Siapa yang tidak ingin memiliki gigi putih bersinar seperti mutiara? Sayangnya, tak jarang gaya hidup dan faktor lainnya menyebabkan perubahan warna pada gigi menjadi kekuningan.

Gigi kuning bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti terlalu banyak mengkonsumsi teh atau kopi, merokok, penipisan enamel gigi karena faktor usia, mengkonsumsi makanan yang tinggi asam seperti soda atau permen, penderita mulut kering, penggunaan antibiotik, dan juga faktor genetik.

Gigi kuning bisa jadi sangat memalukan dan membuat seseorang merasa kurang percaya diri saat harus berhadapan dengan orang banyak.

Inilah sebabnya industri kosmetik dapat menghasilkan keuntungan hingga miliaran dollar dari produk-produk pemutih gigi. Sayangnya produk-produk kecantikan yang tidak alami tersebut mendapatkan banyak kritik dari para ilmuwan karena mengandung partikel-partikel berbahaya yang bisa menghilangkan enamel gigi.

Selain menggunakan produk-produk kecantikan, ada pula perwatan gigi secara professional menggunakan laser. Namun, cara ini pun juga memiliki efek samping tersendiri yaitu membuat gigi menjadi sensitif.

Bahan Alami untuk Memutihkan Gigi

Ingin memiliki gigi putih bersinar namun takut dengan efek samping yang ditimbulkan dari cara-cara tidak alami  tersebut? Anda bisa mencoba mengguna beberapa bahan-bahan alami berikut ini yang juga dapat membantu mengembalikan kilau putih alami gigi Anda.

Daun Kemangi

Kemangi merupakan salah satu bahan alami yang paling efektif digunakan untuk memutihkan gigi kuning. Daun kemangi memiliki kandungan pemutih alami yang juga memberikan perlindungan terhadap berbagai masalah gigi. Jadi selain membuat gigi Anda menjadi putih berkilau daun kemangi juga merawat gigi dan gusi dari masalah mulut seperti gusi berdarah.

Untuk menghilangkan noda kuning pada gigi, Anda bisa mengeringkan daun kemangi di bawah sinar matahari kemudian tumbuk hingga halus. Kemudian sikatlah gigi menggunakan hasil tumbukan daun kemangi tadi.

Kulit jeruk

bahan alami untuk gigi putih
Kulit jeruk bisa diaplikasikan ke gigi untuk menjadikannya lebih putih.

Anda juga dapat menggunakan kulit jeruk segar sebagai bahan alami untuk menghilangkan noda kuning di gigi. Caranya, tumbuk kulit jeruk hingga halus kemudian gosokan hasil tumbukan kulit jeruk tersebut ke gigi perlahan-lahan dengan menggunakan jari. Diamkan selama 10-15 menit dan kumur-kumur menggunakan air bersih.

Lakukan secara rutin selama satu atau dua minggu maka cara ini akan membantu mengembalikan kilau alami gigi.

Buah dan sayuran mentah

Menggigit sayuran mentah seperti timun, wortel dan buah-buahan mentah seperti apel juga bisa membantu membuat gigi Anda putih dan kuat.  Gosoklah gigi dengan buah atau sayuran mentah tersebut secara perlahan-lahan untuk mengeluarkan plak yang menempel pada gigi yang membuat gigi terlihat kekuningan.

Buah dan sayuran yang kaya Vitamin C

Buah dan sayuran seperti stroberi, jeruk, lemon dan tomat juga sangat bagus untuk mengembalikan warna putih gigi. Mengapa mereka juga dapat membantu memutihkan gigi? Karena mereka merupakan buah dan sayuran yang kaya akan Vitamin C yang dapat membantu memutihkan gigi Anda. Lemon merupakan buah yang paling efektif untuk menghilangkan noda kuning di gigi. Anda bisa mengaplikasikannya langsung pada gigi.

Cuka sari apel

Cara lain yang perlu Anda coba untuk memutihkan gigi dan menyingkirkan noda kuning di gigi adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Caranya dengan mengencerkan cuka sari apel kemudian gunakan untuk berkumur-kumur setiap malam sebelum tidur. Selain dapat membuat gigi Anda menjadi putih, cuka sari apel ini juga dapat membantu menghilangkan bau mulut.

Garam dan cuka

Kombinasi garam dan cuka merupakan bahan alami lain yang baik untuk menghilangkan noda kuning di gigi Anda. Untuk memutihkan gigi, Anda bisa tambahkan sedikit garam yang dicampur dengan setengah sendok teh cuka. Sikat gigi Anda menggunakan larutan ini kemudian kumur-kumur menggunakan air. Apabila dilakukan secara rutin maka secara bertahap noda di gigi akan hilang dan Anda akan mendapatkan gigi yang putih dan bersinar.

Baking soda dan hydrogen peroksida

Hydrogen peroksida adalah agen antibakteri yang dapat bekerja hebat sebagai pembersih mulut dan menjaga gigi dan mulut dari kuman. Sebuah penelitian menunjukan hydrogen peroksida menjaga kesegaran nafas dengan menghilangkan bakteri jahat karena bertindak sebagai agen antiseptik dan antibakteri alami.

Untuk menggunakan produk ini secara aman pastikan untuk menyikat gigi Anda terlebih dahulu seperti biasa kemudian campurkan sedikit hydrogen peroksida dengan sedikit baking soda. Gosokan secara perlahan campuran bahan-bahan tersebut di gigi selama 30 detik, lalu bilas hingga bersih.

Hati-hati dalam penggunaan bahan-bahan ini pastikan takarannya tepat, gosok secara perlahan dan tidak terlalu lama karena dikhawatirkan dapat merusak enamel gigi.

Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat berfungsi sebagai pemutih gigi alami sekligus menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dikarenakan minyak kelapa merupakan agen antimikroba yang sangat bagus untuk melindungi dan membersihkan gusi Anda. Beberapa orang telah membuktikan bahwa gigi mereka menjadi lebih putih dan lebih sehat setelah mengaplikasikan minyak kelapa pada gigi setelah menyikat gigi seperti biasa.

Bahan-bahan alami di atas dapat Anda gunakan untuk membantu memutihkan gigi dan membasmi noda kekuningan yang ada pada gigi. Namun perlu diperhatikan bahwa bahan-bahan tertentu yang ditujukan untuk memutihkan gigi baik itu secara alami ataupun yang tidak alami bisa saja justru membuat enamel gigi menipis.

Oleh sebab itu, untuk menghindari pemutihan gigi secara berlebihan mulailah secara bertahap, gunakan hanya sedikit produk-produk pemutih alami sesuai dengan petunjuk dan takaran yang sudah disampaikan.

Jangan lupa untuk memperhatikan tanda-tanda sensitivitas yang muncul setelah penggunaannya. Hentikan penggunakan produk-produk tersebut apabila Anda merasa sesuatu yang tidak nyaman di mulut dan gigi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here