonsumsi 1-2 buah pisang sehari mampu memenuhi asupan kalium yang diperlukan tubuh.

Selain pisang, sumber kalium yang baik dari buah-buahan antara lain:

Tautan pada nama buah di atas akan membawa anda ke halaman mengenai kandungan gizi dan manfaat buah-buah tersebut.

Sempatkan untuk selalu menyelipkan buah-buahan dengan kandungan kalium tinggi di atas dalam diet anda sehari-hari, agar kesehatan jantung tetap terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here