Cara Menurunkan Demam Secara Alami

Rata-rata suhu normal pada orang dewasa adalah 37 derajat celcius. Meskipun begitu, setiap orang mungkin berbeda 1 sampai 2 derajat lebih rendah atau lebih tinggi dari suhu normal. Apabila suhu tubuh mulai mencapai 39 derajat celcius, inilah yang biasanya disebut demam.

Demam merupakan salah satu reaksi tubuh terhadap infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Saat ditemukan infeksi di dalam tubuh, sel darah putih akan mengeluarkan zat yang disebut pyrogen. Ketika pyrogen sudah mencapai otak, ia akan memberi sinyal pada hipotalamus untuk meningkatkan suhu tubuh.

Mengatasi Demam Secara Alami

Saat tubuh diserang demam, tentu terasa sangat tidak nyaman. Anda mungkin merasa malas untuk makan, minum, dan tidur pun terasa tidak enak. Agar demam tidak semakin parah, berikut langkah-langkah menurunkan demam yang dapat Anda lakukan di rumah.

Jangan memakai selimut

Saat tubuh menggigil dan gigi gemeretak, memakai selimut tentu membuat Anda merasa nyaman. Namun, memakai selimut pada saat demam malah membuat panas tubuh tertahan dan demam menjadi semakin buruk. Bila panas tubuh sangat tinggi, lepaskan selimut tersebut dan ganti dengan kain yang tipis.

Mandi air hangat

Mandi air hangat dipercaya dapat menurunkan demam dan membuat tubuh lebih rileks. Air hangat juga dapat membunuh bakteri dan organisme. Jangan mandi dengan air dingin untuk memaksa demam turun dengan cepat, hal ini hanya akan membuat darah cepat mengalir ke organ dalam dan membuat panas tubuh semakin tinggi.

Kompres hangat

Jika Anda tidak ingin mandi, coba dengan kompres hangat. Basahi handuk dengan air hangat, lalu letakkan pada dahi atau lengan.

Selain kompres, menggunakan kaos kaki basah sebagai kompres juga bisa dilakukan. Pertama, rendam kaki dengan air hangat. Kemudian, basahi kaos kaki tipis dengan air dingin, peras, lalu pakai sebelum tidur. Lapisi kaos kaki tadi dengan kaos kaki kering yang tebal. Cara ini dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Makanan pedas

Cabai mengandung senyawa kimia bernama capsaicin yang mempunyai cita rasa pedas. Jika Anda memakan makanan pedas saat demam, ini akan membuat Anda berkeringat dan sirkulasi darah meningkat. Tentu hal tersebut bisa membantu Anda menurunkan suhu badan yang panas.

Minum banyak air putih

Saat demam, Anda tentu merasa enggan untuk makan dan minum. Namun, dehidrasi malah membuat suhu tubuh naik, sakit kepala, dan kram otot. Penuhi kebutuhan cairan tubuh semaksimal mungkin dengan minum air putih 2 liter per hari.

Minum teh jahe

Jahe akan membantu membuka pori-pori yang membuat tubuh mengeluarkan keringat dan menurunkan demam. Jahe juga dapat meredakan flu.

Jus buah

Buah-buahan dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Nanas yang segar dapat membantu menurunkan demam karena kandungan zat di dalamnya. Selain nanas, air apel merupakan pilihan tepat, dan rasanya yang enak. Untuk membuatnya juga sangat mudah, kupas 3 buah apel, iris dan didihkan bersama 3-4 gelas air sampai apel hampir lunak. Lalu saring airnya dalam gelas dan tambahkan 2 sendok madu.

Air Seledri

Masukkan seledri dalam setengah liter air mendidih dan biarkan selama 15 menit. Saring dan tambahkan madu secukupnya, lalu minum. Air seledri, selain dapat menurunkan demam, juga dapat membantu Anda tidur dengan nyaman.

Atur suhu ruangan

Atur suhu ruangan senyaman mungkin. Jika terlalu panas, tubuh akan memproduksi keringat berlebih dan membuat dehidrasi. Jaga suhu ruangan antara 20 – 25 derajat celcius.

Gunakan baju yang nyaman

Gunakan baju yang tipis dan longgar. Hindari baju yang ketat karena akan mengganggu sirkulasi.

Demam dapat berlangsung selama beberapa hari. Apabila Anda telah melakukan langkah di atas dan demam tidak juga turun, cepat hubungi dokter agar tidak terjadi masalah yang lebih serius dan dapat cepat ditangani.