1001 Cara Alami Menjadikan Gigi Lebih Putih

Tahukah Anda bahwa gigi kita semakin lama akan berubah warnanya, dan tidak lagi seputih biasanya? Gigi yang menguning adalah efek samping yang normal, akibat penuaan dan aktivitas tinggi yang melibatkan gigi setiap hari.

Sponsored Links
obat kolesterol alami

Makanan dan minuman yang kita konsumsi merupakan faktor terbesar penyebab berubahnya warna pada gigi. Di samping itu, penuaan yang terjadi secara alami menyebabkan kerusakan pada lapisan gigi terluar, yang disebut enamel, sehingga lapisan di bawahnya (dentin) menguning.

Untungnya, terdapat banyak cara, baik secara profesional maupun solusi rumahan, untuk melawan noda pada gigi, sekaligus membuat gigi tampak lebih putih:

# Gosok gigi setelah makan atau minum

cara gigi lebih putihCara alami terbaik menjadikan gigi lebih putih adalah hanya dengan menyikat gigi selesai makan atau minum. Walau tampak mudah, namun metode ini jelas membutuhkan ketekunan tinggi.

# Hindari rokok

Baik rokok, kopi, ataupun soda dapat menjadi penyebab gigi berubah warna. Oleh sebab itu, hindari atau minimalkan konsumsinya sedapat mungkin. Konsumsilah makanan sehat untuk mencegah gigi menjadi kuning. Kalaupun Anda ingin mengonsumsi minuman yang berpotensi menodai gigi, maka gunakan sedotan.

# Baking soda dan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida merupakan agen antibakteri dan antiseptik yang bisa membersihkan keseluruhan bagian mulut dari kuman. Berbagai riset mendapati hidrogen peroksida juga dapat menjaga nafas tetap segar. Oleh sebab itu, gunakan itu untuk membuat mouthwash sendiri.

  1. Campurkan hidrogen peroksida dan air dengan perbandingan 1:1.
  2. Gunakan larutan untuk berkumur atau sekedar mengulumnya dalam mulut selama 1 menit.
  3. Setelah itu, kumur lagi dengan menggunakan air bersih.

Cara lain untuk menggunakan hidrogen peroksida adalah dengan mencampurkan hidrogen peroksida dan baking soda sehingga terbentuk pasta cair. Pastikan tidak ada lagi tekstur kasar pasir dari baking soda dalam pasta yang dapat membantu menghapus plak gigi tersebut. Cara aman menggunakan pemutih gigi alami ini adalah:

  1. Sikatlah gigi seperti biasanya.
  2. Setelah itu, gosokkan pasta (hidrogen peroksida + baking soda) yang baru Anda buat ke gigi selama 30 detik.
  3. Bilas sampai bersih.

# Minyak kelapa

Beberapa orang telah membuktikan kalau mengaplikasikan minyak kelapa ke gigi selesai menggosok gigi bisa membuatnya tampak lebih putih dan sehat. Ada beberapa cara penggunaan minyak kelapa, yakni:

  1. Cukup dengan mengulum 1 sdm minyak kelapa selama 5-20 menit.
  2. Tambahkan beberapa tetes minyak kelapa ke sikat gigi, lalu gosokkan ke gigi.
  3. Aplikasikan minyak kelapa ke sudut handuk kecil, lalu gosokkan itu ke gigi.

Dikarenakan mengandung agen antimikroba, membuat minyak kelapa bagus untuk melindungi dan membersihkan gusi juga.

Sponsored Links

# Cuka apel

Mengapa cuka apel efektif untuk membersihkan gigi dan gusi? Cuka apel mengandung asam asetat, potasium, magnesium, probiotik, dan beragam enzim, yang bisa membunuh kuman berbahaya. Sifat asam alaminya mampu mengikis plak ataupun substansi lain yang tersangkut di gigi. Selain itu, pH cuka apel juga dapat menghapus noda gigi sehingga membuatnya tampak lebih putih.

Kunci utama penggunaan cuka apel adalah konsistensi. Anda disarankan memakainya paling sedikit sekali sebulan bila ingin melihat hasil yang maksimal. Namun tetaplah berhati-hati karena kandungan asamnya bisa menghapus enamel gigi kalau Anda menggosokkan terlalu keras atau memakai terlalu banyak.

Setelah menggosok gigi dengan cuka apel, Anda tetap perlu menyikat gigi ulang dengan pasta gigi biasa (pilih yang bebas fluoride), atau membilas mulut sampai bersih. Dengan menggunakan jari, gosokkan cuka apel ke gigi selama 1 menit, lalu berkumurlah dengan air atau larutan hidrogen peroksida.

# Kulit jeruk atau lemon

Sama halnya dengan cuka apel, kulit lemon, jeruk, atau minyak esensial dari keduanya, juga bisa memutihkan gigi secara alami berkat kandungan asamnya. Cara penggunaannya sama dengan cuka apel, tinggal gosok-gosok ke gigi, setelah itu bilas mulut sampai bersih.

Meski kulit lemon bagus untuk memutihkan gigi, namun perasan lemon dianggap terlalu keras sehingga bisa mengikis bagian enamel. Dan karena kadar asam tinggi juga bisa membuat gigi berlubang, maka hindari memakai perasan lemon secara langsung pada gigi.

# Arang aktif

Tak hanya mampu mengikat toksin dalam tubuh, arang aktif juga dapat memutihkan gigi dengan cara menyerap plak dan sisa makanan pemicu noda gigi. Untuk memutihkan gigi secara alami dengan arang aktif, basahi lebih dulu sikat gigi, lalu celupkan ujung sikat ke bubuk arang. Gosoklah gigi secara normal sambil berfokus pada area bernoda.

Seruput sedikit air, lalu berkumurlah dengan arang masih dalam mulut. Setelah itu, kumur hingga bersih. Untuk hasil maksimal, sikat gigi dengan arang aktif paling tidak 2-3 kali seminggu. Hindari penggunaan arang kalau gigi mempunyai tambalan porselin.

# Nanas

Nanas mengandung enzim Bromelain yang mampu menghapus noda gigi secara signifikan ketimbang pasta gigi biasa. Selain dengan mengonsumsinya, Anda juga dapat menggosokkan buah ini ke gigi.

# Strawberry

Cara alami menjadikan gigi lebih putih lainnya adalah dengan strawberry. Anda dapat mengadopsi metode yang digunakan salah seorang model dunia, Tyra Banks, yakni dengan melumat 4-5 strawberry, lalu gosokkan itu ke seluruh gigi. Bilas mulut setelah beberapa menit.

Selain beragam cara memutihkan gigi di atas, Anda juga disarankan mengonsumsi makanan berikut untuk meningkatkan kesehatan gigi:

  1. Sumber kalsium seperti susu (mentah lebih baik) dan yogurt
  2. Makanan tinggi magnesium dan potasium seperti sayuran berdaun hijau, apel, dan pear
  3. Telur
  4. Jamur
  5. Ubi manis, wortel, gambas
  6. Seledri
  7. Kacang-kacangan seperti walnut atau almond

Tentang whitening strip

Lantas, bagaimana dengan penggunaan whitening strip? Amankah menggunakannya sebagai pemutih gigi secara berkala? Para ahli mendapati penggunaan produk pemutih gigi ini bisa merusak gigi karena mengikis terlalu banyak enamel.

Pemakaian whitening strip secara konstan juga dapat menyebabkan erosi enamel dari waktu ke waktu sehingga membuat gigi lebih sensitif saat mengonsumsi makanan panas, dingin, atau asam. Oleh sebab itu, gunakan whitening strip sesekali saja.

Sponsored Links

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here