Cara Meningkatkan Nafsu Makan

Sponsored Links

Hilangnya nafsu makan, atau nafsu makan yang menurun, biasanya merupakan sebuah gejala dari masalah lain yang lebih mendasar seperti penyakit, kondisi psikologis tertentu, pola hidup, ataupun karena faktor usia.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab turunnya nafsu makan seseorang. Sebut saja ketika sedang mengkonsumsi obat/dalam pengobatan, kondisi emosional seperti depresi atau kecemasan berlebih, hingga merokok atau mengkonsumsi alkohol.

Konsultasikan dengan dokter anda untuk memastikan penyebab utama hilangnya nafsu makan anda, karena bisa saja kondisi tersebut disebabkan oleh penyakit lain yang lebih serius.

Menambah Nafsu dan Selera Makan

1

Makanan penggugah selera
Suguhlah makanan yang lebih atraktif dan lebih beraroma dari biasanya. Hal ini dapat menambah selera makan anda sehingga dapat memperbaiki nafsu makan yang menurun. Makanan yang “sedap” di mata dan di hidung tentu akan menggugah selera siapa saja. Mintalah anggota keluarga untuk menyajikan makanan favorit anda.

Cobalah hindari minum sebelum atapun saat sedang makan, karena minum dapat membuat anda merasa kenyang lebih cepat.

Jika masalah nafsu makan terjadi pada anak Anda, baca: Tips dan Cara Menambah Nafsu Makan Anak.

2

Bumbu makanan dan herbal
Nafsu makan juga dapat distimulasi melalui bumbu atau herbal seperti daun jahe, gingseng (tidak baik bagi penderita tekanan darah tinggi), daun pepaya, dandelion, jeruk atau lemon, daun peppermint, temulawak, hingga daun alfalfa.

3

Multivitamin
Konsumsilah multivitamin untuk menggantikan nutrisi yang hilang selama nafsu makan anda sedang turun. Asupan vitamin B juga baik untuk merangsang nafsu makan anda. Begitu pula dengan asupan zinc dan copper (tembaga) yang dapat membantu ‘mempertajam’ indera perasa anda.

Lihat berbagai rekomendasi suplemen dan multivitamin penambah nafsu makan untuk Anda maupun anak Anda di sini.

4

Aktifitas fisik
Berolahraga, walaupun ringan, dapat meningkatkan nafsu makan secara efektif. Jalan santai, bersepeda, berenang, hingga yoga dapat menimbulkan rasa lapar tanpa membakar kalori secara berlebihan. Olahraga akan membantu penyerapan nutrisi dari makanan dan memancing rasa lapar anda, sehingga akan meningkatkan nafsu makan anda secara pasti.


Tips bermanfaat lainnya:

  • Minum susu tiga kali sehari untuk mendapatkan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
  • Makan lebih banyak roti gandum, biskuit, sereal bergizi, dan camilan sehat lainnya.
  • Petimbangkan untuk mengkonsumsi alpukat, pisang, puding (agar-agar), yogurt, hingga selai kacang, yang kesemuanya sangat bergizi dan baik untuk pencernaan.
  • Minuman probiotik juga sangat baik untuk menambah jumlah bakteri-baik pada sistem pencernaan anda.

Jika nafsu makan anda yang buruk berhubungan dengan keadaan emosional seperti depresi dan kecemasan berlebih, konsultasikan masalah tersebut dengan tenaga medis profesional untuk mendapatkan rekomendasi dan penanganan yang sesuai. Berusaha keras meningkatkan nafsu makan kemungkinan akan gagal jika dilakukan dalam keadaan emosional yang tidak sehat.

10 KOMENTAR

  1. Saya adlh ibu rumah tangga umur saya 35 ank saya 2 umur 7 dn 3th stlh saya tdk menyusui bb badan saya ko menurun bb cm42 tb 150,normalnya itu.trimakasih

  2. saya kurus dan minat makan saya kecil sekali kecuali kalau lihat nasi padang dengan daun ketela sama sambel ijo ditambah kuah nya jadi lahap makan , kenapa ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here