Tanda dan Gejala Asma

Gejala asma terjadi saat saluran pernapasan ke paru-paru mengalami peradangan dan terjadi penyempitan. Gejala yang terjadi bisa berbeda-beda untuk setiap penderita asma.

Mengetahui gejala-gejala serangan asma sangatlah penting agar penderita atau orang di sekitar dapat mengambil tindakan yang diperlukan saat melihat gejala tersebut muncul.

Gejala penyakit asma yang sering muncul adalah sebagai berikut:

1. Batuk

Batuk yang seakan tidak mau berhenti adalah gejala asma yang paling sering terjadi. Biasanya berupa batuk kering, dan akan memburuk di malam hari.

2. Mengi

Mengi (wheezing) adalah suara–mirip bersiul–yang timbul akibat udara melewati saluran pernapasan yang sempit. Gejala ini adalah tanda yang paling dapat dikenali oleh setiap orang sebagai gejala asma.

3. Sesak napas

Saat saluran pernapasan menjadi sempit akibat inflamasi, penderitanya akan kesulitan bernapas atau bernapas dengan pendek dan cepat. Terlebih lagi jika gejala ini bersamaan dengan batuk parah.

4. Dada sesak atau sakit

Saat jaringan otot yang terdapat pada saluran pernapasan menegang, timbullah rasa sesak atau sakit pada dada penderita asma. Perasaan seperti dililit oleh tali ini biasanya menyebabkan penderitanya menjadi was-was dan panik.


Seperti dikatakan di atas, bahwa gejala yang timbul bisa beragam. Selain itu, penderita asma bisa saja tidak mengalami serangan asma selama berbulan-bulan sebelum serangan berikutnya muncul kembali. Sementara bagi penderita asma lainnya, serangan asma bisa muncul lebih sering, bahkan setiap hari.

Oleh karena itu, mengenali tipe/jenis asma dan pemicu asma sangat penting bagi penderita asma sehingga bisa melakukan pencegahan terhadap serangan asma yang bisa terjadi kapan saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here