Cara Mudah Membuat Rumah Anda Selalu Sehat

Sebenarnya membuat rumah yang sehat dan terawat tidak harus selalu mahal dan merepotkan. Anda cukup melakukan beberapa cara mudah berikut ini dan melakukan sedikit perubahan disekitar maka Anda bisa meningkatkan kesehatan rumah Anda.

Berikut ini adalah 6 cara mudah membuat rumah Anda selalu sehat dan terjaga kebersihannya:

Rutin membersihkan debu yang ada di sekitar rumah
Debu sangat berpotensi memicu timbulnya alergi seperti gatal-gatal dan gangguan pernafasan bagi sebagian orang. Oleh sebab itu pastikan untuk membersihkan debu-debu dengan benar hingga keseluruh sudut-sudut rumah.

Anda bisa menggunakan vacuum cleaner dua kali dalam seminggu untuk membersihkannya, tapi jangan lupa untuk membersihkan kantong dan filter dari vacuum cleaner tersebut supaya debunya tidak kembali ke udara.

Simpan bahan-bahan kimia berbahaya di tempat yang aman
Bahan-bahan kimia tidak boleh diletakkan di sembarang tempat dan harus di jauhkan dari jangkauan anak-anak karena sangat mungkin menimbulkan kecelakaan yang tidak diinginkan.

Jangan menyimpan bahan-bahan kimia berbahaya di wadah-wadah yang familiar oleh anggota keluarga seperti bekas botol minuman karena apabila tidak berhati-hati bisa saja salah satu anggota keluarga Anda tidak sengaja meminum atau tertelan cairan tersebut.

Sering-sering mencuci tangan
Kebiasaan mencuci tangan merupakan sebuah kebiasaan baik yang bisa menjaga Anda dan anggota keluarga dari berbagai bahan-bahan kimia berbahaya yang ada di sekitar Anda. Usahakan untuk menghindari penggunaan sabun anti bakterial karena sebagian peneliti percaya bahwa penggunaan sabun anti bakterial secara berlebihan menjadi salah satu penyebab melemahnya sistem imun seseorang sehingga untuk beberapa kasus lebih mungkin memicu terjadi asma dan reaksi alergi.

Baca juga cara mencuci tangan yang tepat dan benar.

Membuat taman
Manfaatkan lahan yang ada di halaman depan atau belakang rumah Anda sebagai taman. Taman yang dilengkapai dengan berbagai macam tumbuhan sangat baik untuk memberikan kesegaran dan menstabilkan suhu udara serta membantu menurunkan kadar polusi di sekitar rumah.

Jauhkan rumah dari asap rokok
Semua orang tahu bagaimana dampak buruk dari asap rokok. Oleh sebab itu, apabila ada anggota keluarga yang merokok maka sebaiknya tidak dilakukan di dalam rumah. Supaya udara di dalam rumah tidak kotor dan tercemar yang dapat membahayakan kesehatan anggota keluarga.

Memiliki sirkulasi udara yang baik
Rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara yang baik membuat udara di dalam rumah tetap segar dan bersih. Pastikan setiap ruangan di dalam rumah memiliki ventilasi yang cukup sehingga udara dapat keluar masuk dengan lancar. Biarkan cahaya masuk ke dalam rumah untuk menghindari udara yang pengap dan lembab.

Note: artikel ini disponsori oleh UrbanIndo, situs jual beli rumah, tanah dan properti. Kunjungi UrbanIndo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here