Hentikan 5 Kebiasaan Makan yang Buruk Ini Selama Berpuasa

Puasa Ramadan dapat diibaratkan sebagai olahraga marathon dimana kita harus memiliki strategi waktu, fokus, disiplin dan pengaturan energi yang baik supaya dapat mencapai tujuan utamanya: sampai di garis finish dengan sempurna.

Sponsored Links
obat kolesterol alami

Strategi waktu disini maknanya adalah bagaimana Anda mengatur waktu dan jadwal Anda dengan baik. Kemungkinan besar Anda akan mengalami beberapa perubahan jadwal yang menyesuaikan dengan kondisi di bulan puasa Ramadhan. Waktu untuk makan, waktu beraktivitas hingga waktu tidur pun pasti mengalami perubahan.

Jika biasanya Anda sarapan pada pukul 7 hingga 8 pagi kini Anda harus merubah jam sarapan dan menggantinya menjadi santap sahur diantara pukul tiga dini hari hingga waktu sebelum Adzan subuh.

Pastikan untuk selalu menyempatkan bangun sahur dan mengkonsumsi makanan-makanan sehat untuk menunjang segala aktivitas Anda seharian. Jika Anda terbiasa tidur larut sepertinya Anda juga harus mulai menyesuaikan jam tidur Anda dengan menjadikannya lebih awal karena harus bangun lebih pagi untuk melakukan sahur.

Anda juga harus melakukan semua perubahan tersebut dengan disiplin supaya kondisi kesehatan Anda tidak terganggu selama berpuasa.

Kebiasaan Makan yang Buruk di Bulan Puasa Ramadhan

Untuk dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar hingga hari kemenangan tiba Anda harus pandai-pandai mempersiapkan segala sesuatunya seperti mempersiapkan kondisi tubuh serta mengatur makanan apa saja yang akan Anda konsumsi saat sahur dan berbuka.

Jenis-jenis makanan atau minuman yang Anda konsumsi akan sangat menentukan bagaimana ketahanan Anda selama berpuasa yang berlangsung lebih dari 12 jam.

Sayangnya masih banyak orang yang lalai dan menyepelekan hal tersebut hingga akhirnya jatuh sakit ditengah-tengah Ramadan. Tentu saja Anda tidak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan?

Oleh karenanya banyak hal yang harus Anda koreksi ulang berkaitan dengan kelalaian-kelalaian tersebut diantaranya menghentikan kebiasaan-kebiasaan makan yang buruk selama berpuasa, sebagai berikut:

1. Makan terburu-buru

Makan dengan terburu-buru atau terlalu cepat memang suatu kebiasaan yang kurang baik. Selain bisa menyebabkan Anda tersedak, kebiasaan ini akan mengganggu proses pencernaan Anda. Bahkan, sebuah penelitian di Jepang juga menemukan bahwa makan terlalu cepat sangat terkait dengan terjadinya kelebihan berat badan.

Makanlah dengan perlahan dan kunyah seluruh makanan dengan baik dan benar. Salah satu cara terbaik untuk mengurangi kecepatan makan Anda dengan makan sambil berbincang santai dengan keluarga Anda. Saat makan sambil berbincang otomatis Anda sedang melakukan dua aktivitas sekaligus sehingga hal ini akan memperlambat laju makan Anda.

Saat fokus mendengarkan orang lain berbicara maka Anda memiliki  waktu lebih lama untuk mengunyah dan berhenti menggigit saat sedang berbicara. Dan yang terpenting, sunnah makan adalah dengan menggunakan tiga jari. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan porsi lebih kecil dalam setiap suap daripada biasanya.

2. Tidur setelah makan

Ini merupakan kebiasaan yang sangat tidak baik untuk kesehatan dan harus dihindari. Apalagi dibulan Ramadan ini pasti banyak sekali orang yang melakukan kebiasaan ini setelah santap sahur.

Tidur setelah makan dapat meningkatkan jumlah asam lambung di perut sehingga membuat Anda merasa mual dan kembung. Tentu saja ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman setelahnya.  Oleh karenanya Anda harus menghentikan kebiasaan tidur setelah makan ini jika tidak ingin puasa Anda terganggu.

Sponsored Links

Biasakan untuk menunggu antara 20 hingga 30 menit supaya makanan dapat dicerna dengan baik terlebih dahulu. Sambil menunggu lambung mencerna makanan, Anda bisa melakukan olahraga ringan, mengaji Al Quran dan melaksanakan sholat subuh di masjid terdekat.

3. Melewatkan sahur

Sahur merupakan pengganti waktu sarapan pagi. Namun tak sedikit orang melewatkannya karena terlalu malas untuk sekedar bangun dari tidur atau merasa tidak nyaman untuk makan terlalu dini. Padahal sahur adalah waktu terbaik untuk menyiapkan bekal untuk berpuasa seharian.

Jika Anda melewatkan sahur maka Anda tidak akan mendapatkan karbohidrat, suplemen serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tetap melakukan aktivitas dengan lancar dan menjaga kesehatan selama berpuasa.

Ingat, puasa sendiri tidak dilakukan dalam waktu yang singkat apabila Anda terlalu sering melewatkan sahur maka mungkin tubuh Anda pada akhirnya tidak mampu bertahan. Jadi, meskipun sahur bukanlah suatu hal yang wajib dalam berpuasa, usahakan untuk tidak melewatkannya.

Jangan lupa untuk makan-makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan air untuk menunjang puasa Anda seharian.

4. Kurang minum

Perlu diperhatikan untuk Anda yang kurang memperhatikan jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh pada hari biasa tampaknya Anda harus menghilangkan kebiasaan buruk tersebut saat berpuasa.

Kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, sembelit dan penyakit pencernaan lain. Telebih lagi saat sedang berpuasa tubuh benar-benar kekurangan cairan. Oleh karena itu pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat sahur dan setelah berbuka.

Caranya mudah. Cukup dengan menghonsumsi lebih banyak cairan atau mengkonsumsi minuman-minuman isotonik. Tapi jika Anda memang sering lupa untuk meminun air maka Anda bisa menggantinya dengan meminum sup dan memakan buah-buahan yang memiliki kandungan air yang banyak seperti pir atau semangka.

Hindari minuman-minuman bergula dan terlalu banyak kafein seperti teh dan kopi karena dapat menghambat penyerapan air, serta membuat tubuh kehilangan lebih banyak cairan setelahnya karena jenis minuman seperti ini akan membuat Anda lebih sering buang air kecil.

5. Makan Makanan Berminyak

Gorengan adalah satu dari sekian jenis makanan ringan yang tidak pernah absen dari meja makan saat berbuka puasa. Sayangnya berbuka dengan jenis makanan ini bukanlah pilihan yang tepat karena makanan-makanan berminyak akan merugikan sistem pencernaan Anda.

Terlebih lagi sesaat setelah berpuasa, karena mengkonsumsi makanan berminyak saat keadaan perut kosong dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang dapat memicu terjadinya kram perut, mules, dan kembung. Alhasil Anda jadi malas untuk shalat tarawih karena gangguan pencernaan tersebut.

Anda dapat mengganti makanan-makanan berminyak dengan kurma saat berbuka. Kurma merupakan alternative paling sehat jika dibandingkan dengan gorengan dan makanan-makanan berminyak lainnya. Buah ini sangat efektif dalam meningkatkan kadar gula darah dengan cepat karena buah ini mudah dan cepat diserap oleh tubuh.

Selain itu makan buah saat perut kosong merupakan cara yang baik untuk melakukan detoksifikasi sistem tubuh dan memberikan banyak energi untuk tubuh.

Sponsored Links

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here