Merasa Lelah? 9 Penyebab Umum Kelelahan dan Kurang Energi

Apakah anda merasakan lelah yang berkepanjangan atau terasa letih sepanjang hari? Tidak sedikit orang yang mengalaminya, dikarenakan padatnya aktifitas yang kita lakukan.

Merasa lelah dapat mempengaruhi mood dan performa anda di sisa hari. Namun untuk mendapatkan energi anda kembali bisa jadi cukup sederhana, dan yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan mengetahui penyebab utama mengapa anda merasa sangat lelah dan kepayahan.

Berikut ini adalah 9 penyebab umum yang menjadikan seseorang merasa energinya terkuras dan kelelahan.

Kebiasaan sehari-hari

Faktor kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari merupakan alasan yang paling sering menyebabkan anda merasakan lelah.

1

Makanan
Tidak terlalu memperhatikan asupan yang masuk ke tubuh bisa menjadi senjata makan tuan. Terlalu banyak konsumsi kafein dan gula sepanjang hari dapat membuat anda merasa lebih lelah dari biasanya, karena level gula darah menjadi tidak stabil.

Alih-alih, cobalah menu makanan yang seimbang dan sehat, dengan menambahkan sayuran, buah serta protein ke dalam hidangan anda. Selain itu, pola makan dan menu yang sehat akan memberikan manfaat kesehatan jauh lebih banyak dari apa yang bisa anda bayangkan.

2

Tidur
Tentu saja waktu tidur akan mempengaruhi performa dan energi anda sepanjang hari esok. Tidak hanya energi, kurang tidur juga memberikan efek buruk pada mood, respon dan kreatifitas. Jika itu penyebabnya, hindari kafein dan alkohol mendekati waktu tidur. Matikan tv dan komputer, buatlah suasana kamar menjadi lebih tenang dan redup.

3

Olahraga
Olahraga tentu sangat baik bagi tubuh. Orang yang menyisihkan waktu untuk berolahraga akan merasa lebih ‘tidak cepat lelah’ dibandingkan mereka yang tidak berolahraga. Namun jangan memberikan porsi olahraga yang berlebihan, dan harus selesai setidaknya tiga jam sebelum waktu tidur. Hal ini agar tubuh mendapatkan waktu recovery yang cukup selama tidur dan anda lebih bugar keesokan harinya.

kurang energiPara ahli menyarankan setidaknya seseorang berolahraga 30 menit perhari, 3-4 kali dalam seminggu. Dalam 3 minggu atau lebih, anda tentu akan merasakan peningkatan, dan anda tidak lagi merasakan kelelahan menjalankan aktifitas normal sehari-hari di waktu yang akan datang.

Akan tetapi, jika anda merasa telah memiliki pola makan yang sehat, tidur yang cukup dan rutin berolahraga, namun masih merasakan energi anda selalu terkuras, ada baiknya anda memperhatikan hal-hal lain yang mungkin penjadi penyebab anda merasakan cepat lelah berikutnya.

Penyebab lain kelelahan

Selain 3 penyebab paling umum di atas, kemungkinan lainnya adalah kondisi medis. Namun jangan terlalu cepat menyimpulkan bahwa penyebab kelelahan anda dikarenakan kondisi medis (penyakit) tertentu sebelum anda memperbaiki pola makan, pola tidur dan olahraga. Atau, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai kondisi anda yang sangat mudah merasakan kelelahan setiap hari.

4

Anemia
Anemia atau kurang darah  juga termasuk penyebab yang cukup umum, dan untungnya kondisi ini dapat diketahui hanya dengan melakukan tes darah sederhana. Hal ini cukup sering terjadi pada wanita, terlebih bagi mereka yang mengalami periode menstruasi yang berat.

Jika memang begitu, anda bisa mengatasinya dengan asupan yang kaya akan zat besi, misalnya daging atau sayuran hijau, plus suplemen jika perlu.

5

Kekurangan nutrisi penting
Perhatikan asupan nutrisi-nutrisi penting tubuh anda, misalnya saja kalium. Hal ini juga bisa dideteksi melalui tes darah.

6

Masalah Tiroid
Permasalahan pada kelenjar tiroid juga bisa menjadi penyebab mudahnya energi anda terkuras. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif, keduanya bisa menyebabkan masalah. Kelenjar ini (tiroid) berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Sebuah tes darah untuk mengetahui level hormon stimulan tiroid dapat dilakukan untuk memerikas fungsi tiroid anda.

7

Diabetes
Kondisi diabetes yang tidak dikontrol menyebabkan energi tubuh anda cepat terkuras. Jika anda merasa kelelahan, pandangan kabur serta sangat sering buang air kecil, segera lakukan pemeriksaan kadar gula darah dan berkonsultasi mengenai penanganannya diabetes anda.

8

Depresi
Apabila anda merasakan kelelahan yang disertai dengan rasa sedih berkepanjangan, kehilangan nafsu makan, serta tidak tertarik melakukan aktifitas, kemungkinan anda mengalami depresi. Jangan terlalu lama tenggelam dalam keadaan tersebut. Cari teman untuk berbicara. Dokter, teman dan keluarga bisa membantu anda merasa lebih baik dan keluar dari keadaan depresi.

9

Gangguan tidur
Gangguan tidur membuat anda merasa selalu kekurangan tidur, atau tidak pernah memiliki tidur yang berkualitas. Kenali beberapa macam gangguan tidur dan konsultasikan dengan dokter anda. Sebut saja insomnia, sleep apnea, dan lain sebagainya. Khususnya jika anda mengorok ketika tidur, yang biasanya merupakan gejala dari sleep apnea, di mana penderitanya biasanya berhenti bernapas sesaat beberapa kali selama tidur). Gangguan tidur akan berdampak buruk pada energi dan performa tubuh sepanjang hari.

Sumber gambar: mnm.com