Cara Memutihkan Wajah Secara Alami, Cepat, dan Sehat

Memiliki kulit putih merona tentu menjadi idaman banyak wanita masa kini. Penggunaan produk pemutih memang dapat mencerahkan kulit dengan cepat. Sayangnya, beberapa produk tersebut justru mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Sebagian lagi memang aman dan efektif, namun harganya tak terlalu nyaman di kantong.

Solusinya, Anda dapat memutihkan kulit menggunakan masker dari bahan alami yang Anda buat sendiri di rumah. Kulit putih dan sehat, harganya pun terbilang murah, karena bahan-bahannya dapat Anda temukan dengan mudah sehari-hari.

Berikut ini adalah 15 cara memutihkan wajah secara alami dan aman:

1 Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah. Selain dikonsumsi segar, jeruk juga baik digunakan sebagai masker. Campurkan 2 sdm perasan air jeruk dengan kunyit yang telah ditumbuk dan dikeringkan. Aduk merata lalu gunakan di wajah dan leher sebelum tidur.

Tak hanya buahnya, kulit jeruk pun bisa dimanfaatkan. Caranya, jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari hingga kering, tumbuk menjadi bubuk. Campurkan 1 sdm bubuk kulit jeruk ini dengan 1 sdm yogurt. Aduk rata hingga mengental dan gunakan sebagai masker. Tunggu 15—20 menit, bilas dengan air hingga bersih, ulangi 1—2 kali dalam seminggu.

2 Lemon

Seperti jeruk, lemon kaya vitamin C yang memiliki efek mencerahkan dan memicu pertumbuhan sel baru. Lemon pun memiliki antioksidan yang dapat melindungi kulit. Iris tipis lemon dan usapkan ke wajah dengan gerakan melingkar. Atau, gunakan kapas yang telah dicelupkan ke sari lemon. Biarkan cairannya meresap ke wajah selama sekitar ½—1 jam.

Cara lain, campur 3 sdm air perasan lemon dengan 1 sendok teh bubuk kunyit. Aduk hingga merata, oleskan ke wajah, biarkan selama sekitar 1 jam dan bersihkan. Air perasan lemon juga bisa dicampurkan dengan susu dan madu. Apalagi, madu memiliki efek melembabkan sehingga dapat mencegah kulit kering.

3 Pepaya

Meski murah dan mudah ditemukan, pepaya kaya nutrisi yang baik untuk kulit. Vitamin C dalam pepaya bahkan lebih tinggi dibandingkan jeruk atau lemon. Untuk mendapatkan hasil maksimal, konsumsi pepaya segar secara teratur dan gunakan sebagai masker. Cara termudah adalah dengan menggosokkan bagian dalam daging buah pepaya ke wajah. Biarkan mengering, bilas dengan air bersih.

Cara kedua, iris pepaya segar yang telah matang dan hancurkan. Campur dengan air perasan lemon, usapkan secara merata di wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih. Selain daging buahnya, biji pepaya juga memiliki efek mencerahkan kulit. Hancurkan biji pepaya dan rendam dalam air selama 2 minggu. Letakkan dalam wadah tertutup, kocok setiap hari. Saring dan oleskan airnya ke wajah. Biarkan hingga mengering dan bersihkan.

4 Tomat

Likopen dalam tomat mampu memperbaiki tekstur, mempertahankan keremajaan, hingga mencerahkan kulit. Konsumsi 1 buah tomat segar setiap hari tak hanya menyehatkan kulit, tapi juga tubuh Anda. Namun, likopen ternyata lebih banyak tersedia dalam tomat yang telah mengalami pemrosesan.

Likopen terutama paling mudah diserap tubuh saat dioleskan ke kulit karena ukuran molekulnya yang sangat kecil. Campur sari tomat dengan madu atau yogurt dan aduk hingga mengental. Gunakan pasta tomat ini sebagai masker, biarkan selama sekitar 15 menit dan bersihkan. Pakai secara teratur setiap 2—3 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan cepat.

5 Bengkoang

Bengkoang banyak digunakan dalam ramuan tradisional Indonesia untuk memutihkan dan meratakan warna kulit. Untuk menggunakannya, kupas bengkoang dan cuci terlebih dahulu hingga bersih. Parut dan peras bengkoang, endapkan sarinya. Gunakan endapan tersebut sebagai masker setiap 2—3 hari sekali menjelang tidur. Biarkan mengering dan cuci wajah hingga bersih.

6 Beras

bahan alami pemutih wajah
Air beras efektif untuk memutihkan wajah secara alami.

Beras telah menjadi rahasia kecantikan wanita Asia sejak dulu kala. Oleh karena itu, jangan buang air cucian beras Anda. Biarkan beberapa jam hingga muncul endapan putih. Buang airnya dan oleskan endapan tersebut di wajah hingga merata. Bilas dengan air bersih setelah kering.

Air beras juga bisa digunakan setelah difermentasi terlebih dahulu. Air fermentasi ini bahkan mengandung pitera yang banyak terdapat di produk kecantikan berharga mahal. Caranya, biarkan air beras selama 1—2 hari hingga sedikit asam. Rebus beberapa saat untuk menghentikan proses fermentasinya. Biarkan dingin, air fermentasi siap untuk digunakan.

7 Kunyit

Kunyit ternyata tak hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Kunyit juga membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Cara memakainya, tumbuk kunyit hingga menjadi bubuk dan campurkan dengan susu krim hingga mengental. Oleskan ke wajah dan biarkan mengering. Bersihkan masker dan bilas dengan air hangat kuku.

8 Lidah buaya

Lidah buaya dapat mencegah hiperpigmentasi dan mengembalikan warna alami kulit. Tanaman ini juga memiliki efek menyejukkan, membantu regenerasi kulit baru, dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Kupas kulit terluar lidah buaya dan gosokkan dagingnya ke wajah secara perlahan hingga merata. Diamkan selama sekitar 30 menit dan bilas dengan air bersih. Ulangi 2—3 kali seminggu.

9 Kentang

Kentang tak hanya dapat memutihkan kulit, tapi juga menghilangkan kantung mata. Usapkan irisan kentang ke wajah dengan perlahan. Kentang juga dapat ditumbuk terlebih dahulu dan diperas sarinya. Oleskan sari kentang ke wajah dengan menggunakan kapas, tunggu hingga kering sebelum dibilas.

10 Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon yang dapat mencegah penuaan dini. Kedelai juga memiliki senyawa unik bernama STI dan BBI yang sering digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi. Redam kedelai semalaman dan blender dengan air atau susu. Tidak perlu sampai terlalu halus, biarkan mengental dengan sedikit butiran halus. Oleskan pada wajah secara merata dan bersihkan setelah mengering.

11 Mentimun

pemutih wajah alami
Mentimun telah lama dikenal efektif untuk mencerahkan wajah.

Pemakaian masker mentimun dapat membantu mencerahkan warna kulit. Mentimun juga sering digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar wajah. Iris tipis mentimun dan letakkan di wajah selama beberapa saat. Mentimun juga dapat diparut atau ditumbuk untuk diperas sarinya. Campurkan sari mentimun dengan susu dan oleskan di wajah. Tunggu 15 menit dan bersihkan.

12 Wortel

Seperti tomat dan pepaya, wortel mengandung likopen yang dapat menyehatkan dan mencerahkan kulit. Wortel juga membantu menghilangkan kelebihan keratin dan mengatasi jerawat, membuat kulit tampak bersih dan mulus. Parut wortel dan peras sarinya. Campurkan dengan 1 sdt madu dan aduk hingga mengental. Oleskan di wajah dan leher, tunggu 20 menit sebelum dibersihkan.

13 Susu

Susu telah lama diketahui efektif dalam mencerahkan dan melembabkan kulit. Aduk 1 sdt madu, 4 sdt susu, dan 2 sdt sari lemon untuk mendapatkan hasil terbaik. Usapkan ke wajah dengan menggunakan kapas atau ujung jari. Ulangi hingga terbentuk lapisan yang cukup tebal. Biarkan selama 10—15 menit dan bersihkan. Susu juga bisa digunakan tanpa campuran bahan lain.

14 Yogurt

Seperti susu, yogurt juga mengandung asam laktat yang dapat mencerahkan kulit secara alami. Oleskan yogurt murni ke wajah dan biarkan selama sekitar 20 menit, bersihkan dengan air hangat kuku. Gunakan berulang 2—3 kali seminggu. Pastikan untuk menggunakan yogurt murni tanpa gula atau perasa tambahan. Selain madu dan lemon, Anda dapat menggunakan alpukat dan lidah buaya sebagai campuran masker.

15 Madu

Kulit kering merupakan salah satu faktor utama penyebab warna kulit tidak merata. Madu dapat membantu melembabkan sekaligus mencerahkan kulit. Gunakan masker madu murni 2—3 kali seminggu. Madu juga mengandung senyawa antibakteri yang membantu menghilangkan noda bekas jerawat.

Tips lainnya untuk memutihkan wajah secara alami

Untuk mendukung program Anda, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu anda dalam memutihkan kulit secara alami, dan lebih cepat:

cara memutihkan wajah
Gunakan masker alami pemutih kulit secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. [Kaz/Pixabay]
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu setiap akan memakai masker agar lebih mudah diserap oleh kulit.
  • Butuh kesabaran dan ketelatenan untuk mendapatkan hasil optimal dari masker berbahan alami. Meski tidak memberikan hasil instan, produk alami lebih sehat dan aman bagi kulit.
  • Pastikan kulit tidak terluka saat menggunakan masker dari lemon, jeruk, atau buah citrus lainnya. Sifat asam buah citrus dapat menimbulkan rasa perih pada luka tersebut. Masker ini juga tidak dianjurkan pada pemilik kulit sensitif.
  • Penggunaan masker lemon dan jeruk berlebihan dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Cukup gunakan masker 2—3 kali seminggu dan gunakan pelembab setelahnya. Pastikan wajah telah bersih sebelum berpanas-panasan di terik matahari karena reaksi senyawa lemon dan sinar UV dapat menyebabkan fitofotodermatitis.
  • Masing-masing individu memiliki ketahanan kulit yang berbeda-beda. Cobalah untuk mengoleskan masker ke tangan atau belakang telinga terlebih dahulu. Jika aman dan tidak terjadi iritasi, baru gunakan di wajah. Hentikan pemakaian jika muncul gejala iritasi.
  • Rutin melakukan eksfoliasi/scrubbing dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam. Eksfoliasi juga merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan mempermudah penyerapan masker oleh kulit.
  • Lindungi kulit saat beraktifitas di luar ruangan dengan sunblock ber-SPF 30 dan topi. Ulangi pemakaian sunblock setiap 3—4 jam sekali atau setelah basah terkena air. Namun, tak perlu menghindar dari matahari sama sekali karena sinarnya dapat merangsang produksi vitamin D yang diperlukan tubuh.
  • Menjaga kelembaban tubuh dapat mencegah penumpukan sel kulit mati. Gunakan pelembab setiap sehabis mandi atau mencuci muka. Hindari produk yang mengandung alkohol karena dapat membuat kulit kering. Ingat juga untuk selalu minum cukup air setiap hari.
  • Jangan mudah tergiur untuk memakai produk pemutih kulit yang menawarkan hasil instan. Beberapa produk mengandung bahan berbahaya yang dapat merusak kulit dalam jangka panjang.
  • Ingat bahwa warna kulit bukan segalanya dan cobalah untuk mencintai diri Anda apa adanya. Mencerahkan dan memutihkan kulit secara alami memang bisa dilakukan, tapi jangan berharap untuk mendapatkan warna kulit yang benar-benar berbeda dari aslinya. Kulit gelap yang sehat dan bersih akan tampak lebih cantik dari kulit putih yang kusam dan pucat.

Dengan mem-praktekkan beberapa cara dan tips memutihkan wajah di atas, Anda bisa mendapatkan wajah yang lebih putih dan sehat, secara alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here