Beragam Pilihan Herbal untuk Atasi Nyeri Sendi

Kandungan khusus dalam beberapa tanaman herbal mampu bantu atasi nyeri sendi dan peradangan.

10

Nyeri sendi atau arthritis merupakan gangguan kesehatan yang menyerang sendi. Gangguan kesehatan yang satu ini terjadi akibat salah satu persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan sehingga timbul rasa nyeri ketika bergerak.

Jika Anda, atau keluarga Anda mengalami nyeri sendi, tentu Anda tahu benar betapa menyiksanya gangguan ini. Untungnya, terdapat beberapa pilihan herbal untuk bantu mengatasi nyeri sendi.

Berikut adalah beberapa herbal yang bisa mengatasi nyeri sendi:

Jahe

khasiat jahe (ginger)

Jangan hanya gunakan jahe di rumah sebagai bumbu dapur saja. Sesekali manfaatkan stok jahe di dapur untuk membuat ramuan herbal yang berfungsi mengatasi nyeri sendi. Jahe, berkat kandungan gingerol-nya, dapat membantu mengurangi timbulnya rasa nyeri dan meminimalisir terjadinya pembengkakan.

Caranya cukup dengan memijat lembut area yang terasa nyeri dengan parutan jahe. Kemudian diamkan bagian yang sudah diolesi dengan parutan jahe tersebut sampai terasa hangatnya. Cara ini terbukti efektif mengurangi timbulnya rasa nyeri akibat nyeri sendi.

Kunyit

Sama halnya dengan jahe, kunyit juga merupakan bumbu dapur yang ternyata dapat membantu meringankan nyeri sendi. Hal ini berkat kandungan curcumin dalam kunyit yang mampu berperan sebagai antioksidan untuk mencegah dan mengurangi inflamasi.

Manfaat kunyit dalam meredakan nyeri sendi tersebut bahkan sudah seringkali dibuktikan melalui berbagai penelitian ilmiah, baik dari dalam maupun luar negeri.

Untuk merasakan manfaatnya, konsumsilah segelas air hangat yang sudah diberi bubuk kunyit secara rutin minimal sekali dalam sehari.

Bawang putih

Bumbu dapur selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk meredakan nyeri sendi ialah bawang putih. Berdasarkan sebuah studi pada tahun 2013 yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology, bawang putih mentah mengandung cytokin, sebuah senyawa yang dapat meradakan inflamasi.

Karenanya untuk membantu meredakan nyeri sendi Anda, pastikan untuk menggunakan bawang putih yang belum diolah. Cukup kunyah beberapa siung bawang putih mentah dalam keadaan perut kosong untuk pencegahan.

Sementara itu untuk meredakan nyeri sendi, haluskan beberapa siung bawang putih. Kemudian gunakan bawang putih yang sudah dihaluskan tersebut untuk memijat area yang terasa nyeri. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Rekomendasi:  Waspadai Beragam Pemicu Alergi di Sekitar Anda

Teh hijau

Teh hijau dikenal kaya akan antioksidan berupa polifenol yang dapat mencegah inflamasi dan meredakan nyeri sendi. Ia bekerja dengan cara menekan respon berlebihan sistem kekebalan tubuh yang seringkali memicu timbulnya inflamasi pada persendian. Nah bagi Anda yang kebetulan mengalami nyeri sendi, cobalah untuk merasakan manfaat teh hijau ini dengan mengonsumsinya secara rutin.

Cara meringankan nyeri sendi dengan teh hijau: Seduhlah teh hijau dengan air hangat secukupnya. Biarkan beberapa saat sampai warna air berubah keruh. Kemudian tambahkan sedikit madu atau perasan lemon. Minumlah secara rutin untuk membantu meringankan nyeri sendi Anda.

Kayu manis

Kayu manis seringkali hanya dimanfaatkan sebagai penyedap masakan berkat rasa manis alaminya. Namun pernahkah Anda berpikir bahwasanya kayu manis bisa dimanfaatkan sebagai herbal untuk membantu mengatasi nyeri sendi? Jika belum, yuk mulai manfaatkan herbal yang satu ini dengan mengonsumsinya secara rutin dalam keadaan perut kosong.

Kandungan antioksidannya yang cukup tinggi diharapkan mampu memberikan manfaat dalam hal mengatasi nyeri sendi.

Lidah buaya

Lidah buaya umumnya identik dengan perawatan rambut dan kulit wajah. Namun siapa sangka jika ternyata si lidah buaya ini bisa membantu meringankan nyeri sendi Anda. Caranya yaitu dengan mengoleskan lendir lidah buaya pada area yang terasa nyeri. Lakukan secara rutin sambil memijat lembut area tersebut.

Eukaliptus (eucalyptus)

Tumbuhan eucalyptus lebih dikenal penggunaannya sebagai minyak esensial. Selain itu ia ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa nyeri akibat nyeri sendi.

ekaliptus (eucalyptus)
Daun ekaliptus (image: wikimedia commons)

Caranya, ambillah beberapa daun ekaliptus. Lumatkan kemudian bubuhkan pada area yang terasa nyeri. Kandungan tanin dalam daun ekaliptus diyakini mampu mencegah terjadinya pembengkakan sekaligus meredakan rasa nyeri akibat nyeri sendi.

Namun sebelum mengaplikasikannya, ada baiknya Anda melakukan tes alergi terlebih dulu guna menghindari timbulnya reaksi alergi.

Lada hitam

Anda suka menambahkan lada hitam pada masakan? Jika ya, Anda termasuk beruntung mengingat lada hitam ternyata dapat membantu meringankan nyeri sendi.

Lada hitam mengandung capsaicin, senyawa yang memberikan rasa pedas dan hangat saat mengonsumsi makanan yang diberi lada hitam. Rasa hangat yang dihasilkan tersebut seringkali dimanfaatkan sebagai bahan gel dan losion pereda nyeri sendi.