Cara Membuat Scrub Eksfoliasi dari Bahan Alami

Kulit tubuh dan wajah kita memiliki kemampuan untuk beregenerasi secara alami. Dalam proses ini, sel kulit tertua yang telah mati akan menumpuk di lapisan epidermis terluar. Jika tidak dibersihkan, kulit dapat terlihat kusam dan kasar. Produk perawatan kulit seperti serum dan pelembab juga tidak dapat terserap dengan baik dan sulit bekerja optimal. Jerawat pun lebih rentan muncul jika sel kulit mati tersumbat di pori-pori.

Karena itulah exfoliation atau eksfoliasi (pengelupasan) sel kulit mati perlu dilakukan. Umumnya, eksfoliasi dilakukan 1 sampai 3 kali seminggu sesuai dengan jenis kulit. Pemilik kulit berminyak perlu melakukannya lebih sering daripada pemilik kulit normal dan kering karena penumpukan debris lebih banyak terjadi.

Produk exfoliator banyak tersedia di berbagai toko dan bisa didapatkan dengan mudah. Apabila khawatir dengan kandungan bahan kimia di dalamnya, Anda dapat membuat exfoliating scrub dari bahan alami sendiri. Cara ini juga lebih hemat biaya dibandingkan membeli di toko atau melakukan perawatan di salon.

Berikut ini cara membuat scrub eksfoliasi dari bahan alami:

Oatmeal

Tekstur oatmeal yang lembut dan memiliki sifat anti peradangan cocok digunakan sebagai scrub untuk kulit sensitif, kering, dan mudah berjerawat. Anda dapat mencampurnya dengan madu yang dapat melembabkan kulit dan berfungsi sebagai anti bakteri. Manfaatkan juga minyak almond yang kaya akan asam lemak omega dan vitamin E atau tea trea oil yang lebih ringan.

Campur 1 sdm oat, 1 sdt madu, dan 3 sdt minyak almond hingga mengental. Blender atau tumbuk oatmeal jika butirannya masih terlalu kasar agar tidak menggores kulit. Bersihkan wajah terlebih dulu sebelum menggunakan scrub oatmeal. Pijatkan ke wajah dengan gerakan melingkar ke atas selama 5 menit.

Gula coklat

membuat scrub eksfoliasiGula memang tidak terlalu baik bagi tubuh dan kulit jika dikonsumsi berlebihan. Meski demikian, gula ternyata dapat dimanfaatkan sebagai scrub dan dikombinasikan dengan berbagai bahan alami lainnya. Utamakan gula dengan butiran lembut seperti gula coklat agar tidak melukai kulit.

Lembabkan gula coklat dengan beberapa tetes air, pijatkan ke wajah dengan lembut hingga larut. Anda dapat mengkombinasikannya dengan tea tree oil yang memiliki antiseptik jika wajah Anda mudah berjerawat. Bubuhkan juga sedikit madu dan minyak zaitun jika kulit Anda termasuk kering.

Kopi

Kopi merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai scrub di spa dan salon. Kandungan antioksidannya dapat menangkal radikal bebas dan meremajakan kulit. Kopi pun memiliki asam kafeat yang bermanfaat sebagai anti inflamasi.

Pilih ground coffee atau kopi hasil penggilingan yang memiliki butiran cukup halus. Anda juga dapat memanfaatkan ampas kopi giling yang telah diseduh. Ambil 1 sdm kopi, campurkan dengan air atau minyak zaitun, gosokkan secara perlahan ke wajah. Scrub kopi pun diyakini dapat membantu menghilangkan selulit jika diaplikasikan ke badan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond diketahui memiliki kandungan gizi yang sangat menyehatkan kulit. Tak hanya baik dikonsumsi, almond pun dapat digunakan sebagai exfoliating scrub. Blender segenggam almond hingga terbentuk butiran sebesar garam. Tambahkan 1 sdm minyak kelapa ke 1 sdt almond yang telah digiling dan pijatkan ke wajah.

Minyak kelapa bersifat lembut di kulit, dapat mengatasi iritasi dengan baik, dan melembabkan kulit. Sementara itu, almond mampu melemaskan dan mengangkat sel kulit mati setelah digosokkan dengan lembut. Hindari penggunaan kacang yang terlalu kasar atau kurang digiling dengan baik.

Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat, Alpha Hydroxy Acid (AHA) alami yang dapat membantu melembutkan dan melembabkan, kulit. Vitamin B6 yang dimilikinya juga dapat melancarkan peredaran darah dan menyegarkan kulit. Yogurt cocok digunakan untuk berbagai jenis kulit dan memiliki risiko iritasi rendah. Cara penggunaan yogurt sebagai exfoliator pun tergolong mudah. Oleskan yogurt murni tanpa rasa ke wajah, biarkan sekitar 15 menit, dan bilas hingga bersih.

Pepaya

Pepaya memiliki enzim papain yang dapat mengangkat sel kulit mati tanpa melukai sel-sel baru di bawahnya. Enzim ini pun diyakini dapat membantu menghilangkan flek hitam dan garis-garis halus tanpa penuaan pada wajah. Papain paling banyak terdapat di pepaya yang masih muda.

Cukup lumat pepaya dan gunakan sebagai masker selama sekitar 10 menit. Atau kombinasikan 1 sdm sari pepaya dengan 1 sdm sari nanas, 1 sdm oatmeal atau gula, serta 1 sdm madu murni. Campur semua bahan dan gunakan sebagai scrub pada wajah yang lembab.