5 Tips Tidur Sehat dan Berkualitas

Jika Anda memiliki masalah tidur atau mengalami keadaan dimana Anda merasa kurang nyaman ketika tidur di malam hari maka ada baiknya mulai saat ini Anda harus mulai memperhatikan pola tidur serta cara untuk menangani masalah gangguan tidur tersebut.

Meskipun kedengarannya sepele namun hal ini juga dapat mengganggu aktifitas Anda keesokan harinya  dan tentu saja ini bukanlah kabar yang baik. Jika Anda kurang tidur maka Anda bisa menjadi kurang fokus, tubuh terasa lemas, terus-terusan menguap, bahkan tertidur di jam kerja. Tentu saja Anda tidak mengharapkan hal tersebut terjadi bukan?

Oleh karenanya kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang akan membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Membuat jadwal tidur yang tetap

Cobalah untuk bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan pada hari libur. Maka dengan cara tersebut Anda akan membantu memperkuat siklus ‘tidur-bangun’nya tubuh dan membantu mendapatkan tidur yang lebih baik di malam hari. Jika Anda mengatur jadwal tidur yang teratur dan bangun di jam yang sama maka Anda akan merasa jauh lebih segar dan berenergi dibandingkan jika Anda tidur dengan jumlah jam yang sama namun dengan waktu yang berbeda.

jam tidur tetap, tidur sehat
Biasakan tubuh dengan jam tidur (dan bangun) yang tetap.

Apabila Anda ingin mengubah waktu tidur Anda, maka buatlah tubuh menyesuaikan diri kemudian lakukan secara bertahap dan perlahan-lahan. Efek dari waktu bangun yang teratur adalah Anda tidak memerlukan lagi alarm untuk membangunkan Anda di pagi hari.

Jika Anda ingin menebus jadwal tidur yang di rasa kurang maka Anda bisa menggantinya dengan tidur siang di sela-sela waktu senggang. Tidur siang sendiri dapat menjadi cara yang bagus untuk mengisi ulang energi, khususnya untuk mereka yang lebih tua. Namun, bagi mereka yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia maka disarankan untuk melewatkan tidur siang.

Perhatikan apa yang Anda makan dan minum

Jangan tidur dalam kondisi lapar ataupun kekenyangan. Perasaan tidak nyaman baik karena lapar atau kekenyangan akan membuat Anda sulit memejamkan mata. Oleh sebab itu, hindari makan makanan berat dan makanan berminyak setidaknya 2 jam sebelum tidur, karena hal itu akan membebani pencernaan Anda.

Selain itu Anda juga harus membatasi jumlah minuman yang masuk sebelum tidur untuk menghindari gangguan tengah malam seperti keinginan untuk buang air kecil.  Hindari juga makanan pedas atau asam karena dapat menyebabkan masalah perut dan mulas. Anda juga harus berhati-hati dengan nikotin, kefein dan alkohol karena efek stimulasi dari nikotin dan alkohol dapat membuat Anda terus terjaga dan merusak kualitas tidur Anda.

Lalu bagaimana jika Anda lapar menjelang waktu tidur? Untuk sebagian orang makan makanan ringan sebelum tidur dapat membantu untuk lekas tertidur. Makanan-makanan yang mengandung tryptophan dengan karbohidrat membantu menenangkan otak sehingga memungkinkan Anda untuk tertidur dengan lebih baik. Namun, bagi Anda yang sedang dalam program diet tampaknya harus berhati-hati dengan snack di malam hari.

Ciptakan ritual tidur Anda sendiri

Melatonin adalah hormon alami yang dikontrol oleh paparan cahaya yang membantu mengatur siklus bangun dan tidur Anda. Otak Anda harus mengeluarkan lebih banyak melatonin pada malam hari karena gelap untuk membuat Anda mengantuk. Oleh sebab itu maka disarankan untuk mematikan lampu saat akan tidur agar melatonin dapat bekerja secara maksimal dan Anda bisa tertidur dengan lebih cepat.

Beberapa orang memanfaatkan televisi atau komputer untuk bersantai-santai sebelum tidur, padahal hal tersebut merupakan sebuah kesalahan. Alasannya bukan hanya karena produksi melatonin menjadi berkurang, tapi karena faktor cahaya televisi dan komputer juga benar-benar dapat membuat pikiran Anda terjaga sehingga Anda semakin sulit tertidur.

Cobalah ciptakan ritual tidur yang paling cocok bagi Anda. Beberapa orang akan mendengarkan musik ringan, membaca buku, mandi air hangat, melakukan beberapa peregangan ringan, atau latihan rileksasi untuk meningkatkan kualitas tidur mereka.

Hindari juga membaca melalui iPad atau Tab saat menjelang tidur. Jangan melakukan berbagai aktivitas di atas tempat tidur. Biasakan untuk menggunakan tempat tidur hanya sebagai tempat untuk tidur atau berhubungan seks. Dengan begitu, ketika Anda pergi ke tempat tidur maka tubuh Anda secara otomatis akan memberikan respon yang kuat entah untuk tidur atau bercinta.

Membuat suasana kamar menjadi senyaman mungkin

Buatlah ruangan yang ideal dan nyaman untuk tidur. Anda harus memiliki cukup ruang untuk meregangkan dan berbalik dengan nyaman. Pertimbangkan untuk membuat kamar menjadi bernuansa gelap. Pemilihan kasur dan bantal yang baik dan nyaman juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.

Anda juga bisa menambahkan lampu tidur di sisi ranjang, atau mengubah bola lampu terang Anda dengan bola lampu dengan watt yang lebih rendah. Atau Anda juga bisa menggunakan penutup mata dan penutup telinga sehingga suasana akan terasa gelap dan Anda akan lebih cepat tertidur.

Meredakan stress dan menenangkan pikiran

Kemarahan, kekhawatiran serta ketegangan yang tersisa di hari Anda dapat membuat Anda jadi sulit untuk tidur dengan nyenyak. Saat Anda terjaga atau tidak bisa tidur cobalah untuk mencatat  kira-kira ada masalah apa yang mengganjal sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman dan terus kepikiran. Jika Anda tetap tidak bisa berhenti merasa khawatir maka Anda perlu belajar bagaimana cara untuk mengelola pikiran Anda.

Anda pun bisa mencoba ‘teknik menghitung domba’ untuk sejenak melupakan berbagai masalah dan menenangkan pikiran agar Anda bisa tertidur.

Jika  Anda tidak bisa tidur  karena masalah pekerjaan, keluarga atau sekolah mungkin Anda perlu belajar mengenai manajemen stress (Baca: 7 teknik relaksasi untuk meredakan stress).

Dengan belajar cara mengelola waktu Anda secara efektif, menangani stress dengan cara yang produktif, berpikir tenang dan berpandangan positif maka Anda akan bisa tidur dengan lebih baik di malam hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here