Makanan-Makanan Ini Dapat Mempertajam Fokus dan Memori Anda

Apakah Anda mudah kehilangan fokus? Sulit berkonsentrasi? Atau sering melupakan sesuatu? Mungkin saja itu karena Anda tidak terlalu memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh Anda. Karena percaya atau tidak, semua hal yang masuk ke dalam tubuh seseorang akan memberikan dampak langsung yang dapat mempengaruhi tingkat pencapaian seseorang.

Begitu pula dengan makanan, makanan yang kita makan memberikan dampak langsung pada darah dan oksigen saat berjalan menuju ke otak, selain itu mereka juga berpengaruh terhadap tingkat energi yang akan digunakan dalam sehari.

Oleh karenanya, pemilihan menu diet tidak hanya mempengaruhi tingkat energi Anda namun juga berapa lama Anda dapat tetap fokus dalam beraktivitas sehari-hari. Pemilihan menu diet yang tepat dapat membantu mempertajam fokus dan memori Anda.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang disarankan untuk mempertajam fokus dan memori Anda:

Oatmeal

Sarapan di pagi hari dapat membantu mempertahankan memori jangka pendek Anda dalam waktu seharian, selain itu oatmeal juga dapat membantu Anda makan lebih sedikit sepanjang hari. Kenapa oatmeal? Karena oatmeal rendah kalori dana akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Anda bisa menambahkan buah segar atau buah beku untuk memberikan rasa manis. Hindari penggunaan gula biasa.

Blueberry

Bluebery merupakan salah satu buah yang paling sehat. Mereka bukan sekedar buah-buhan namun juga dipenuhi dengan antioksidan yang tinggi akan vitamin C dan K. Belum lagi tambahan mineral penting seperti potasium. Antioksidan yang terkadung di dalam blueberry dapat membantu meningkatkan memori dengan mengaktifkan enzim pelindung otak. Bahkan beberapa peneliti percaya blueberry membantu fungsi memori jangka panjang dan membantu mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Selain itu, tingginya kadar asam garlic dalam blueberry juga membantu melindungi sel-sel otak dari efek negatif stress dan kecemasan, membantu komunikasi antar neuron dan meningkatkan fungsi kognitif Anda. Campurkan blueberry segar atau beku ke dalam oatmeal maka Anda akan mendapatkan rasa manis alami tanpa tambahan gula.

Ikan Salmon

Salmon merupakan salah satu ikan yang paling populer di luar sana. Hal ini disebabkan karena tingginya kandungan DHA (docosahexaenoic acid) dan asam lemak Omega-3 yang terdapat di dalam tubuh salmon. Omega-3  yang terkadung di dalam ikan salmon dapat meningkatkan konsentrasi fungsi otak. Sehingga tidak mengherankan jika ikan ini sangat direkomendasikan bagi siapa pun yang ingin meningkatkan memori, kekuatan otak dan konsentrasi mereka.

ikan salmon untuk otak
Salmon, tinggi akan DHA dan omega-3, baik untuk meningkatkan fungsi otak.

Salmon juga dikenal karena dapat membantu mereka yang mengalami gangguan depresi dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Alpukat

Jangan melewatkan kandungan lemak sehat yang terdapat di dalam buah alpukat. Lemak sehat yang terdapat dalam buah alpukat disebut lemak monosaturated yang sebenarnya baik untuk tubuh Anda. Tingginya kadar vitamin C, K dan B serta asam folat dapat membantu Anda mencegah terjadinya pembekuan darah di otak dan meingkatkan aliran oksigen menuju otak sehingga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi.

Alpukat juga terbukti membantu dalam proses penyerapan nutrisi. Tambahan antioksidan di dalam buah alpukat sangat efektif mencegah penuaan, kanker dan penyakit jantung.

Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan alami kafein yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu untuk lebih fokus. Teh hijau ini juga membantu Anda untuk merasa kenyang  lebih lama dibandingkan setelah mengkonsumsi cemilan. Apalagi teh hijau terkenal karena tidak memiliki kalori maka teh hijau juga sangat baik dalam membantu program diet Anda untuk menurukan berat badan.

Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan, khususnya almond dan kenari, dapat membantu mempertajam memori dan fokus Anda. Hal ini karena mereka tinggi akan alpha-Linolenic acid (ALA), antioksidan, serta vitamin B6 dan E, yang berfungsi untuk menjaga sistem saraf otak agar bisa berfungsi secara penuh dan sebagai perisai untuk menghindari potensi kerusakan yang daoat menyebabkan kurang fokus, memori dan konsentrasi.

Minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan MCTs (medium chain triglycerides) yang telah dikaitkan dengan peningkatan memori dan konsentrasi, dan telah terbukti dalam uji klinis untuk meningkatkan memori pada orang tua, serta orang dewasa yang memiliki gangguan memori. Minyak ini juga penuh dengan agen anti-inflamasi yang juga bekerja untuk meningkatkan fungsi kognitif Anda.

Kunyit

Curcumin adalah agen khusus yang ditemukan dalam kunyit yang membuat rempah-rempah ini menjadikan Anda sehat. Selain itu, Kunyit juga penuh dengan agen anti-inflamasi yang membantu untuk meningkatkan aktivitas antioksidan di dalam tubuh kita, dan meningkatkan aliran oksigen ke otak kita, meningkatkan waspada dan fokus, serta kapasitas memori Anda.

Rosemary

Rosemary kaya akan carnosic; carsonic ini akan membantu melindungi otak dari berbagai faktor negatif yang terkait dengan penyakit Alzheimer. Rosemary juga membantu untuk memperlambat proses alami penuaan pada otak, dan membantu Anda tetap fokus bahkan pada hal yang paling rumit sekalipun!

Cokelat hitam

Dark chocolate penuh nutrisi dan mineral seperti zat besi, magnesium, seng dan kalium. Selain sebagai sumber antioksidan, mereka juga meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan konsentrasi dan menjaga tingkat kewaspadaan Anda!

Kopi

Kandungan kafein yang terkadnung di dalam kopi dapat mempertajam fokus dan memori Anda. Secangkir kopi baik diminum pada saat menjelang siang, dan hindari mengkonsumsi kafein setidaknya delapan jam sebelum Anda tidur karena tidur yang berkualitas merupakan komponen penting untuk mempertajam pikiran Anda.