Efek Negatif Stres Pada Kulit

Stres dapat mempengaruhi seluruh tubuh, termasuk juga kulit. Keadaan emosional seseorang memberikan pengaruh yang kuat pada kondisi fisik seseorang. Stres adalah bagian dari kehidupan, sehingga setiap orang pasti mengalaminya. Oleh karena itu, yang menjadi poin utama adalah cara menghadapi dan menanganinya.

Bagaimana stres dapat mempengaruhi kulit?

Saat kita merasa stres, produksi hormon kortisol akan meningkat, yang menyebabkan tubuh memproduksi minyak lebih banyak. Produksi minyak yang berlebihan pada kulit dapat mengarah pada berbagai gangguan pada kulit, seperti jerawat, psoriasis, gatal, dan masalah kulit lainnya.

Stres menyebabkan suatu reaksi kimia pada tubuh yang membuat kulit menjadi lebih sensitif. Keadaan tersebut mengakibatkan keseimbangan kulit terganggu, menjadikannya lebih rentan daripada biasanya, dan menghambat regenerasi sel.

Gejala-gejala lain yang diakibatkan oleh stres seperti gangguan tidur dan kondisi fisik yang menurun, semakin memperburuk keadaan tersebut sehubungan dengan kesehatan kulit.

Tips mengurangi efek negatif stres terhadap kulit

Stres memang tidak dapat dihindari sepenuhnya, namun terdapat beberapa cara untuk menangani stres.

Berikut adalah beberapa tips mengelola stres serta mengurangi efek stres terhadap kesehatan kulit:

Berolahraga secara teratur
Olahraga sangat baik untuk menghilangkan stres, juga baik untuk kesehatan kulit dan tubuh secara umum.

Jangan mengabaikan kulit
Tetaplah merawat kulit seperti yang biasa dilakukan sehari-hari, walaupun tubuh terasa lelah ata malas akibat stres.

Lakukan teknik penanganan stres
Terdapat beberapa teknik mengelola stres yang bisa dilakukan, seperti teknik pernapasan, meditasi, relaksasi, dan yoga.

Tidur yang cukup
Stres biasanya mengganggu pola tidur seseorang. Namun, usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup, setidaknya 7-8 jam setiap malam. Baca juga cara mendapatkan tidur berkualitas.

Identifikasi penyebab stres
Kenali hal-hal yang menyebabkan stres, lalu tentukan cara yang lebih baik untuk menghadapi atau bahkan menghindarinya jika itu memungkinkan.

Time off
Sediakan waktu untuk bersantai dan lepas sejenak dari aktifitas sehari-hari. Lakukan aktifitas menyenangkan yang anda sukai, seperti hang out bersama teman, nonton, dan lain sebagainya.

Berbicara dengan orang lain
Berbicara dengan teman atau keluarga sangat membantu untuk menghilangkan stres. Carilah dukungan dari orang yang dipercaya atau dengan menemui tenaga medis profesional/ahli terapi.

2 KOMENTAR

  1. Iya, komunikasi itu bisa bener-bener ngurangin stress, bahka bisa nentuin mood kita seharian.. hemm.. Nice tips min, Thanks ya.. oh ya untuk perawatannya ada nih min info lengkapnya disini _http://goo.gl/JvKyOR , monggo di cek ya :)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here