Gigi Sensitif – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pernahkan anda merasa ngilu pada gigi ketika menggigit es krim? Atau meringis tidak nyaman ketika anda menyikat gigi? Jika begitu, maka kemungkinan anda mengalami masalah berupa gigi sensitif.

Gigi sensitif

Gigi sensitif adalah rasa tidak nyaman pada gigi yang biasanya dipicu oleh makanan & minuman yang panas, dingin, manis atau asam. Gigi sensitif bisa menimbulkan rasa sakit berupa kejutan yang tajam dan pendek, atau lebih sering kita kenal dengan istilah gigi ngilu.

Gigi sensitif terjadi ketika bagian gigi yang lebih lembut atau dentin, yang terletak di bawah lapisan enamel gigi, terpapar tanpa perlindungan. Dentin memiliki ribuan tabung kecil yang berisi cairan dan mengarah langsung ke pusat saraf gigi. Ketika dentin gigi yang tak lagi terlindungi ini terkena rangsangan–misalnya oleh makanan/minuman yang panas, dingin atau manis,–dan mencapai pusat saraf gigi, akan menimbulkan rasa ngilu atau nyeri yang tajam.

gigi ngilu sensitif
Gambar: www.sensodyne.co.uk

Penyebab gigi sensitif

Lalu apa yang menyebabkan terjadinya gigi sensitif? Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya gigi sensitif, antara lain:

Produk pemutih gigi dan pasta gigi tertentu
Beberapa produk pasta gigi dan pemutih gigi yang berbahan dasar peroksida dan baking soda sangat mungkin menyebabkan masalah gigi sensitif pada sebagian besar orang. Masalah gigi sensifit yang timbul biasanya bersifat sementara, dan akan berhenti ketika penggunaan produk tersebut dihentikan.

Menyikat gigi terlalu keras
Terus menerus menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang keras bisa merusakn enamel gigi sehingga dentin menjadi terbuka. Meyikat gigi terlalu keras juga bisa menyebabkan penyusutan gusi.

Penyusutan gusi
Dentin atau akar gigi berisi ribuan tabung kecil yang mengarah ke pusat saraf gigi. Bagian ini biasanya terlindungi oleh lapisan gusi. Namun ketika jaringan pelindung ini tertarik turun atau menyusut, maka bagian yang sangat sensitif ini menjadi terbuka, sehingga mengakibatkan masalah gigi sensitif. Penyusutan gusi bisa disebabkan oleh penyakit gusi atau karena menyikat gigi terlalu keras.

Menggeretakkan gigi
Kebiasaan menggeretakkan gigi dapat menyebabkan lapisan enamel gigi terkikis, sehinnga dentin menjadi terpapar tanpa perlindungan.

Penggunaan mouthwash berlebihan
Jika anda menggunakan mouthwash (cairan kumur penyegar mulut) secara berkala sepanjang hari, bisa jadi menyebabkan masalah gigi sensitif. Hal tersebut karena kebanyakan mouthwash mengandung asam, yang malah memperburuk kondisi gigi sensitif anda.

Sering mengkonsumsi makanan yang terlalu asam
Terlalu sering makan jenis makanan yang mengandung asam tinggi dapat mengikis lapisan email gigi yang melindungi dentin dan akar gigi, sehingga membuatnya terbuka dan mengarah pada masalah gigi sensitif. Terlebih jika anda telah mengalami gigi sensitif, makan makanan yang asam akan membuat gigi menjadi sangat ngilu.

Gigi pecah atau patah
Mengunyak es atau menggigit permen yang karas bisa membuat gigi pecah atau patah. Ketika gigi telah patah, maka lapisan dentin di bawahnya menjadi rentan terhadap paparan pemicu gigi sensitif.

Pembusukan gigi
Seperti halnya gigi yang patah, pembusukan gigi menyebabkan gigi keropos atau berlubang, menyebabkan lapisan lunak di bawahnya rentan terhadap iritasi dan, tentu saja, gigi ngilu/sensitif. Kebersihan mulut yang tak terjaga dan akumulasi plak pada gigi dapat mempercepat proses pembusukan gigi.

Tips mengatasi gigi sensitif

Masalah gigi sensitif bisa disembuhkan. Berikut adalah beberapa tips dan cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah gigi sensitif:

  • Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lebih lembut, untuk mengurangi pengikisan gigi dan iritasi pada gusi anda. Baca juga: cara memilih dan menggunakan sikat gigi.
  • Ganti pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Melalui penggunaan yang teratur, biasanya masalah gigi sensitif akan berkurang secara perlahan.
  • Perhatikan jenis makanan/minuman yang dikonsumsi. Jika anda mengalami gigi sensitif, hindari makanan dan minuman yang terlalu asam dan manis, begitu pula dengan yang panas atau terlalu dingin, karena dapat membuat gigi anda menjadi ngilu.
  • Menjaga dan merawat kebersihan mulut. Perhatikan selalu higienitas dan kesehatan mulut, dengan cara menyikat gigi secara rutin, membersihak sela-sela gigi setelah makan, dan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Selain itu, ketahui lebih jauh cara menjaga kesehatan gigi untuk anak-anak dan dewasa.

Jika masalah gigi sensitif anda susah ditangani, segera konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan arahan profesional serta saran produk yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah gigi sensitif anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here