Mencuci Ayam Sebelum Dimasak Justru Berbahaya dan Tidak Diperlukan

0

Kebanyakan orang percaya mencuci ayam mentah sebelum dimasak merupakan sebuah keharusan untuk menyingkirkan kuman-kuman yang menempel pada daging ayam. Namun faktanya justru sebaliknya.

Menurut Food Standards Agency, mencuci ayam mentah dapat berpotensi menyebabkan keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri Campylobacter yang berasal dari tetesan dan percikan air yang terkontaminasi bakteri ini.

Bakteri Campylobacter ini dapat menyebar melalui kontaminasi pada kulit manusia, permukaan wastafel, permukaan meja, pakaian dan peralatan masak. Kabarnya bakteri ini juga merupakan salah satu bakteri penyebab paling umum keracunan-keracunan yang terjadi di Inggris yang memakan korban hingga 280.000 orang setiap tahunnya.

Empat dari lima kasus keracunan makanan tersebut disebabkan oleh daging ayam yang terkontaminasi.

“Sementara sebagian besar kasus karena bakteri Campylobacter bisa mengakibatkan sakit perut, diare berat dan muntah-muntah. Bahkan untuk beberapa kasus dapat menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih signifikan,” kata Food Standards Agency.

Food Standards Agency juga menambahkan untuk kasus-kasus yang lebih serius, infeksi bakteri ini dapat memiliki efek jangka panjang seperti sindrom iritasi usus, arthritis reaktif, dan sindrom Guillain-Barre atau suatu kondisi serius dari kelumpuhan sistem saraf.

Sementara untuk kasus terburuk bisa menyebabkan kematian pada penderitanya. Mereka yang paling berisiko adalah orang tua, anak-anak dibawah lima tahun dan mereka yang mengkonsumsi obat antasida.

Mencuci ayam sebelum dimasak masih menjadi praktik yang umum di beberapa tempat. Mereka selalu mencuci ayam mentah dengan anggapan bahwa tindakan tersebut dapat membersihkan kuman, atau karena merasa bahwa itu adalah suatu keharusan. Padahal tindakan ini tidak diperlukan, dan dapat meningkatkan resiko penyebaran bakteri.

Pada kenyataannya, bakteri akan mati pada temperatur tertentu ketika ayam tersebut dimasak.

Oleh sebab itu, pastikan untuk tetap berhati-hati saat akan memasak hidangan ayam. Jangan lupa untuk selalu menutup dan mendinginkan ayam di dalam lemari es di bagian terdingin dan memastikan supaya tidak ada air yang menetes ke makanan lain, tidak mencuci ayam, dan mencuci tangan serta peralatan dapur secara menyeluruh setelah memasak.

Alternatif lain untuk membersihkan ayam sebelum dimasak adalah dengan mengelapnya lembut menggunakan handuk kertas atau tissu untuk membersihkan lendir-lendir yang menempel pada ayam dan jangan lupa untuk membuang bekas handuk atau tissu yang digunakan untuk membersihkan ayam ditempat yang benar.

Sumber: Live Science

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here