20+ Cara Membersihkan Komedo Yang Bisa Anda Lakukan Sendiri Di Rumah

Siapa yang tak ingin memiliki wajah bersih, cerah, dan bersinar? Semua orang – terutama wanita – pasti mendambakannya. Tapi tentu saja pasti ada saja masalah pada kulit wajah yang mengganggu. Salah satunya adalah komedo.

Komedo terlihat seperti titik hitam atau titik putih yang umumnya muncul di hidung dan sekitar pipi. Komedo muncul karna kotoran dan debu yang menumpuk dan terperangkap di pori-pori. Komedo hitam muncul saat pori-pori penuh dengan sel kulit mati dan minyak tapi bagian ujung pori-pori terbuka, sehingga tumpukan kotoran ini menghitam karna terkena udara. Sedangkan komedo putih terjadi karena tertutupnya pori-pori dengan kotoran di dalamnya.

Mengatasi Komedo di Wajah (Home Remedies)

Jangan biarkan komedo bersarang lama di wajah Anda ya, karena jika terinfeksi oleh Propionibacterium acnes akan menjadi lebih parah, seperti timbulnya benjolan atau daging tumbuh.

Biasanya komedo banyak terjadi pada orang dengan tipe kulit berminyak. Tapi bisa juga terjadi karena faktor perubahan hormonal, yaitu orang yang dalam masa pubertas atau kehamilan.

Membersihkan wajah dengan sabun ber-scrub bukan cara yang tepat untuk menghilangkannya, justru akan membuat kulit menjadi kering dan memaksanya menghasilkan lebih banyak minyak.

Ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa perlu ke salon, dengan bahan-bahan yang cukup alami dan mudah didapatkan. Selamat mencoba!

Masker Putih Telur dan Madu
Putih telur menutrisi kulit, memperkokoh dan mengecilkan pori-pori, sehingga mengurangi kemungkinan munculnya kembali komedo. Sedangkan madu membuat kulit jadi lebih lembut.

cara atasi komedo
Madu bisa dicampur dengan banyak bahan alami lainnya, untuk masker wajah atasi komedo.

Yang Anda butuhkan adalah sebutir telur (gunakan putihnya saja), satu sendok madu murni, dan satu sendok yogurt. Campurkan semua bahan. Setelah membersihkan wajah Anda, oleskan bahan ke wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.

Madu dan Susu
Madu mampu menyingkirkan komedo secara efektif dan melembutkan serta melembabkan kulit, selain itu madu juga mempunyai sifat antibakteri. Selain dicampur putih telur, madu juga bisa digabung dengan susu sebagai masker untuk menghilangkan komedo.

Susu mengandung asam laktat yang membuat kulit menjadi halus dan kenyal.

Caranya dengan mencampur sesendok madu murni dan satu sendok-teh susu, dipanaskan atau direbus selama 5-10 detik lalu diaduk merata. Diamkan hingga agak dingin. Gunakan kuas untuk mengoleskan masker ke wajah secara merata, biarkan hingga 30 menit. Pijat wajah beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

Oatmeal atau Almond
Membuat scrub oatmeal tidak lah susah. Cukup campurkan oatmeal dengan madu murni, takaran yang disesuaikan dengan kebutuhan. Oleskan ke wajah dan didiamkan selama 20 menit. Pijat wajah sebelum dibersihkan dengan air hangat. Oatmeal bisa diganti dengan kacang almond yang sudah digiling hingga halus.

Cuka Apel
Kali ini bukan masker atau scrub yang akan Anda coba, tapi toner. Cuka apel akan menghancurkan kotoran penyebab komedo. Cukup oleskan cuka apel ke wajah, biarkan mengering dan tidak perlu dibilas. Untuk membuat kulit lebih segar dan mencegah iritasi, campurkan mint dan cuka, lalu simpan selama seminggu di kulkas. Setelah itu campur dengan segelas air, dan gunakan setiap malam hari sesudah membersihkan wajah.

Baking Soda (Soda Kue)
Disarankan jangan terlalu sering menggunakan baking soda sebagai masker, karena akan membuat kulit kering. Campur baking soda dengan air, kemudian dioleskan merata ke wajah. Pijat dengan lembut, lalu bilas dengan air bersih.

Air Lemon
Lemon mengandung Alpha Hydroxy Acid yang mengelupas kulit secara alami, disamping itu lemon juga mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Sebaiknya jika Anda menggunakan metode ini, gunakan sunblock atau tabir surya jika berpergian, karena lemon membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap cahaya.

Langkah yang harus Anda lakukan adalah memeras lemon lalu sisihkan airnya. Gunakan kapas untuk mengoles air lemon ke wajah. Lakukan ini 3-4 kali dalam seminggu setiap malam hari, dan cucilah muka dengan air hangat di keesokan paginya. Jika kulit Anda sensitif, campur air lemon dengan air terlebih dahulu.

Minyak Tea Tree
Memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, minyak tea tree sangat bagus digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Termasuk menyingkirkan komedo. Campur tea tree dengan air lalu oleskan di bagian wajah yang berkomedo atau terkena infeksi menggunakan kapas, Biarkan mengering tanpa perlu dibilas.

Anda bisa menyampurnya dengan lidah buaya untuk melembutkan dan menyehatkan kulit.

Beras
Masker beras? Mungkin ini akan terdengar agak aneh. Tapi ini benar, Anda bisa menghilangkan komedo dengan beras.

Caranya mudah. Tuangkan segenggam beras ke dalam susu, rendam selama 4-5 jam, lalu giling hingga lunak dan tercampur menjadi seperti bubur. Oleskan ke seluruh wajah dan pijat perlahan dengan sedikit tekanan pada area yang berkomedo. Lakukan selama 5-10 menit, setelah itu bersihkan.

Kentang
Parut kentang, lembutkan. Ambil adonan kentang, taruh ke area wajah di mana komedo terlihat. Biarkan selama 20 menit lalu bilas.

Bubuk Kayu Manis dan Madu
Terdengar lezat, ya? Tapi percayalah, campuran kayu manis dan madu patut Anda coba untuk melenyapkan komedo di wajah. Kayu manis ternyata membantu sirkulasi, meningkatkan aliran darah, dan mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit menjadi sehat, halus, dan bercahaya.

Pertama Anda campurkan madu murni dengan kayu manis hingga menjadi seperti krim. Anda boleh menambahkan sesendok air lemon jika suka. Oleskan krim tersebut ke wajah Anda dengan bagian yang lebih tebal di sekitar komedo. Bersihkan wajah setelah dibiarkan selama 5 menit.

Tanah Liat
Agak menjijikkan memang, menaruh tanah ke wajah kita. Tapi, tahukah Anda bahwa tanah liat kaya akan kandungan mineralnya yang sudah digunakan berabad-abad untuk mengobati beberapa permasalahan kulit?

Saat dalam keadaan basah, tanah liat menyerap minyak dan kotoran lain dari dalam pori-pori. Selain itu, tanah liat juga memperlancar sirkulasi darah, mencerahkan kulit, dan membuatnya sehat.

Anda bisa menyampurnya dengan air, cuka apel, dan bahan alami lain yang cocok untuk wajah Anda. Jangan tambahkan bahan apapun jika kulit Anda sensitif. Lalu oleskan ke muka, dan cuci bersih setelah 25 menit.

Masker tanah liat akan membuat wajah Anda menjadi kaku saat masker kering, itu wajar kok. Jangan lupa mencuci wajah Anda dengan sabun muka yang bisa melembutkan kulit Anda.

Pasta Gigi
Cara paling simpel, nih. Tak perlu ribet mencampur-campur bahan. Lumurkan sejumput pasta gigi ke area komedo tumbuh subur. Oles tipis-tipis merata. Biarkan mengering. Lalu bersihkan pasta gigi dengan handuk, tisu basah, atau memakai kain. Ulangi langkah ini setiap minggu.

Tomat
Ambil tomat ukuran sedang lalu haluskan. Lumurkan ke wajah di mlam hari sebelum tidur, pijat perlahan pada area berkomedo selama beberapa menit. Jangan membersihkannya hingga esok pagi. Antiseptik pada tomat akan membantu Anda mengatasi masalah kulitmu ini.

Air
Dari semua cara di atas dan di bawah, cara ini cukup penting dan sebaiknya dilakukan setiap hari. Yaitu, mencuci muka dengan air. Cuci muka 2 kali dalam sehari mengurangi melebarnya pori-pori, sehingga tidak banyak kotoran yang masuk.

Yogurt
Campurkan yogurt, oatmeal, minyak zaitun, dan air jeruk nipis. Aduk rata hingga menjadi seperti krim. Balurkan pada wajah lalu diamkan selama 5 menit. Bilas.

Minyak Kacang Tanah
Minyak kacang tanah selama ini jarang diketahui manfaatnya – malah beberapa tidak tahu apa itu minyak kacang tanah. Minyak ini memberi gizi pada kulit, membantu menyingkirkan komedo, dan mencegah mereka timbul kembali.

Campurkan 2-3 tetes minyak kacang tanah ke air jeruk nipis, oles pada wajah. Bilas setelah dibiarkan selama 20-30 menit.

Uap Air
Inilah cara termudah menyingkirkan komedo dari wajah Anda. Uap panas akan membuka pori-pori wajah dan melunakkan kotoran serta sel kulit mati yang mengeras di dalamnya. Hanya air, panci, dan handuk yang akan Anda butuhkan. Tambahkan minyak esensial sebagai aromatherapy atau wewangian jika Anda suka.

cara singkirkan komedo wajah
Uap air sangat bagus untuk membuka pori dan melunakkan komedo.

Pertama, didihkan air dalam panci. Balut handuk di kepala dan posisikan wajah Anda di atas panci, terkena uap dari air yang mendidih selama 15 menit atau hingga komedo menjadi agak lunak. Pencet atau dorong komedo keluar dengan tangan, tapi jangan terlalu keras. Lakukan ini seminggu sekali.

Berkeringat
Dengan berkeringat, akan membuat pori-pori menjadi basah sehingga melunakkan dan membuang kotoran yang terperangkap. Ini sama halnya yang terjadi dengan menguapi wajah dengan uap air panas. Tapi jika Anda tak segera membersihkan keringat setelah beraktifitas, justru keringat yang mengering di kulit akan menutup pori-pori dan membuat kulit menjadi lebih kotor dan kusam.

Jadi rajin-rajin lah berkeringat dan membersihkan keringat Anda setelahnya.

Sugar Scrub
Salah satu penyebab komedo adalah menumpuknya sel kulit mati. Sugar scrub atau lulur gula membantu menyingkirkan sel kulit mati, menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat, melembutkan, dan mencerahkannya.

Pakai juga minyak jojoba bersama dengan sugar scrub. Jika Anda kurang suka, bisa diganti dengan minyak biji anggur, zaitun atau almond

Buat sendiri sugar scrubmu yuk, mudah kok.

Satu gelas gula (gula pasir atau gula jawa/aren) dicampur dengan 4 sendok minyak jojoba dalam sebuah wadah seperti tupperware, aduk rata. Ambil sedikit sugar scrub, aplikasian ke bagian yang ada komedo, lalu pijat perlahan. Bilas dengan air bersih. Setelah selesai simpan di tempat yang sejuk. Sugar scrub ini bisa Anda gunakan setiap 2-3 kali seminggu.

Bawang Putih, Kulit Jeruk, dan Air Lemon
Bahannya adalah tiga sendok air lemon, 2 siung bawang putih, setengah bagian kulit jeruk yang sudah dijemur dahulu. Blender semua bahan hingga menjadi berbentuk pasta/krim, dan gunakan pada wajah. Diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih. Ulangi 2 kali dalam seminggu.

Sabun dan Garam
Aduk rata setengah sendok garam dengan sesendok sabun untuk muka. Balurkan pada muka secara merata, pijat perlahan. Bilas dengan air dingin setelahnya.

Tepung Gram (Besan)
Salah satu cara menyingkirkan komedo dari bahan dapur adalah dengan tepung gram atau gram flour atau besan, dengan membuatnya menjadi krim masker. Caranya adalah dengan mencampur sesendok susu murni atau air mawar dengan tepung gram. Gunakan sebagai masker. Oleskan pada wajah, dan biarkan mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Asam Salisilat
Asam salisilat sangat efektif untuk menghilangkan komedo yang sudah parah dan jerawat dengan membunuh bakteri yang berada di kulit. Anda bisa membelinya di apotek dalam bentu salep. Gunakan cara ini bila cara di atas tidak berhasil, atau komedo Anda sudah berada di tingkat lanjut. Cukup pakaikan di bagian berkomedo saja, jangan seluruh wajah.

Benzoil Peroksida (Benzoyl Peroxide)
Adalah salah satu obat pembunuh bakteri yang ampuh penghilang jerawat dan komedo yang sudah sangat parah. Jika komedo Anda masih ringan sebaiknya jangan menggunakan obat ini.

Ingat, jangan kekurangan minum air putih agar kulit terhidrasi dengan baik, sehingga terhindar dari jerawat dan kelembabannya terjaga. Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan, jangan sentuh wajah dengan keadaan tangan kotor. Jaga makanan, dengan memakan banyak buah dan sayur segar.

Semoga tips menyingkirkan komedo dengan mudah dan alami tadi berhasil untuk Anda. Jika tidak, segera konsultasikan ke dokter kulit Anda.

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.