atasi ketombe bahan rumahan

Ketombe adalah masalah pada rambut berupa pengelupasan kulit kepala yang umum terjadi, dan bisa menimpa siapa saja. Ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering, kulit berminyak yang teriritasi, bakteri dan jamur bernama malasezzia yang tumbuh di kulit kepala, atau terjadinya radang di kulit kepala.

Sponsored Links

Munculnya ketombe akan membuat kepala menjadi gatal, yang akan menimbulkan luka pada kulit kepala jika digaruk terlalu keras.

mengatasi ketombe
Ketombe di kulit kepala dan rambut. [kredit: AllDayChemist]
Ketombe bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan dengan perawatan rambut yang rutin. Penggunaan shampo yang tepat juga akan mengurangi munculnya ketombe. Shampo khusus rambut berketombe yang dianjurkan adalah shampo yang mengandung:

  • zinc pyrithione, yang berfungsi menghilangkan jamur dan bakteri;
  • ketoconazole, yang berfungsi menyingkirkan jamur;
  • selenium sulfide dan coal tar, yang memperlambat pertumbuhan dan mengelupasnya sel kulit di kulit kepala;
  • dan saicylic acid, yang membersihkan kotoran yang menempel di rambut dan kulit kepala.

Cara Rumahan untuk Hilangkan Ketombe

Selain shampo, berikut adalah resep-resep menghilangkan ketombe, yang beberapa bahannya mudah ditemukan di rumah Anda, terutama di dapur Anda. Selain praktis dan alami, Anda tidak perlu repot-repot ke apotek untuk membeli obat ketombe. Selamat mencoba!

1Baking Soda (Soda Kue)

Salah satu bahan kue yang wajib tersedia di rumah ini berfungsi sebagai exfoliant atau pengelupas alami, yang dengan lembut membersihkan sel kulit mati dan menyerap minyak berlebih. Baking soda juga bisa membantu menetralkan pH di kulit kepala, dan mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Cara penggunaan:

  1. Basahi rambut Anda.
  2. balurkan baking soda ke kulit kepala secara merata.
  3. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.
  4. Lakukan 1-2 kali dalam seminggu secara rutin hingga ketombe hilang.

Rambut Anda mungkin akan kering pada awalnya, namun setelah rutin dilakukan selama beberapa minggu, kulit kepala akan memproduksi minyak dengan sendirinya, sehingga rambut Anda akan menjadi lembut kembali.

2Cuka Apel

Cuka apel adalah salah satu solusi masalah ketombe yang ampuh karena mudah terserap ke dalam kulit kepala. Sifat asam cuka akan merubah pH kulit kepala, sehingga mencegah jamur tumbuh dan berkembang. Selain itu cuka juga membersihkan kulit mati serta kotoran yang menempel.

Cara penggunaan:

  1. Campurkan 2-3 sendok makan cuka ke dalam setengah gelas air.
  2. Tambahkan tea tree oil jika Anda punya, lalu aduk.
  3. Aplikasikan air cuka tersebut ke kulit kepala secara merata lalu pijat perlahan dan biarkan selama beberapa menit, atau bungkus kepala dengan handuk selama 15 menit hingga satu jam.
  4. Bilas dengan air saja, jangan memakai shampo. Dianjurkan keramas memakai shampo 12 jam setelahnya.
  5. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu.

3Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki fungsi sebagai anti jamur yag membantu melenyapkan ketombe. Selain itu minyak kelapa juga melembabkan kulit kepala serta melembutkan, sehingga mengurangi rasa gatal.

Cara penggunaan:

  1. Oleskan 3-5 sendok makan minyak kelapa ke kulit kepala Anda.
  2. Pijat perlahan selama beberapa menit.
  3. Lalu diamkan selama setidaknya 20 hingga 1 jam menit sebelum dibilas menggunakan shampo.
  4. Lakukan langkah ini 2-3 kali seminggu.

Anda juga bisa menambahkan air lemon pada minyak kelapa bila perlu.

4Lemon

Buah yang dikenal karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi ini juga bermanfaat untuk rambut dan kulit kepala Anda. Keasaman lemon mampu membunuh jamur penyebab timbulnya ketombe, mengurangi rasa gatal pada kulit kepala, membersihkan kotoran, dan aromanya pun menyegarkan.

Lemon tidak mengandung bahan kimia atau zat keras yang berbahaya, sehingga sangat aman dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Cara penggunaan:

  1. Ambil setengah buah lemon, lalu peras, ambil airnya.
  2. Campurkan air lemon ke dalam setengah gelas yoghurt.
  3. Oleskan ke kulit kepala dan rambut.
  4. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Atau untuk lebih mudahnya campurkan air lemon dengan segelas air, siramkan ke kepala hingga merata dan terkena kulit kepala. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan setiap hari untuk hasil maksimal.

Sponsored Links

5Garam

Semua dapur pasti memiliki garam. Selain untuk bumbu masak, garam juga bermanfaat untuk obat rumahan. Tak terkecuali menghilangkan ketombe. Teksturnya yang kasar bisa membersihkan sel kulit mati yang menempel, menyerap minyak yang berlebih pada kulit, serta mengurangi rasa gatal di kulit kepala.

Cara penggunaan:

  1. Ambil 3 sendok makan garam
  2. Oleskan merata ke kulit kepala.
  3. Pijat perlahan selama 2-3 menit.
  4. Bilas dengan shampo setelahnya hingga bersih.

6Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan resep kuno yang efektif untuk masalah rambut, salah satunya untuk menghilangkan ketombe. Penggunaan minyak zaitun secara rautin akan melembabkan kulit kepala, sehingga kulit kepala tidak kering dan mudah mengelupas.

Cara penggunaan:

  1. Hangatkan kurang lebih 10 tetes atau secukupnya minyak zaitun, lalu oleskan ke kulit kepala.
  2. Beri pijatan lembut selama beberapa menit.
  3. Setelah itu bungkus kepala dengan handuk atau shower cap setidaknya selama 45 menit atau biarkan hingga semalaman.
  4. Bilas dengan shampo esok paginya.
  5. Lakukan setidaknya 2-3 kali seminggu setiap malam.

7Tea Tree Oil

Tea tree oil (minyak pohon teh) adalah minyak anti jamur alami yang cukup kuat dan sudah digunakan selama berabad-abad, sehingga direkomendasikan untuk perawatan kulit, salah satunya kulit kepala. Suku Aborigin di Australia biasanya mengambil daunnya lalu menyobeknya (seperti jika kita memakai daun lidah buaya) sebelum menggunakannya sebagai obat untuk luka.

Selain sebagai pembasmi jamur kulit, tea tree juga mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Saat ini sudah banyak shampo di Indonesia yang mengandung minyak tea tree, dan ada beberapa penjual yang menjual ekstraknya, sehingga tak terlalu sulit untuk mendapatkannya. Walaupun namanya ada kata ‘tea’ yang berarti ‘teh’, bukan berarti minyak ini bisa dikonsumsi, jadi jangan menelan tea tree oil ya!

Cara penggunaan:

  1. Larutkan satu sendok makan tea tree oil ke dalam segelas air hangat, campurkan, lalu masukkan ke dalam botol spray.
  2. Gunakan larutan tea tree oil setelah keramas, semprotkan ke ramput lalu pijat dengan lembut.

Jika Anda tidak mau repot, langsung teteskan tea tree oil ke shampo untuk penggunaan rutin, atau pakai saja shampo yang sudah mengandung tea tree oil.

Anda juga bisa melarutkan beberapa tetes minyak ke beberapa sendok minyak zaitun atau minyak kelapa, lalu oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama 30 menit, atau hingga semalaman lalu bilas keesokan paginya. Lakukan cara ini 1-2 kali seminggu.

8Aspirin

Obat murah yang biasanya digunakan sebagai pereda demam dan sakit kepala ini ternyata juga bisa menghilangkan ketombe. Aspirin mengandung salicylic acid yang juga biasanya ada di dalam shampo anti ketombe. Salicylic acid memiliki zat anti jamur dan anti bakteri untuk menumpas jamur penyebab ketombe di kulit kepala.

Aspirin bisa Anda dapatkan di apotek atau toko obat. Sebaiknya cara ini tidak dilakukan untuk jangka waktu yang lama, dan ibu hamil dilarang menggunakan cara ini untuk mencegah resiko kesehatan janin.

Cara penggunaan:
Hancurkan 2 tablet aspirin sampai halus menjadi serbuk, lalu campurkan ke shampo. Gunakan untuk keramas setidaknya 2-3 kali sehari.

9Mouthwash (cairan pembersih/penyegar mulut)

Di Indonesia, merk mouthwash yang cukup dikenal adalah Listerine. Listerine diciptakan pada tahun 1879 oleh dokter di Missouri dan digunakan oleh dokter-dokter gigi sebagai antiseptik hingga akhirnya dipatenkan dan terus berlanjut hingga sekarang. Kerja mouthwash pada kulit kepala seperti pada saat di dalam mulut, yaitu berfungsi sebagai anti jamur. Sehingga tumbuhnya jamur penyebab ketombe di kulit kepala dapat dicegah.

Cara penggunaan:
Bilas rambut dengan listerine setiap sehabis keramas, pijat dengan lembut dan diamkan beberapa saat, lalu bilas kembali dengan air bersih.

10Lidah Buaya

Lidah buaya mengambat/memperlambat pertumbuhan dan perkembangbiakan sel. Sehingga ketombe, yang biasanya disebabkan karena terlalu cepatnya sel bertumbuh, akan berkurang dan mengembalikan kesehatan kulit kepala serta rambut yang rusak, serta mengurangi gatal akibat ketombe.

Cara penggunaan:
Oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala secara merata, lalu biarkan selama 15 menit sebelum dibilas hingga bersih menggunakan shampo.

11Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu obat dapur untuk mengatasi sakit gigi karena sifat anti bakteri-nya. Begitu pun untuk menghilangkan ketombe. Dengan membunuh bakteri dan jamur penyebab munculnya ketombe, rambut akan bebas dari benda putih itu.

Cara penggunaan:

  1. Hancurkan bawang putih lalu oleskan ke kulit kepala.
  2. Untuk mengurangi bau-nya, campur bawang putih dengan madu, lalu pijat dengan lembut di seluruh kulit kepala.
  3. Bilas hingga bersih setelahnya.

12Konsumsi makanan sehat, tinggi protein

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi otomatis juga akan memberi nutrisi untuk kulit kepala dan rambut Anda. Sayuran hijau, minyak ikan, dan sumber protein seperti ikan, kacang-kacangan, dan telur akan menutrisi rambut dan kulit kepala Anda sehingga tetap sehat, tidak mudah patah, dan terhindar dari ketombe.

Sponsored Links

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here