Berbagai Cara Menghadapi dan Mengatasi Depresi

Depresi merupakan kondisi yang berbahaya, namun dapat disembuhkan.

Saat mengalami depresi, anda bisa merasa bahwa diri anda tidak dapat keluar dari kondisi tersebut, dan selalu merasa berada dalam bayang-bayang. Akan tetapi, depresi adalah kondisi yang dapat disembuhkan.

Oleh karena itu, jika depresi telah sangat mengganggu anda dari kehidupan normal, jangan ragu untuk mencari pertolongan.

Pelajari beberapa opsi penanganan terhadap depresi, mulai dari obat-obatan, terapi, hingga mengadopsi gaya hidup sehat. Terdapat banyak pendekatan yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan depresi dan kembali pada kehidupan anda yang normal.

Mencari Bantuan

Jika anda tidak yakin dimana harus mencari bantuan medis, anda bisa dengan mudah menemukannya di internet dengan mencari ‘kesehatan mental’, ‘hotline kesehatan’, ‘rumah sakit’, atau ‘ahli terapi’. Anda bisa menghubungi nomor-nomor tersebut sebagai langkah awal mencari pertolongan.

Jika sedang dalam keadaan kritis, anda bisa menghubungi bagian darurat di rumah sakit agar mereka bisa memberikan pertolongan awal, dan selanjutnya mengirim anda ke bagian spesialis yang anda butuhkan.

Berikut ini adalah daftar orang dan tempat yang bisa anda hubungi/datangi untuk mendapatkan layanan diagnosa dan pengobatan:

  • Spesialis mental, seperti psikiater, psikologis, atau konselor kesehatan
  • Bagian psikiatri rumah sakit
  • Organisasi atau LSM kesehatan
  • Poliklinik ataupun Klinik pribadi
  • Dan layanan-layanan kesehatan lain di lingkungan anda

Tips menghadapi depresi

mengatasi depresiKeadaan depresi membuat seseorang merasa kepayahan, tidak berguna, putus asa dan berbagai perasaan negatif lainnya. Komplikasi perasaan seperti itu terkadang dapat membuat seseorang menyerah.

Setiap orang harus menyadari bahwa perasaan-perasaan seperti itu merupakan bagian dari keadaan depresi, dan tidak menggambarkan bagaimana sebenarnya diri anda.

Perasaan-perasaan negatif tersebut tersebut pun akan memudar seiring dengan membaiknya kondisi anda dari depresi.

Saat sedang mengalami depresi, anda dapat mencoba beberapa hal berikut:

  • Membuat tujuan yang realistik dan tidak membebankan diri terlalu keras.
  • Pergi atau berbicara bersama teman atau orang lain. Hal tersebut sangat berguna daripada tetap sendiri dan tertutup.
  • Melakukan aktivitas-aktivitas lain yang dapat mengalihkan perhatian anda sekaligus membuat anda nyaman.
  • Melakukan olahraga ringan, seperti jogging, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.
  • Menyadari bahwa mood anda akan membaik sedikit demi sedikit, bukannya mengharapkan bahwa keadaan akan membaik seketika.
  • Terbuka terhadap keluarga dan teman, terlebih jika mereka menyadari dan ingin membantu keadaan anda.
  • Selalu berpikir positif, karena tanpa disadari pikiran seperti itu akan menghapus perasaan-perasaan negatif di kepala secara perlahan.
  • Tunda pengambilan keputusan yang penting hingga anda telah keluar dari keadaan depresi anda.

Berbagai opsi penanganan terhadap depresi

Terdapa beberapa opsi untuk menangani depresi, selain tips-tips yang telah diberikan di atas. Opsi-opsi tersebut adalah sebagai berikut:

Perubahan gaya hidup
Perubahan pola hidup yang tepat terbukti sangat manjur untuk menangani depresi. Hal-hal yang terkait dalam perubahan gaya hidup antara lain:

  1. Olahraga
    Olahraga yang teratur dapat menghilangkan depresi semanjur obat-obatan. Olahraga akan meningkatkan produksi serotonin, endorphins, dan senyawa kimia positif lain di otak. Itu akan membentuk dan menghubungkan sel-sel otak yang baru, seperti halnya yang terjadi saat mengkonsumsi obat anti-depresan. Olahraga selama 30 menit setiap harinya, sebanyak 3 – 4 kali seminggu, sangat disarankan untuk menangani depresi. Pilihan yang umum adalah jogging, aerobik, dan juga bersepeda.
  2. Pola makan
    Pola makan yang sehat sangat baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran.
  3. Pola tidur
    Tidur sangat mempengaruhi mood. Saat anda kurang tidur, gejala-gejala depresi akan semakin memburuk. Pastikan untuk tidur selama 7 – 9 jam setiap malamnya.
  4. Mengurangi stres
    Kenali hal-hal yang dapat menambah tekanan atau stres dalam aktivitas anda sehari-hari dan buatlah sedikit perubahan. Lakukan berbagai teknik untuk mengelola stres seperti meditasi, relaksasi, dan teknik pernapasan.

Obat-obatan medis
Jika anda merasa bahwa depresi anda tidak bisa ditangani dengan perubahan gaya hidup, segera kunjugi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat untuk depresi anda.

Dokter kemungkinan akan memberikan beberapa jenis obat anti-depresan atau menyarankan anda untuk melakukan terapi.

Psikiater untuk terapi depresi
Bertemu dengan psikiater dan melakukan terapi berbicara adalah penaganan depresi yang efektif. Psikoterapi dimulai dengan menemukan sumber masalah yang menyebabkan anda depresi. Psikoterapi akan menyembuhkan depresi dari berbagai sudut pandang yang mungkin tidak anda sadari sebelumnya.

Melakukan hal tersebut juga akan memberikan anda kemampuan untuk mengenal depresi dan mencegah depresi terjadi lagi di waktu yang akan datang.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here