5 Cara Sederhana Mengobati Jerawat Secara Alami

Mengobati jerawat secara alami merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan menggunakan berbagai produk perawatan lainnya, yang umumnya mengandung bahan kimia. Jerawat di wajah harus ditangani dengan baik karena dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Tapi tidak jarang produk obat jerawat di pasaran tidak mampu membantu menangani masalah ini. Itulah mengapa, menangani jerawat secara natural bisa dijadikan pilihan yang bijak.

Cara Alami Mengobati Jerawat

Di bawah ini adalah beberapa langkah menangani jerawat secara alami:

# Konsumsi bawang putih

Bawang putih mampu melawan berbagai bakteri berbahaya yang terdapat di pori-pori kulit. Selain itu, bawang putih juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara umum, termasuk pada kulit, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

# Olahraga dan waktu tidur yang cukup

Berbagai aktivitas dan stres yang ditimbulkannya setiap hari dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormonal, yang akhirnya dapat mengakibatkan jerawat.

Olahraga rutin dan pengaturan waktu tidur yang baik akan membantu menyeimbangkan hormon tubuh, oleh karena itu juga membantu dalam menangani jerawat.

olahraga
Olahraga teratur dapat mengobati dan mencegah masalah jerawat secara alami.

# Sinar matahari pagi

Paparan sinar matahari dapat menyembuhkan jerawat secara alami. Bukan sinar matahari terik, namun sinar matahari di pagi hari. Kulit membutuhkan sinar matahari agar sel-selnya tetap sehat dan aktif. Sinari kulit dan wajah dengan cahaya matahari pagi setidaknya 10-15 menit setiap harinya, antara jam 8 – 11 pagi.

# Basuh wajah dengan air hangat

Air hangat sangat baik untuk mengobati jerawat secara alami. Jerawat dapat timbul karena kotoran yang terdapat pada pori-pori wajah. Membasuh wajah dengan air hangat akan membuka pori-pori kulit untuk sementara, lalu ikuti dengan sabun khusus yang biasa digunakan untuk membersihkan wajah.

Bersihkan wajah secara menyeluruh. Setelah itu, basuh kembali wajah dengan air dingin agar pori-pori menutup kembali.

# Membersihkan racun dalam tubuh secara natural

Saat ini, berbagai jenis toksin atau racun dapat masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara, baik itu melalui makanan yang kurang sehat, polusi, dan lain sebagainya. Toksin dapat menstimulasi pertumbuhan jerawat. Oleh karena itu, detoks atau membersihkan racun dalam tubuh dapat mengobati sekaligus mencegah jerawat.

Cara alami untuk membersihkan racun dalam tubuh adalah dengan meminum air putih yang cukup setiap harinya, serta tingkatkan konsumsi makanan sehat, yang mengandung banyak sayur dan buah-buahan, serta mengandung antioksidan tinggi.

Selanjutnya toksin akan keluar keluar melalui urine atau keringat, dan mencegah pertumbuhan jerawat dari dalam tubuh secara alami.

Dengan melakukan langkah-langkah alami di atas secara rutin, anda bisa mengatasi masalah jerawat sekaligus mencegah jerawat muncul kembali.