10 Trik Mudah untuk Membatasi Porsi Makan Anda

Makanan sehat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kelancaran aktivitas seseorang sepanjang hari. Namun, bukan berati Anda bisa bebas makan makanan sehat secara asal-asalan. Karena meskipun makanan yang masuk kedalam tubuh Anda adalah makanan sehat, namun apabila jumlahnya terlalu banyak atau berlebihan maka tetap saja Anda tidak bisa menghindari ancaman peningkatan berat badan.

Tidak perlu pembatasan kalori yang ekstrim. Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa trik yang dapat Anda gunakan untuk sedikit mengurangi jumlah makanan tanpa perlu merasa kehilangan atau bahkan tanpa Anda sadari.

Mengacu pada buku populer berjudul Mindless Eating karya seorang profesor di Cornell University bernama Brian Wansink, kami akan berbagi 10 cara mudah membatasi makanan tanpa Anda perlu menyadarinya, sebagai berikut:

1Gunakan piring dengan ukuran yang lebih kecil
Pada umumnya makan dengan piring berukuran besar membuat Anda mengambil jumlah makanan lebih banyak jika dibandingkan makan dengan menggunakan piring yang lebih kecil. Kenapa demikian? Karena tanpa Anda sadari jumlah makan yang akan Anda ambil ternyata menyesuaikan dengan seberapa besar piring yang Anda gunakan.

cara membatasi makan
Piring lebih kecil efektif untuk membatasi makan. [Isabelle0583/pixabay]
Logikanya Anda baru akan merasa kenyang apabila memenuhi piring Anda makanan, sehingga saat Anda mengambil makanan di piring besar maka Anda akan memenuhi piring tersebut, sama halnya saat Anda makan dengan piring yang lebih kecil Anda juga akan tetap memenuhinya.

Perbedaannya adalah meskipun sama-sama penuh namun ukuran piring yang lebih kecil memiliki jumlah makanan lebih sedikit jika dibandingkan pada piring yang berukuran lebih besar.

2Pilih gelas yang tinggi
Sama halnya dengan ukuran piring berpengaruh terhadap jumlah makanan, pemilihan ketinggian gelas juga sangat berpengaruh. Bahkan ketika terdapat dua gelas yang memiliki volume yang sama, ukuran gelas yang tinggi membuat gelas terlihat lebih besar jika dibandingkan dengan gelas yang berukuran lebar dan pendek.

Dengan cara ini Anda dapat mengurangi cairan kalori tanpa Anda sadari. Oleh sebab itu pilihlah gelas yang tinggi dibandingkan gelas yang berukuran pendek dan lebar.

3Gunakan piring yang berwarna kontras dengan makanan
Ketika warna piring sesuai dengan warna makanan Anda, maka secara alami Anda akan makan lebih banyak karena otak Anda sedikit kesulitan membedakan ukuran porsi dan piring.

4Jangan makan di depan TV
Kebiasaan makan sambil melihat televisi tampaknya bukanlah kebiasaan yang baik, karena tanpa sadar kebiasaan ini membuat Anda makan lebih banyak dari biasanya karena Anda lebih fokus terhadap layar TV dibandingkan dengan makanan yang sedang Anda makan. Anda terus menyuap tanpa memperhatikan jumlah kalori yang sudah Anda telan.

5Mengunyah dengan benar
Tahukah Anda ternyata saat ini kebanyakan orang jarang mengunyah saat mereka makan, kalaupun mengunyah mereka hanya melakukannya beberapa kali sebelum akhirnya memasukkan lagi makanan yang baru. Cobalah untuk memperlambatnya dan mengunyah dengan benar sehingga kalori yang masuk menjadi lebih sedikit.

6Jauhkan makanan ringan, ganti dengan makanan sehat
Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa orang akan makan lebih banyak ketika mereka melihat ada makanan disekitarnya. Sementara meskipun ada banyak makanan disuatu tempat, namun apabila makanan tersebut tidak berada dekat dari jangkauannya maka memilih untuk tidak mengambilnya.

Oleh sebab itu, untuk menghindari ngemil berlebihan maka pastikan Anda menjauhkan makanan-makanan tersebut jauh dari pandangan Anda, atau lebih baik lagi jika tidak ada sama sekali. Anda bisa menggantinya dengan meletakkan makanan-makanan sehat seperti semangkuk buah-buahan, kacang-kacangan dan lain-lain di sekitar Anda.

7Makan tiga kali sehari
Mungkin Anda mengira dengan melewatkan satu jam makan maka Anda sudah berhasil mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Padahal, saat Anda melewatkan satu jam makan maka Anda akan kesulitan menahan nafsu makan pada waktu makan berikutnya dan Anda akan makan lebih banyak dari jumlah seharusnya.

Maka dari itu, lebih baik untuk tetap konstan makan sesuai pada waktunya dengan porsi yang tepat.

8Asupan protein saat sarapan
Sarapan terbukti dapat membantu menekan keinginan Anda untuk terus makan di waktu berikutnya, dan makan makanan yang kaya akan protein pada saat sarapan telah terbukti dapat menekan nafsu makan Anda sepanjang hari.

9Sembunyikan makanan tidak sehat
Jika Anda menyembunyikan makanan-makanan tidak sehat dengan membungkus mereka menggunakan sesuatu yang Anda sendiri tidak mengiranya maka Anda sendiri akan lupa memiliki makanan tersebut. Anda juga bisa menyelipkan makanan-makanan tersebut di tempat-tempat yang sulit ditemukan.

10Letakkan makanan sehat dalam wadah yang lebih besar
Letakkan makanan-makanan sehat dalam wadah berukuran besar dan makanan tidak sehat dalam wadah yang bebrukuran lebih kecil. Ukuran wadah yang besar cenderung lebih menarik perhatian dibandingkan wadah yang lebih kecil, sehihngga saat Anda sedang mencari makanan maka yang pertama Anda ambil adalah wadah besar yang berisi makanan sehat.

sumber: lifehacker.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here