Cara Hilangkan Komedo Secara Alami Menggunakan Garam

Garam merupakan bahan yang penting dalam urusan dapur. Butiran kecil garam dapat menambah rasa pada masakan, serta membuat tubuh lebih sehat dan energik. Namun tak berhenti disitu, karena garam juga dapat digunakan untuk perawat kulit dan wajah.

Garam cukup populer sebagai bahan utama dalam perawatan kulit di rumah. Butiran garam dapat digunakan sebagai scrub alami untuk kulit, baik untuk wajah maupun tubuh secara keseluruhan. Jika diaplikasikan pada kulit, garam dapat membersihkan kotoran, sel kulit mati, hingga komedo di wajah.

Garam untuk membersihkan komedo

cara hilangkan komedo
Menggunakan garam untuk bersihkan dan hilangkan komedo. [25891/pixabay]
Komedo bisa sangat mengganggu, dan terkadang susah untuk dihilangkan. Namun anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa menggunakan garam sebagai scrub alami untuk menghilangkah komedo yang mengganggu di wajah, serta membuat wajah tampak lebih sehat dan bersih.

Komedo adalah bintik hitam yang menyumbat pori-pori wajah. Produksi minyak berlebih dan timbunan sel kulit mati yang mengisi dan menyumbat pori-pori adalah penyebab utama timbulnya komedo. Komedo biasanya terdapat pada daerah hidung, dagu dan dahi.

Berikut adalah beberapa cara membersihkan komedo menggunakan garam, seperti yang kami kutip dari laman situs Boldsky:

Garam dan gula
Campuran garam dan gula bisa digunakan untuk membersihkan komedo. Campurkan satu sendok makan garam dan satu sendok makan gula pada wadah/mangkuk. Selanjutnya gunakan campuran ini untuk menggosok hidung dan dagu secara lembut, dengan gerakan melingkar, selama 10-15 menit. Setelah itu keringkan bersihkan hidung dan dagu dengan kain/kapas basah, lalu keringkan.

Garam dan madu
Madu diketahui memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti untuk mencerahkan kulit dan membuatnya tampak sehat. Untuk membersihkan komedo, anda bisa mencampur satu sendok makan madu dan dua sendok makan garam. Gunakan resep sederhana ini pada area wajah yang diinginnkan untuk membersihkan kulit mati dan komedo. Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu untuk melihat hasilnya.

Garam dan air perasan lemon
Gunakan air perasan lemon untuk memijat area wajah yang ingin dibersihkan. Selanjutnya, gunakan butiran garam yang basah (campur dengan sedikit air) sebagai scrub untuk menggosok bagian wajah yang berkomedo. Lakukan dengan gerakan melingkar. Setelah 10 menit, bersihkan wajah dengan air hangat secara menyeluruh. Lakukan proses ini sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Garam dan air mawar
Cara lain untuk menghilangkan komedo adalah dengan campuran garam dan air mawar. Tambahkan satu sendok garam pada sebuah wadah, lalu tambahkan satu sendok air mawar. Hancurkan butiran garam dengan air mawar tadi. Ketika sudah dirasa cukup halus, gunakan resep tersebut untuk membersihkan komedo yang berada di hidung, dagu dan dahi anda. Butiran garam berguna sebagai scrub untuk menghilangkan komedo, dan air mawar akan membuat kulit anda lebih cerah. Lakukan proses ini seminggu sekali.

Garam dan pasta gigi
Pasta gigi juga sering digunakan sebagai obat rumahan untuk mengatasi komedo dan jerawat, karena pasta gigi dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Untuk urusan membersihkan komedo, keluarkan pasta gigi dengan cukup tebal di sebuah wadah, lalu taburkan garam di atas dan sekeliling pasta gigi. Aduk pasta gigi dan garam dengan jempol dan jari telunjuk hingga scrub garam menjadi cukup rata. Selanjutnya gunakan pasta tersebut pada area yang diinginkan dan pijat dengan lembut ke arah atas selama beberapa saat, lalu bilas.

Metode ini juga efektif untuk mengatasi kulit kering dan gatal.

Garam dan yogurt
Pijat area berkomedo dengan air garam selama 15 menit, lalu ikuti dengan mengoleskan yogurt pada bagian tersebut. Oleskan yogurt dengan cukup tebal dan merata. Diamkan beberapa saat lalu bilas. Yogurt akan memberikan kesan sejuk pada kulit, serta memiliki efek anti-inflamasi sehingga mencegah terjadinya peradangan pada kulit.

1 KOMENTAR

  1. memang benar, dengan pasta gigi saya bahkan tidak mengalami bekas luka ketika terciprat air panas. walau sedikit cipratannya tapi panasnya minta ampun, saya coba oleskan pasta gigi sampai kering. Setelahnya tidak ada bekas luka sama sekali. patut ditiru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here