10 Kebiasaan yang Tidak Baik untuk Pencernaan

Sakit perut, mules, sembelit, dan juga perut kembung merupakan ciri-ciri gangguan sistem pencernaan. Dan terkadang, pencernaan yang terganggu bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk yang anda lakukan sehari-hari.

Apa yang anda makan, cara anda memakannya, hingga kebiasaan lainnya, bisa menyebabkan fungsi pencernaan terganggu, dan mendatangkan banyak gejala yang tidak menyenangkan seperti yang tadi disebutkan di awal.

Dan yang lebih penting lagi, sistem pencernaan yang buruk sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Karenanya, sebelum terlambat, mari ubah berbagai kebiasaan sehari-hari yang berakibat buruk bagi sistem pencernaan kita berikut ini, seperti kami kutip dari laman situs Boldsky:

Makan tengah malam

Kebiasaan ini bisa menyebabkan perut mules dan asam lambung yang naik, apalagi jika anda langsung berbaring untuk tidur setelah makan. Sebisa mungkin, berikan jeda 2 jam setelah makan sebelum anda tidur.

Kurangnya asupan serat dari makanan

Dengan serat, sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Kurangnya asupan serat sehari-hari bisa menyebabkan konstipasi alias susah buang air besar. Konsumsi buah dan sayuran segar dengan mudah dapat mengatasi masalah ini.

Menelan air ketika makan

Jika sedang terburu-buru, bisa jadi anda menelan air bersama makanan agar lebih cepat menyelesaikan hidangan di depan anda. Namun, kebiasaan ini berakibat buruk bagi perut dan sistem pencernaan anda.

Menyuap makanan dalam porsi besar

Menyuap makanan ke dalam mulut dalam porsi yang besar tidaklah baik bagi pencernaan anda. Cobalah makan dalam porsi suapan yang sama setiap kalinya, untuk membantu sistem pencernaan anda bekerja dengan nyaman.

Minuman bersoda

Minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan bagi pencernaan, seperti perut kembung dan naiknya asam lambung ke tenggorokan, yang tentu sangat tidak nyaman bagi anda.

Rekomendasi: 10 Bahaya Minuman Bersoda bagi Tubuh dan Kesehatan.

kebiasaan tidak baik untuk pencernaan
Minuman bersoda bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Softdrink

Minuman yang paling cocok setelah makan adalah air putih/mineral. Batasi minum softdrink atau bahkan teh setelah makan, karena bisa menyebabkan perut kembung dan bergas.

Permen karet

Saat mengunyah permen karet, besar kemungkinan anda turut menelan udara. Hal tersebut bisa menyebabkan anda bersendawa dan kembung.

Mengkonsumsi alkohol

Alkohol, disamping banyak efek negatif lainnya, sangat buruk bagi pencernaan anda. Minuman beralkohol dapat menyebabkan diare (diarrhea), dan yang lebih buruk lagi bisa menyebabkan radang lambung dan sakit maag.

Menunda buang air besar (BAB)

Menunda-nunda panggilan alam yang satu ini sangat buruk bagi pencernaan anda. Jangan tunda panggilan untuk BAB, karena justru bisa menyebabkan anda sembelit.

Merokok

Satu lagi alasan bagi anda untuk berhenti merokok. Merokok mendatangkan banyak efek buruk bagi tubuh dalam banyak cara, termasuk bagi sistem pencernaan anda, termasuk asam lambung dan gangguan pada lambung.

Sebisa mungkin menghindari 10 kebiasaan di atas, maka anda meminimalisir gangguan pada pencernaan yang bisa mengganggu pekerjaan dan aktivitas anda sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here