Kulit Gatal dan Melepuh? Hati-hati, Bisa Jadi Anda Terserang Tungau

07/12/2016
315

Apa Anda pernah bingung karena kulit Anda terasa sangat gatal, kemerahan, dan melepuh dengan tiba-tiba? Anda sudah berpikir berkali-kali, mengulang apa yang Anda lakukan hari ini, dan apa yang Anda makan, tapi sulit menebak apa kira-kira penyebabnya? Bisa jadi, gangguan pada kulit Anda disebabkan oleh tungau.

Apa itu Tungau?

tungau
Tungau menyebabkan kulit gatal dan iritasi. [click to enlarge]
Tungau adalah hewan yang berukuran sangat kecil, sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Mereka dapat hidup di darat maupun air. Ada bermacam-macam tungau, menurut penelitian hingga saat ini baru diketahui 45.000 jenis. Beberapa ilmuwan berpendapat, ini hanya 5% dari seluruh jenis tungau yang ada.

Tungau dikenal sebagai pemicu alergi, dan gangguan kulit “scabies”. Gangguan kulit tersebut ditandai dengan kulit kemerahan dan melepuh. Biasanya, gangguan ini ditemukan pada hewan seperti Anjing dan Kucing. Namun, bisa menular ke manusia melalui sentuhan kulit.

Apa yang Perlu Dilakukan, Jika Tungau Menyerang?

Jika tungau menyebabkan alergi, tidak perlu panik dan tidak perlu buru-buru meminum obat alergi. Anda bisa mandi dengan air hangat, dan menunggu sampai alergi mereda. Anda bisa mengoleskan krim kortikosteroid untuk mengurangi gatal dan mengurangi efek alergi.

Namun, jika tungau menyebabkan scabies, Anda harus segera mengunjungi spesialis kulit. Biasanya Anda akan diberikan obat oles yang mengandung permethrin, malathion dan sulfur. Setelah itu, dokter umumnya menyarankan untuk melakukan pembersihan besar-besaran. Mulai dari menyapu dan mengepel rumah, serta mencuci selimut dan seprai lalu dijemur di panas matahari. Obat juga harus diberikan kepada anggota keluarga lainnya.

Setelah sembuh, Anda perlu rutin mengganti selimut dan seprai dua minggu sekali, agar scabies tidak kembali lagi.

Apabila scabies menular dari hewan peliharaan, pastikan hewan peliharaan Anda benar-benar sembuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here