10 Tips Agar Terhindar Dari Disfungsi Ereksi

0

Disfungsi ereksi adalah salah satu mimpi buruk yang paling ditakuti kaum pria. Masalah ini timbul akibat dari gaya hidup yang merugikan kesehatan. Charles Walker, MD, asisten profesor urologi dan salah satu pendiri dari klinik kesehatan seksual dan kardiovaskular di Universitas Yale mengatakan banyak orang yang sudah tahu bahwa gaya hidup mereka memberikan dampak buruk terhadap kesehatan, namun tidak banyak yang benar-benar peduli. Mereka baru mau mendengarkan saat mengetahui bahwa hal tersebut juga dapat mempengaruhi kehidupan seks mereka.

Testosteron rendah, dorongan seks yang buruk, dan sulit ereksi disebabkan oleh beragam prilaku berisiko tinggi yang, pada beberapa kasus menjadi irreversible dan berubah menjadi disfungsi ereksi secara menyeluruh.

Lalu bagaimana cara untuk bisa menghindari disfungsi ereksi? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjauhi disfungsi ereksi:

1Perhatikan apa yang Anda makan
Diet yang buruk bagi jantung pria, buruk juga bagi penisnya. Itu karena kesehatan jantung yang buruk dapat mempengaruhi kemampuan seorang pria untuk ereksi. Penelitian telah menunjukan bahwa pola makan yang buruk bagi jantung juga mempengaruhi kemampuan ereksi, karena aliran darah di arteri koroner juga dapat menghambat aliran darah ke dalam penis. Sementara, aliran darah sangat diperlukan agar penis dapat ereksi.

Oleh sebab itu hindarilah diet-diet yang mencakup sedikit buah dan sayuran, makanan tinggi lemak, goreng-gorengan, dan makanan olahan karena dapat berkontribusi buruk dalam sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

2Membatasi jumlah alkohol
Minuman beralkohol memang cukup membantu untuk menurunkan tingkat stress seseorang, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan maka akan menjadi faktor penyebab depresi. Yang artinya semakin banyak alkohol yang Anda konsumsi maka semakin besar pula kemungkinan Anda mengalami disfungsi ereksi.

Hal ini sangat berhubungan, karena depresi merupakan salah satu faktor utama penyebab disfungsi ereksi. Efek ini semakin meningkat seiring bertambahnya usia seseorang. Pria yang lebih tua memiliki risiko lebih besar mengalami disfungsi ereksi sehingga mereka harus mengambil langkah tepat untuk membatasi jumlah minuman berakohol yang mereka konsumsi.

3Menjaga berat badan yang sehat
Kelebihan berat badan dapat memberikan banyak masalah kesehatan, termasuk diabetes tipe 2. Apabila Anda menderita diabetes tipe 2 maka akan terjadi kerusakan saraf di seluruh tubuh. Apabila diabetes mulai mempengaruhi saraf-saraf yang mendukung penis maka disfungsi ereksi tidak dapat dihindari.

4Berolahraga secara teratur
Berlari, berenang dan berbagai bentuk senam aerobik teah terbukti dapat membantu mencegah disfungsi ereksi. Namun Anda juga harus berhati-hati dengan bentuk-bentuk olahraga yang memberikan tekanan berlebihan pada perineum (daerah diantara skrotum dan anus). Pembuluh darah dan saraf yang memasok penis dapat terpengaruh apabila medapat tekanan berlebihan pada daerah ini.

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang memberikan tekanan pada parineum. Mungkin tidak akan masalah jika hanya dilakukan sesekali namun perlu diwaspadai apabila Anda termasuk orang-orang yang menghabiskan banyak waktu menggunakan sepeda. Pastikan menggunakan sepeda yang cocok, memakai celana yang nyaman dan sering berdiri saat mengayuh.

5Hindari tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi
Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah, termasuk pembuluh darah yang ada di penis. Tentu saja hal ini juga bisa menjadi penyebab disfungsi ereksi. Oleh sebab itu, apabila Anda terserang penyakit tersebut segeralah berobat. Banyak orang menyalahkan obat tekanan darah yang menyebabkan seseorang kesulitan ereksi padahal hal tersebut disebabkan oleh kerusakan arteri akibat tekanan darah tinggi.

6Menjaga kesehatan gigi dan gusi
Tahukah Anda ternyata disfungsi ereksi dan berbagai penyakit gusi kronis memiliki banyak faktor risiko yang sama? Dalam sebuah penelitian terbaru, 80 persen pria yang memiliki disfungsi ereksi berat yang disebabkan oleh suplai darah yang buruk ke penis juga memiliki penyakit gusi kronis. Oleh sebab itu itu, pastikan untuk tetap menjaga kesehatan mulut Anda dengan rajin menyikat gigi dan melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi secara teratur.

Terkait: Cara merawat dan menjaga kesehatan gigi

7Cukup tidur
Kelelahan bisa mengganggu kehidupan seks Anda. Oleh sebab itu pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup pada malam hari. Apabila Anda memiliki masalah tidur yang disebut sleep apnea, yang biasanya ditandai dengan kebiasaan mendengkur yang sangat berisik dan pernapasan yang terganggu saat tidur, sebaiknya Anda segera memeriksakannya kepada dokter. Karena sebuah studi menunjukan bahwa pria dengan disfungsi ereksi lebih mungkin memiliki sleep apnea.

8Berhenti memangku laptop
Laptop menghasilkan sejumlah panas, yang dapat menurunkan jumlah sperma dan kadar testosteron Anda. Sel-sel yang ada di dalam testisĀ  menghasilkan sperma dan hormon yang sensitif terhadap panas. Kebiasaan memangku laptop tentu saja sangat tidak dianjurkan karena dapat mempengaruhi produksi testosteron dan mengancam kemampuan Anda untuk ereksi.

9Berhenti merokok
Semua orang tahu merokok tidak baik untuk kesehatan, tapi tidak banyak yang tahu bahwa rokok juga berhunungan dengan disfungsi ereksi. Merokok dapat merusak lapisan pembuluh darah yang mempengaruhi otot polos di penis Anda sehingga menghambat aliran darah. Menurut British Journal of Urology, pria yang tidak merokok selama 8 minggu memiliki penis yang tebal dan kaku lima kali lebih cepat pada saat ereksi dibandikan dengan teman-temannya yang merokok.

10Setia pada pasangan
Perasaan bersalah saat melakukan tindakan tidak setia atau mengkhianati pasangan dapat menimbulkan kecemasan. Sementara, kecemasan sendiri menciptakan reaksi kimia dalam otak yang menyerang kemampuan Anda saat ereksi. Tingkat kecemasan yang tinggi mengubah sistem saraf simpatik Anda secara berlebihan dan berkepanjangan sehingga membuat Anda sulit terangsang. Kecemasan juga menghentikan pelepasan neurotransmitter yang bertugas merangsang ereksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here