Ingin Turun Berat Badan? Lakukan 10 Kebiasaan Ini

Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam menurunkan berat badan. Tak punya waktu luang hingga malas berolahraga menjadi beberapa alasan yang sering menggagalkan program diet. Padahal, banyak hal-hal kecil yang mungkin tampak sepele, namun jika dilakukan secara rutin, dapat membantu Anda menggeser jarum timbangan ke arah kiri.

Tak akan sulit menerapkannya jika Anda memiliki kemauan dan konsistensi. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa Anda terapkan untuk membantu Anda menurunkan berat badan

10 Kebiasaan untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

1

Evaluasi kebiasaan makan
Amati apakah Anda sering makan di tengah malam, terlalu banyak mencicipi makanan saat memasak, atau bahkan sering menghabiskan makanan anak Anda. Perhatikan baik-baik dan ubah kebiasaan yang membuat Anda terlalu banyak menimbun kalori.

2

Jika gagal membuat rencana, siapkan rencana untuk gagal
Mungkin Anda kesulitan untuk mengubah kebiasaan Anda ngemil. Tak perlu berkecil hati, atur strategi agar ngemil Anda tetap sehat. Siapkan cemilan rendah kalori seperti buah-buahan untuk dikonsumsi pada jam-jam dimana Anda sering merasa lapar.

3

Kenyangkan perut sebelum pergi berbelanja
Pergi berbelanja bahan makanan dengan perut lapar bisa menggagalkan rencana diet Anda. Siapkan daftar barang belanjaan yang dibutuhkan untuk menghindari lapar mata. Pastikan Anda hanya memenuhi lemari es dengan makanan sehat agar diet Anda maksimal.

4

Makan makanan secara teratur
Carilah frekuensi makan yang paling tepat untuk Anda dan jalani secara teratur. Makan secara teratur dapat membantu Anda menghindari lapar dan ngemil berlebihan, menjaga kestabilan gula darah, dan menjaga berat badan.
menurunkan berat badan

5

Makan di meja makan dan gunakan piring
Makan langsung dari kemasan sambil berdiri sangat tidak dianjurkan bagi Anda yang ingin memangkas kalori. Anda akan tergoda untuk menghabiskan satu kemasan sekaligus. Tanpa disadari, Anda akan makan lebih banyak daripada saat Anda duduk dan menikmati makanan dengan santai.

6

Ambil makanan dalam satu piring
Menyajikan bermangkuk-mangkuk atau berpiring-piring makanan di atas meja makan sekaligus hanya akan menambah porsi makan Anda. Ditambah lagi, perut membutuhkan waktu 20 menit untuk mengirim sinyal kenyang ke otak.

Untuk menghindari makan berlebihan, cukup ambil makanan dalam satu piring dan ‘sembunyikan’ sisanya di dapur. Kontrol visual cukup penting untuk Anda yang ingin memangkas berat badan.

7

Makan secara perlahan, kunyah dengan baik, nikmati makanan Anda
Cobalah mengistirahatkan sendok Anda di setiap gigitan. Jangan lupa minum cukup air agar Anda cepat merasa kenyang. Mengunyah makanan dengan baik dapat membantu kinerja sistem pencernaan dan memberi waktu otak untuk menyadari perut sudah kenyang.

Nikmati makanan dan hindari melakukan aktivitas lain yang membuat Anda makan jauh lebih banyak tanpa menyadarinya.

8

Jangan makan lagi setelah makan malam
Inilah saat dimana lemak paling banyak tertimbun. Jika Anda masih merasa lapar setelah makan malam, cukup puaskan hasrat Anda dengan makan makanan rendah kalori. Menggosok gigi setelah makan malam juga dapat membantu mengurangi keinginan Anda makan.

9

Jika ngemil di siang hari, anggap camilan tersebut sebagai makan siang versi kecil
Anggap Anda sudah makan siang dengan versi kecil sehingga bisa mengurangi porsi makan siang Anda sebenarnya. Agar nutrisi tetap tercukupi, pilih camilan yang mengandung karbohidrat kompleks serta rendah lemak seperti pisang atau kacang-kacangan.

Makanan berkarbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

10

Awali hari dengan sarapan
Meski sering dilewatkan, sarapan sebenarnya merupakan waktu makan terpenting dibandingkan dengan makan siang dan makan malam. Setelah beristirahat semalaman, tubuh perlu bahan bakar untuk meningkatkan metabolisme dan memberi Anda energi sepanjang hari. Melewatkan sarapan juga dapat membuat Anda merasa lapar dan makan berlebihan di siang hari.

Baca juga: Pentingnya sarapan saat sedang diet

Image Credit: Alan Cleaver/Flickr