15 Cara Alami Menghilangkan Flek/Noda/Bintik Hitam Pada Wajah

Bintik hitam pada wajah adalah gangguan ringan pada kulit – terutama wajah – yang biasa terjadi di usia 20-an yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih, hiperpigmentasi (akibat bekas jerawat), perubahan hormon, hingga faktor genetik. Efek pengobatan juga bisa mengakibatkan munculnya bintik hitam walau ini jarang terjadi.

Sponsored Links

Jika tidak ingin memiliki bintik hitam di kulit Anda – disamping adanya faktor internal seperti hormon dan genetik – dianjurkan untuk tidak terpapar sinar ultraviolet (UV) dari matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama, terutama antara jam 10 pagi hingga jam 2 siang. Jika Anda beraktifitas di luar ruangan pada jam tersebut, gunakan sunblock atau tabir surya untuk melindungi kulit Anda.

Untuk Anda yang ingin menghilangkan bintik hitam di wajah, ada cara mudah dan alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah sebelum Anda pergi ke dokter kulit atau membeli obat yang lebih mahal di apotek.

Bawang merah & cuka apel

Bawang merah kaya akan zat asam yang membantu memudarkan bintik hitam dengan mudah.

Cara pakai:
Potong bawang (sediakan cukup banyak bawang), haluskan, ambil sarinya, lalu oleskan pada bintik-bintik hitam di wajah Anda. Biarkan selama 10-15 menit, setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat dan sabun pembersih muka.

Selain itu, Anda bisa coba campurkan bawang merah dengan cuka apel (apple cider vinegar). Asam pada cuka apel dan bawang bisa mengurangi dan membalikkan pengoksidasion serta menghilangkan melanin pada kulit yang menjadi penyebab munculnya bintik hitam dan tanda penuaan pada kulit.

Cara pakai:
Campur sari bawang dengan sesendok cuka apel, oleskan pada bintik-bintik hitam di wajah, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Gunakan kapas khusus wajah yang lembut untuk mengoleskan campuran bahan di atas. Lakukan setiap hari secara teratur.

Lobak

Kombinasi air sari lobak, cuka, dan madu juga dipercaya bisa mengurangi bintik di wajah.

Cara pakai:
Campurkan ketiga bahan yang disebutkan tadi ke dalam sebuah wadah. Sebelumnya, gunakan air buah lemon sebagai toner dengan mengoleskannya pada seluruh wajah menggunakan kapas. Setelah itu aplikasikan kombinasi bahan tadi ke area yang berbintik hitam, diamkan sekitar 20 menit hingga meresap. Lalu bilas wajah hingga bersih. Pakai pembersih wajah ber-SPF jika ingin berpergian, karena bahan ini membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar UV.

Lemon

cara menghilangkan flek wajah
Lemon sangat baik untuk menyamarkan noda pada wajah.

Lemon adalah salah satu buah terbaik untuk perawatan kulit. Sifatnya yang asam membantu memutihkan atau menghilangkan bintik hitam.

Cara pakai:
Siapkan buah lemon segar, peras dan ambil airnya. Celupkan kapas pada air lemon, lalu aplikasikan pada wajah terutama pada bintik hitamnya. Biarkan hingga meresap ke dalam kulit selama paling tidak 20 menit. Setelah itu bersihkan wajah, bilas dengan air dingin hingga tiga menit. Anda boleh menambahkan gula pada air lemon. Gula sendiri dapat melembabkan dan menghaluskan kulit.

Cara ini efektif bila dilakukan secara teratur selama beberapa bulan. Selain menghilangkan bintik hitam, lemon juga menunda tanda penuaan serta membersihkan sel kulit mati, sehingga membuat kulit lebih cerah dan sehat.

Peterseli

Daun peterseli biasanya dipakai sebagai penghias (garnish) pada makanan, tapi ternyata peterseli juga bisa dipakai digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah.

Cara pakai:
Giling halus daun peterseli, campurkan dengan air jeruk nipis dan kunyit. Setelah benar-benar tercampur, oleskan pada wajah atau kulit yang berbintik hitam – seperti masker. Diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

Asam laktat (asam susu)

Asam laktat atau asam susu dapat mengurangi munculnya bintik hitam di kulit. Asam laktat dapat ditemukan dalam produk-produk susu seperti susu murni, yogurt, dan buttermilk.

Cara pakai:
Jika Anda menggunakan susu, balurkan susu menggunakan kapas atau kain bersih ke seluruh wajah dan leher selama paling tidak 15 menit. Lakukan 2-3 kali sehari untuk hasil maksimal.

Jika Anda menggunakan buttermilk sediakan juga yogurt, air lemon, dan kapas.

Cara pakai:
Campurkan semua semua bahan, lalu oleskan bahan yang sudah tercampur tersebut ke bagian yang berbintik hitam menggunakan kapas. Atau balurkan saja ke seluruh wajah dan leher.

Asam laktat pada yogurt dan buttermilk membantu memudarkan bintik hitam pada wajah dengan mempercepat pengelupasan kulit mati.

Jeruk nipis

Seperti lemon, jeruk nipis adalah salah satu jenis buah citrus yang memang bagus untuk kesehatan kulit, salah satunya menghilangkan flek atau noda hitam pada wajah.

Cara pakai:
Campurkan air jeruk nipis dengan yogurt sampai benar-benar tercampur, lalu oleskan pada area kulit yang terdapat noda atau flek hitam. Diamkan hingga 30 menit, dan bilas bersih setelahnya.

Kentang

Menggunakan air sari dari kentang salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bintik hitam. Kentang memiliki sifat memutihkan, yang membantu untuk menghilangkan noda dan bintik hitam pada kulit. Sifat asam alami pada kentang dan air lemon memutihkan kulit secara alami, ini sangat bagus untuk melenyapkan bintik-bintik pengganggu pada wajah dan mencerahkan kelopak mata yang menghitam.

Sponsored Links
Cara pakai:
Parut kentang, bungkus dalam sebuah kain, lalu peras hingga mengeluarkan air/sarinya. Setelah itu tambahkan 3 tetes air lemon dan beberapa tetes madu. Aduk rata. Lalu oleskan pada muka secara merata. Bilas hingga bersih setelah didiamkan selama 20 menit.

Minyak sea buckthorn

Seabuckthorn adalah buah yang mengandung vitamin C delapan kali lebih besar dari buah kiwi, dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan sehingga sering dipakai sebagai obar tradisional oleh bangsa Mongolia dan Tibet. Selain itu minyak dari biji seabuckthorn dapat digunakan sebagai kosmetik untuk memelihara dan meremajakan kulit. Minyaknya akan melembutkan kulit sekaligus vitamin C yang tinggi akan menghilangkan flek hitam pada wajah. Sayangnya buah ini masih asing di telinga orang Indonesia.

Cara pakai:
Oleskan minyak pada wajah atau bagian kulit yang mengalami hiperpigmentasi, biarkan, lalu bilas dengan air bersih.

Kacang chickpeas

Kacang chickpea diketahui memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kulit. Cukup sediakan beberapa gram kacang saja untuk membuat masker.

Cara pakai:
Rebus kacang hingga lunak, lalu hancurkan hingga lembut seluruhnya seperti bubur. Gunakan kacang tadi sebagai masker. Balurkan pada bagian kulit di mana terlihat ada bintik hitam. Lakukan ini setiap hari.

Minyak biji bunga mawar

Rose hip oil adalah minyak dari biji bunga mawar, minyak pelembab dan pelembut alami sehingga membuat kulit lebih halus, lembut, dan lembab. Biasanya minyak ini ke lotion atau krim untuk kulit. Minyak ini bisa cepat meresap ke dalam kulit dan mengembalikan kelembaban, sangat bagus untuk kulit kering.

Pemakaian rose hip oil secara teratur pada kulit dengan pemijatan bisa mengurangi kerutan pada wajah, bekas luka, dan pigmentasi.

Cara pakai:
Gunakan minyak rose hip ini ke kulit secara merata. Lalu pijat perlahat. Anda bisa balurkan minyak ini ke seluruh tubuh untuk pijat full body.

Lidah buaya

cara menghilangkan flek hitam wajah
Selain baik untuk rambut, ekstrak lidah buaya juga bagus untuk kulit.

Seperti yang semua orang ketahui, lidah buaya baik untuk rambut, tapi tak semua orang tahu bahwa lidah buaya juga bagus untuk kulit. Lidah buaya bisa menghilangkan noda atau bintik hitam pada wajah secara efektif.

Cara pakai:
Sediakan daun lidah buaya, potong bagian luarnya, lalu ambil gel-nya. Gunakan gel tersebut untuk masker wajah. Lakukan setiap hari, niscaya wajah Anda akan bersih kembali secara perlahan, bebas dari flek hitam.

Jahe

Jahe memiliki beberapa kelebihan untuk kesehatan tubuh, maupun kecantikan kulit, salah satunya adalah melenyapkan noda hitam. Kandungan antioksidan gingerol-nya mampu melawan radikal bebas, memutihkan, dan menghaluskan kulit.

Cara pakai:
Bersihkan wajah. Lalu letakkan potongan jahe di area di mana bintik hitam terlihat, diamkan selama 20 menit. Bilas. Lakukan ini secara teratur.

Minyak jarak

Dahulu, orang-orang hanya tahu kegunaan minyak jarak untuk melancarkan pencernaan. Tapi ternyata minyak jarak juga bisa merawat kulit Anda, memudarkan bintik hitam pada wajah.

Cara pakai:
Oleskan minyak jarak ke area yang terlihat ada bintik hitam. Penggunaan seperti masker. Lakukan ini secara rutin, maka wajah anda akan kembali cerah dan bersih.

Ekstrak teh

Salah satu penghilang bintik hitam alami untuk kulit ini juga bisa berfungsi sebagai pencegah munculnya bintik hitam akibat bekas jerawat. Teh jenis apapun, baik itu hitam atau hijau, semua baik untuk kulit karena adanya antioksida yang terkandung di dalamnya. Melindungi kulit dari radikal bebas, merangsang kulit untuk memproduksi kolagen sendiri, dan melindungi pori-pori kulit dari kotoran.

Cara pakai:
Seduh teh, gunakan air seduhan untuk diaplikasikan ke wajah. Biarkan beberapa menit, lalu bilas bersih.

Buah-buahan

Ada beberapa buah-buahan yang bisa dimanfaatkan sebagai masker penghilang noda hitam pada kulit, di antaranya adalah semangka dan nanas.

Pertama, semangka. Semangka mengandung vitamin A,B, C, dan kaya akan serat. Mampu mengurangi kulit rusak akibat sinar matahari, melembabkan, dan menyegarkan kulit.

Cara pakai:
Kupas buah semangka, ambil kulitnya, sisihkan daging buahnya. Oleskan kulit semangka yang bagian dalam ke kulit yang berbintik hitam, biarkan, lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara berkala, setidaknya 2 kali seminggu.

Kedua, nanas. Selain baik untuk kesehatan, nanas juga bagus untuk kecantikan kulit.

Cara pakai:
Oleskan air nanas ke beberapa area kulit yang terlihat bintik hitam. Biarkan sebentar hingga terserap lalu bilas bersih. Cara ini akan memudarkan bintik hitam secara perlahan.
Sponsored Links

3 KOMENTAR

  1. Saya lagi melakukan nya dngn kentang + madu + lemon . Bru seminggu tpi wajah ku lebih putih tpi flek hitam bekas jrawat nya msih ada . .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here