Kanker Payudara – Tanda dan Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan kanker penyebab kematian tertinggi pada wanita di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, kanker payudara merupakan jenis kanker terbanyak kedua setelah kanker serviks, dan angka penderitanya terus meningkat setiap tahunnya.

Kanker payudara adalah pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali pada jaringan payudara. Jika ditangani lebih dini, kanker dapat dilawan sehingga tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Payudara Normal

Payudara terdiri dari lemak, jaringan ikat dan ribuan kelenjar kecil (disebut lobulus), yaitu kelenjar yang menghasilkan air susu. Ketika seorang wanita memiliki bayi, air susu dikirim ke puting melalui saluran atau tabung kecil, yang memungkinkan wanita untuk menyusui.

kanker payudaraSetiap payudara juga mengandung pembuluh darah, serta pembuluh yang membawa cairan yang disebut getah bening. Getah bening dialirkan ke seluruh tubuh melalui jaringan yang disebut sistem kelenjar getah bening (sistem limfatik).

Biasanya sel-sel dalam tubuh kita mengganti diri melalui proses pertumbuhan sel yang teratur. Sel-sel baru yang sehat akan mengambil alih sel-sel yang telah rusak atau mati. Ketika pertumbuhan sel menjadi tidak terkendali dan terus menyebar ke jaringan tubuh yang lain, kondisi itulah yang disebut dengan kanker.

Terdapat sebuah kelompok kelenjar getah bening yang terdapat di ketiak. Ketika kanker payudara telah sampai di kelenjar ini, maka sel-sel kanker bisa menemukan jalur ke bagian tubuh lain melalui kelenjar getah bening.

Istilah kanker payudara merujuk pada tumor ganas yang telah berkembang dari sel-sel di payudara. Biasanya kanker payudara dimulai dari sel-sel lobulus. Kanker bisa juga bisa berasal dari saluran yang mengalirkan susu dari lobulus ke puting susu.

Tanda dan Gejala Kanker Payudara

Pada mulanya kanker payudara mungkin tidak menimbulkan tanda yang jelas, hanya sebuah tonjolan yang mungkin terlalu kecil untuk dirasakan atau tidak menyebabkan perubahan jelas yang bisa Anda amati.

Dalam beberapa kasus, tanda pertama dari kanker payudara adalah timbulnya benjolan baru di payudara atau di ketiak yang bisa Anda rasakan.

Berikut ini adalah beberapa perubahan atau tanda-tanda pada payudara yang bisa berarti kanker:

  • sebuah benjolan kecil di payudara atau ketiak, yang tetap ada bahkan setelah masa menstruasi.
  • bengkak di daerah ketiak
  • nyeri di payudara
  • nyeri pada puting susu
  • perubahan pada penampilan puting, misalnya puting tertarik ke dalam
  • kemerahan atau penebalan puting susu atau kulit payudara
  • keluar cairan selain air susu ibu

Perubahan ini juga dapat menjadi tanda yang tidak bersifat kanker, seperti tanda infeksi atau kista. Sangat penting untuk memeriksakan segera ke dokter ketika mengetahui ada benjolan atau perubahan pada payudara Anda meskipun hanya sedikit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here