10 Perawatan Rumahan Untuk Mengatasi Masalah Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang paling umum dihadapi oleh sebagian orang, baik itu laki-laki ataupun perempuan. Masalah ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • stress fisik ataupun psikis,
  • kurangnya asupan protein,
  • faktor genetik,
  • anemia,
  • penuaan,
  • perubahan hormon,
  • kekurangan vitamin B6 dan asam folat,
  • infeksi kult kepala,
  • dermatitis,
  • kehamilan,
  • monopause,
  • penyakit tyroid,
  • penggunaan obat,
  • dan lain-lain.

Beberapa jenis rambut rontok ada yang bersifat sementara dan beberapa yang bersifat permanen. Untuk mencegah gejala rambut rontok yang bersifat sementara Anda dapat melakukan perawatan rambut rontok menggunakan berbagai pengobatan ala rumahan.

Berikut ini adalah 10 perawatan rumahan untuk mengatasi masalah rambut rontok:

Minyak Rambut

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rambut rontok adalah dengan memijat kulit kepala Anda menggunakan minyak rambut yang tepat. Pijatan yang tepat dapat meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, menjaga kondisi kulit kepala dan meningkatkan kekuatan akar rambut. Hal ini juga dapat memberikan efek relaksasi dan mengurangi stress.

Ada beberapa minyak rambut yang dapat Anda gunakan seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak zaitun, minyak jarak, minyak amla dan lain-lain.

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial rosemary untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan cepat. Caranya sangat mudah, Anda cukup mengoleskan salah satu minyak yang sudah disebutkan diatas ke atas rambut dan kulit kepala dengan memberikan pijatan ringan di ujung jari Anda. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Aloe Vera

aloe vera untuk rambut
Tanaman lidah buaya, mengandung aloevera yang baik untuk kesehatan rambut.

Sejak dahulu kandungan aloe vera yang terkandung di dalam tanaman lidah buaya terkenal sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah rambut, salah satunya adalah masalah rambut rontok.

Lidah buaya memainkan peranan penting dalam menyeimbangkan kadar pH di kulit kepala dan rambut. Kandungannya yang mampu meresap jauh ke dalam kulit kepala membuatnya mampu meningkatkan pertumbuhan rambut baru.

Yang Anda butuhkan adalah setangkai tanaman lidah buaya. Pastikan untuk membersihkan rambut Anda terlebih dahulu sebelum memulai proses ini. Kemudian ambil daging dari tanaman lidah buaya tersebut dan gosokkan ke rambut Anda secara merata sambil dipijat-pijat. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air dingin.

Ulangi proses ini sebanyak tiga kali dalam seminggu, lebih baik lagi dilakukan di pagi hari setelah keramas. Atau Anda juga bisa mengkonsumsi 1 sendok makan jus aloe vera dalam keadaan perut kosong untuk mendapatkan pertumbuhan rambut yang lebih baik lagi.

Hati-hati dengan getah berwarna kuning yang terdapat pada tanaman lidah buaya karena mengandung racun dan dapat mengiritasi kulit bagian sebagian orang yang memiliki toleransi rendah terhadap lateks. Jika tetap ingin mencoba cara ini Anda bisa merebus tanaman ini terlebih dahulu sebelum mengeluarkan dagingnya. Karena dengan merebusnya dapat mengubah racun dari tanaman lidah buaya menjadi asam salisilat alami yang tidak berbahaya bagi kulit.

Masker Putih Telur

Telur adalah sumber makanan yang tinggi protein, vitamin B, dan nutrisi penting lain yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Pecahkan dua telur ke dalam mangkok kemudian pisahkan putih dan kuning telurnya. Kocok putih telur secara menyeluruh sampai terlihat mengembang. Gunakan kuas cat rambut dan aplikasikan masker tersebut ke kulit kepala dan rambut Anda. Tutupi kepala Anda dengan topi untuk keramas dan biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin dan bersihkan dengan shampoo. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

Santan Kelapa

Santan kelapa kaya akan vitamin E dan lemak yang sangat membantu untuk melembabkan rambut dan membuatnya tetap sehat. Selain itu santan juga kaya akan kalium yang merupakan unsur penting dalam proses penumbuhan rambut. Ia juga memiliki sifat antibakteri yang dapat melindungi rambut dari kerusakan.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengaplikasikan santan ke kulit kepala Anda dengan menggunakan kuas cat rambut, kemudian tutup kepala Anda dengan handuk dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu lepaskan handuk dan bilas rambut Anda dengan air dingin. Lanjutkan dengan membersihkannya menggunakan shampoo. Anda dapat melakukan cara ini sekali dalam seminggu.

Untuk mereka yang memiliki masalah ketombe tidak disarankan menggunakan cara diatas.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung antioksidan yang dapat memperkuat rambut dan memberikan kilau alami. Ia juga memiliki sifat antimikroba yang membantu mengobatasi infeksi pada kulit kepala.

Caranya sangat sederhana: panaskan sedikit minyak dan tuangkan ke dalam mangkuk kecil. Oleskan minyak kelapa yang sudah dipanaskan tadi secara lembut pada bagian kulit kepala dan akar rambut. Lakukan pijatan ringan secara melingkar. Biarkan selama 30 menit atau Anda bisa membiarkannya semalaman selagi Anda tertidur. Selanjutnya bilas rambut Anda seperti keramas biasa. Lakukan cara ini setiap hari sampai Anda dapat melihat hasilnya.

Jus Bawang

Terdengar tidak biasa, bukan? Namun nyatanya bawang memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan bakteri-bakteri penyebab infeksi pada kulit kepala. Bawang juga memiliki kandungan sulfur yang tinggi sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut dan mempercepat proses pertumbuhan rambut. Sulfur juga dikenal sangat baik untuk mengobati folikel rambut yang terinfeksi.

Untungnya, jus bawang ini tidak untuk Anda minum. Yang Anda perlukan adalah membuat jus bawang merah kemudian masukan kapas ke dalam wadah yang berisi jus bawang tadi. Kemudian oleskan kapas langsung ke kulit kepala Anda. Biarkan selama 30 menit setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air dingin dan keramas seperti biasa. Lakukan cara ini sebanyak satu kali dalam seminggu.

Hati-hati saat menerapkan jus bawang ke kulit kepala. Meskipun tidak berbahaya namun jus bawang ini dapat menyebabkan sensasi terbakar yang lumayan menyakitkan jika tidak sengaja mengenai mata Anda. Apabila hal tersebut terjadi segera cuci bersih bagian mata Anda dengan menggunakan air bersih hingga rasa panasnya menghilang.

Jus lemon

Lemon merupakan astringents terbaik. Mereka mampu mengencangkan pori-pori di kulit kepala Anda sehingga membantu mengendalikan rambut rontok. Selain itu, lemon juga mengandung asam alpha-hydroxyn yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan ketombe. Tingginya vitamin C pada lemon juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Jika Anda juga memiliki masalah rambut berminyak maka jus lemon ini bisa menjadi jalan keluarnya.

Caranya adalah potong masing-masing lemon dan buat menjadi secangkir jus lemon. Saring jus ke dalam mangkuk dan campurkan dengan air hangat. Sebelum mengaplikasikan jus lemon ini pastikan untuk mencuci rambut Anda terlebih dahulu baru kemudian tuangkan secara perlahan-lahan ke kepala Anda sambil memijat kulit kepala. Biarkan selama lima menit kemudian cuci menggunakan air dingin. Anda bisa melakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

Hati-hati saat mengaplikasikan jus lemon ini, jangan sampai mengenai mata. Bersihkan dengan air dingin apabila mata Anda tidak sengaja terkena air lemon.

Teh Hijau

Teh hijau diketahui membantu merangsang folikel rambut dan meningkatkan produksi rambut. Selain itu teh hijau juga membantu meningkatkan metabolisme Anda yang juga mempengaruhi peningkatan laju pertumbuhan rambut.

Siapkan 2 kantong teh hijau dan 2-3 cangkir air panas. Masukan dua kantong teh hijau ke dalam air panas dan tunggu sampai air mendingin. Gunakan air dari teh hijau yang sudah mendingin ini untuk membilas rambut Anda. Ulangi prosedur ini sebanyak dua kali dalam seminggu setelah keramas.

Kentang

Kandungan kalium, vitamin dan zat besi yang terkandung di dalam kentang sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa salah satu penyebab rambut rontok adalah kekurangan kalium. Maka kentang, dengan kandungan kaliumnya, tentu saja dapat menjadi alernatif alami untuk mengatasi masalah rambut rontok Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah menyiaplan 1 kentang, 1 sendok teh madu, dan air sebanyak 1 sendok teh. Petama-tama, cuci kentang dan kupas kulitnya. Potong-potong menjadi ukuran kecil dan haluskan mereka menggunakan blender. Tambahkan sedikit air untuk mempermudah proses menghaluskan kentang.

Tuangkan jus kentang ke dalam mangkuk yang sudah diberikan saringan untuk menyaring bagian ampasnya. Setelah mendapatkan airnya, tambahkan satu sendok teh madu dan air kemudian campur hingga merata. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut, biarkan selama 30 menit. Bilas menggunakan shampo. Jika diperlukan Anda dapat melakukan cara diatas sebanyak sekali dalam seminggu.

Madu dan Minyak Zaitun

Madu dan minyak zaitun merupakan kombinasi yang baik untuk mengatasi masalah rambut rontok. Yang perlu Anda lakukan adalah masukan 2 sdm madu dan 2 sdm minyak zaitun ke dalam sebuah mangkuk. Aduk perlahan dan tambahkan satu sendok bubuk kayu manis segar untuk membuat pasta.

Oleskan campuran yang telah Anda buat tadi pada kulit kepala dan rambut kemudian biarkan selama 20 sampai 25 menit. Oleskan campuran ini pada kulit kepala Anda secara teratur setiap seminggu sekali. Hal ini akan membantu dalam menguatkan akar rambut Anda dan efektif dalam menumbuhkan rambut baru.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here