6 Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Gigi & Gusi

Ingin senyum Anda tampak lebih indah dan berkilau? Maka pastikan untuk rutin melakukan perawatan pada mulut Anda. Jangan salah, perawatan mulut ini sangatlah penting, karena mulut yang terawat bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda juga. Perawatan ini tidak hanya fokus terhadap kesehatan gigi tapi juga kesehatan gusi.

Untungnya, perawatan ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Mari simak 6 makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi berikut ini:

#1 Apel dan Seledri

Sering disebut sebagai “deterjen gigi” buah dan sayuran kaya air ini bertindak dengan merangsang produksi air liur, yang berperan dalam menjaga bakteri dalam mulut. Makanan tinggi serat ini juga memiliki efek menggosok atau membersihkan permukaan gigi Anda dan menyikat bakteri-bakteri. Mengunyah makanan ini juga akan mengusir plak gigi dan mencegahnya timbul kembali.

#2 Teh Hijau

Dalam teh hijau terkandung senyawa kompleks yang disebut katekin (catechin) yang dapat melawan peradangan dan mengendalikan infeksi bakteri. Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa pria yang minum teh hijau secara teratur lebih sedikit terkena penyakit periodontal, dibandingkan mereka yang tidak meminum teh hijau.

Antimikroba katekin memiliki manfaat untuk kesehatan mulut yang berhubungan dengan teh hijau, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap korelasinya secara langsung. Namun yang harus kamu tahu mengkonsumsi teh hijau memang baik untuk kesehatan mulut Anda.

#3 Stroberi dan Kiwi

Vitamin C sangat penting bagi kesehatan secara menyeluruh dari jaringan gusi, karena vitamin C membantu mencegah terhambatnya kolagen. Tanpa kolagen, gusi menjadi ekstra lembut, dan dengan demikian rentan terhadap penyakit periodontal. Kiwi dan stroberi memiliki konsentrasi tertinggi dari vitamin C, tetapi buah jeruk juga cukup baik untuk digunakan.

Buah-buahan ini juga melakukan tugas ganda karena astringency yang dikandungnya, yang dapat membantu untuk membalikkan perubahan warna gigi yang sering disebabkan oleh minuman yang biasa dikonsumsi seperti kopi dan anggur.

#4 Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber protein nabati, dan mereka dikemas dengan mikronutrien kuat untuk gigi yang sehat seperti fosfor, magnesium, kalium, seng, dan yang paling penting, kalsium.

Kalsium tentu saja sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, kalsium benar-benar berkontribusi terhadap remineralisasi gigi. Kacang tertinggi dalam kalsium almond dan kacang brazil. Satu lagi, Biji wijen juga sangat tinggi kalsium.

#5 Bawang

Bawang, terutama bila dimakan mentah, sangat efektif sebagai penghilang bakteri karena mengandung sulfur antimikroba. Penelitian terbaru dari Universitas Korea telah mengkonfirmasi bahwa bawang mentah sebenarnya dapat sepenuhnya memberantas empat strain bakteri penyebab gigi berlubang dan penyakit periodontal.

Irisan bawang mentah dapat dimakan pada sandwich atau salad. Namun, jika Anda tidak biasa mengkonsumsinya dalam kondisi mentah Anda bisa mengkonsumsinya setelah dimasak.

#6 Jamur Shiitake

Shiitakes mengandung lentinan, gula alami yang dapat membantu mencegah radang gusi. Gingivitis adalah peradangan gusi, ditandai dengan kemerahan, bengkak, bahkan pendarahan, hal ini sering disebabkan oleh penumpukan biofilm bakteri. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa senyawa antibakteri seperti lentinan secara spesifik menargetkan mikroba biofilm dan membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here