6 Ciri Rumah Sehat untuk Keluarga Anda

Rumah yang sehat sangatlah penting, karena semua berawal dari rumah yang Anda tinggali. Udara yang Anda hirup, lantai yang Anda injak, makanan yang Anda makan, serta linkungan di sekitar rumah, mempengaruhi kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Rumah sehat adalah rumah yang dirancang, dibangun, dan dijalankan dengan cara yang kondusif dan mendukung kesehatan penghuninya.

Untuk mengetahui apakah sebuah rumah dapat dikatakan sehat, berikut adalah beberapa faktor penting yang menjadi bahan pertimbangan:

Sirkulasi udara

Perputaran udara yang baik dalam rumah membuat rumah menjadi segar dan tidak lembab. Selain meningkatkan kualitas udara yang dihirup oleh anggota keluarga, sirkulasi udara yang baik juga dapat menghalangi perkembangan bakteri akibat kondisi ruangan yang pengap dan lembab.

Setiap ruangan idealnya memiliki ventilasi udaranya masing-masing untuk memastikan kebersihan dan kesegaran udara di dalam rumah.

ciri rumah sehat
Sumber air yang bersih, sangat penting bagi kesehatan penghuninya.

Sumber air

Air merupakan pendukung utama kehidupan, sehingga sumber air yang bersih dan sehat merupakan keharusan. Jika Anda menggunakan penampungan air seperti tandon, drum, ataupun bak besar, pastikan agar tertutup dan posisinya jauh dari sumber kuman (septic tank). Selain itu, pastikan untuk membersihkannya secara rutin.

Saluran pembuangan

Pastikan saluran pembuangan air di rumah anda lancar dan tidak tersendat ataupun menggenang. Pembuangan air yang tidak baik bisa mendatangkan bau tidak sedap, akumulasi kuman, hingga menjadi sarang nyamuk.

Kebersihan rumah

Rumah yang sehat sudah pasti bersih dan rapi. Bersihkan rumah setiap hari agar rumah bebas dari debu dan kotoran. Perhatikan juga alat/bahan kimia pembersih yang anda gunakan, dan pastikan produk tersebut berlabel ‘aman’ untuk keluarga.

Bebas dari zat kimia berbahaya

Tanpa kita sadari, banyak rumah tempat tinggal yang terkontaminasi berbagai bahan kimia, seperti cat rumah kurang aman untuk penggunaan dalam rumah, produk-produk pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya, hingga penggunaan pestisida (misalnya pada pembasmi serangga, dll).

Akumulasi zat-zat kimia tersebut dapat berdampak buruk bagi penghuni rumah, khususnya dalam jangka panjang, yang bisa saja memicu kanker.

Lingkungan rumah

Lingkungan di sekitar rumah juga sangat mendukung bagi kesehatan penghuninya. Lingkungan yang hijau tentu termasuk dalam hal ini. Untuk itu tanamlah beberapa tanaman di pekarangan rumah.

Jika daerah lingkungan rumah anda memiliki jalan khusus untuk bersepeda dan jogging, itu akan memotivasi anda dan keluarga untuk tetap aktif dan berolahraga.

Tidak banyak memang yang bisa anda lakukan mengenai lingkungan sekitar rumah. Namun bagi anda yang ingin membeli rumah, anda bisa memilih dan menentukan lingkungan seperti apa yang ingin anda tinggali.

Note: artikel ini disponsori oleh UrbanIndo, situs jual beli rumah, tanah dan properti. Kunjungi UrbanIndo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here